PJ. BUPATI SARMI : BKPSDM DAN TIM 10 TUNTASKAN KUOTA 600 HONORER KABUPATEN SARMI

0
347

Sarmi- Mc Kominfo,  Belum adanya kejelasan mengenai pengumuman hasil 600 (enam ratus) nama-nama sesuai kuota yang disediakan Pemerintah Provinsi Papua, untuk masing-masing Kabupaten di Papua.
Ratusan Honorer Sarmi dipimpin Ketua Forum Honorer Provinsi Papua Frits Awom, melakukan demonstrasi damai dengan mendatangi Kantor Bupati Kabupaten Sarmi, diterima langsung Penjabat Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, Senin, 26/09/2022.

Bertempat di halaman Kantor Bupati Petam, para honorer berorasi menanyakan kinerja Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarmi, dimana sampai sejauh ini belum juga mengumumkan hasil pengangkatan kuota 600 orang yang telah di usulkan.

Dalam menyampaikan orasi di halaman Kantor Bupati Sarmi, di hadapan Pj. Bupati Markus Mansnembra, mewakili Forum Honorer Sarmi, Ketua Forum Honorer Provinsi Papua Frits Awom mengatakan, yang menjadi masalah honorer Kabupaten Sarmi saat ini, “Untuk Kabupaten Mimika dan Kabupaten Sarmi, sudah selesai verfal (verifikasi dan falidasi) tahun lalu, namun mengapa sampai saat ini, BKPSDM Sarmi belum juga mengumumkan nama-nama honorer yang sudah di nyatakan lulus verfal. Dirinya berharap agar supaya BKPSDM setempat segera mengumumkan nama teman-teman honorer, sehingga mereka juga bisa mengetahui nasib mereka, apakah nama mereka ikut lulus atau tidak.

Awom menambahkan, untuk menyelesaikan masalah teman-teman kami, dengan hormat kepada Bapak Pj. Bupati Sarmi, kiranya dapat memerintahkan pihak BKPSDM Sarmi, untuk segera mengeluarkan atau menempel 600 (enam ratus) nama teman-teman honorer Kabupaten Sarmi yang masuk dalam kuota Kabupaten Sarmi.” Tutup Frits.

Di hadapan ratusan pendemo, Pj. Bupati Sarmi, Markus Mansnembra mengatakan, “Mulai besok, hari Selasa pagi, 27/09/2022, honorer yang sudah membentuk forum apapun namanya, dibatasi 10 (sepuluh) orang, termasuk Ketua Forum Provinsi Papua, agar satu minggu berada di sini, untuk mendampingi teman-teman honorer Kabupaten Sarmi dan BKPSDM Sarmi, agar sesegera mungkin tuntaskan kita punya persoalan hari ini. Bekerja di Kantor BKPSDM Sarmi, dan saya pasti setiap saat akan cek, dan saya berharap Kepala BKPSDM dan Sekda Sarmi, harus ikut bersama tuntaskan persoalan honorer.”

Menurut Pj. Bupati Sarmi, “Mengenai hak honorer, supaya semuanya jelas, tidak saling melemparkan tanggung jawab, tidak saling berselisih informasi, pendapat dan lain-lain, sehingga jangan ada lagi yang mengatakan bahwa, kenapa di Kemenpan RB seperti begini, di Provinsi Papua begini, dan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) seperti begini dan juga kenapa kita yang di Sarmi seperti begini.”

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Kepala BKPSDM Sarmi, Kasubdit Pemutahiran Data, Sidwas Muarsarsar, S.STP menanggapi pertanyaan dari honorer pendemo yang menuntut untuk dikeluarkan atau di tempel segera nama-nama honorer yang sudah dinyatakan lulus verfal, Sidwas mengatakan bahwa, “Kami dari BKPSDM bisa saja mengumumkannya, namun jumlahnya belum mencapai seratus persen, artinya, baru sekitar 512 (lima ratus dua belas) orang yang lulus verfal, untuk itu kami sedang usahakan honorer yang 88 (delapan puluh delapan) orang juga harus memenui syarat, agar bisa lulus verfal, barulah kami mengumumkan hasil pengangkatan 600 orang tersebut, sehingga jumlahnya bisa mencapai seratus persen”.

Ia menambakan, “Tentang pemberkasan yang baru kami informasikan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Distrik untuk mengumpulkan data honorer, itu tujuannya supaya nama-nama honorer diusulkan juga ke Kemenpan RB dengan batas akhir tgl 30 September 2022.
Dan apabila lewat dari tanggal tersebut, maka nama honorer yang baru tidak dapat terdaftar di Kemenpan RB, berarti saudara di nyatakan tidak honor, dan kebijakan itu juga bukan dari kami BKPSDM Sarmi yang memerintahkan, namun itu semua kebijakan dari Kemenpan RB,” jelasnya.

Demonstrasi berlangsung aman, lancar, hingga selesainya orasi, masa honorer dapat kembali bubar secara tertib.
Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Sarmi Elias N. Bakai, S.E
Asisten l Michael A. Suruan, S.Sos, M.Si, Asisten ll Daniel Robert Senis, S.H, Asisten lll, Hans Robert Weyasu, S.E, M.M, dan sejumlah pejabat lainnya, serta pihak keamanan dari TNI dan Polri. (Yefi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here