PJ. BUPATI BUKA RAPAT KOORDINASI DAERAH, PENDATAAN AWAL REGSOSEK DI KABUPATEN SARMI

0
149

Sarmi-MC Kominfo, Guna pelayanan satu data di Kabupaten Sarmi, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sarmi gelar Rapat Koordinasi Daerah, pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), bertempat di Aula Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, Petam, 29/09/2022.

Regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk, yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan, yang terhubung dengan data induk kependudukan, serta basis data lainnya, hingga tingkat desa (kampung)/kelurahan.

Kegiatan Reksosek tersebut, dibuka resmi dengan memukul tifa oleh Penjabat Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, bersama Kepala BPS Sarmi, Desius Frits Mobilala, S.E, Kapolres Sarmi AKBP Timur Santoso, SIK, Kasdim 1712 Sarmi Mayor Infantri Ahmad, dan Kepala Distrik Apawer Hulu.

Melalui sambutannya, Pj. Bupati Sarmi mengatakan, “Dalam berbagai program pembangunan, yang namanya data sangat kita butuhkan, tetapi terkadang kita menghadapi persoalan ketika berhadapan dengan selisih data.”
Beliau mengatakan, hari ini dengan berbagai kebijakan pembangunan yang dikucurkan, mulai dari tahap perencanaan secara nasional, tidak lagi berbicara atau bercerita, tidak lagi datang hanya menyampaikan berbagai usulan dengan kata-kata lisan, tetapi hari ini kita berbicara masalah data.

Lanjut Pj. Bupati, terkadang kita mempunyai peluang yang begitu besar untuk mendapatkan perhatian pemerintah, apakah itu Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Provinsi, mereka selalu menyampaikan kepada kita untuk mengisi aplikasi atau format, tetapi secara nyata kita juga terjebak dengan situasi kekurangan data.

Dengan melihat tema, Mencatat untuk Membangun Negeri, Pj. Bupati menyampaikan, “Hari ini juga, kita akan bersama – sama mensukseskan sebuah kegiatan pendataan, kita tahu pasti dampaknya cukup positif untuk kita yang berada di Sarmi, untuk itu saya mengajak agar kita sama-sama berkomitmen, terkait dengan satu data,” tandas Pj. Bupati

Pj. Bupati Sarmi Markus Mansnembra berharap, terkait dengan daerah-daerah terpencil yang masih terisolir di pelosok Kabupaten Sarmi ini, ada Tim Pendataan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang terjun ke daerah tersebut untuk mengambil data, dan juga pihak BPS perlu adanya kerja sama dengan Dukcapil Kabupaten Sarmi, tutupnya.

Turut hadir dalam Rakorda Regsosek ini, Asisten II, Daniel Robert Senis, S.H. bersama Pimpinan OPD Kabupaten Sarmi. (mb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here