IKATAN KELUARGA TORAJA (IKT) MENGGELAR KEGIATAN MUSDA II

0
73

SARMI – MC Kominfo, Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Sarmi, menggelar Kegiatan Musyawarah Daerah II Tahun 2022, dalam rangka membahas Anggaran Rumah Tangga, Petunjuk Pelaksanaan, Garis-Garis Besar Program Kerja dan Juga Pemilihan Ketua IKT baru Periode 2022 – 2027,  bertempat di Aula SMA Negeri 1 Sarmi, Minggu, 16/07/2022.

Sesuai dengan Tema  “Siporannu Sipopa’di’ Sangkutu Banne Sangboke Amboran,” terpanggil untuk melayani sesama dalam menjunjung nilai persatuan dan memiliki pengabdian tulus untuk mengedepankan kepentingan umum.

Ketua Panitia  MUSDA II Ikatan Keluarga Toraja Sugianto Jaya Sarira, S.H dalam sambutannya  menyampaikan penyelenggaraan Musyawarah Daerah II Ikatan Keluarga Toraja Tahun 2022 adalah merupakan wadah bagi warga IKT Kabupaten Sarmi untuk mempererat tali persaudaraan sesama warga IKT, agar senantiasa memegang teguh prinsip “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, ini menandakan bahwa dimanapun kita berada harus saling menghormati antara sesama suku dalam memupuk semangat antar generasi untuk memperkuat IKT menghadapi tantangan global,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Robi Yanto S. Pampang, ST  selaku Ketua IKT lama periode 2017 – 2022  menyampaikan dalam MUSDA II ini, akan ada hal- hal baru yang akan kita bicarakan mengenai status kepengurusan baru, apapun yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari suatu proses organisasi sosial yang ada di Kabupaten Sarmi khususnya kita warga IKT yang bernaung dan tinggal diam di Kabupaten Sarmi. untuk itu, saya mewakili pengurus  tentu dalam kepengurusan pasti ada perdebatan untuk itu saya menghimbau kepada warga IKT untuk selalu mengedepankan rasa kebersamaan.

Dirinya juga mengatakan selama perjalanan kepengurusan dari 2017- 2022 tentu banyak hal yang kurang, khususnya pelayanan sebagai pengurus, banyak suka duka namun itu adalah hal yang harus kita jalani jika mengambil bagian dalam kepengurusan,  oleh karena itu, mari bersama-sama bersatu, bergandengan tangan, apa pun hasil MUSDA hari ini kita terima dengan baik jika berkenan lewat musyawarah dan mufakat itu yang terbaik.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan MUSDA II IKT Kabupaten Sarmi yaitu mempererat tali persaudaraan didalam satu kesatuan Ikatan Keluarga Toraja di Kabupaten Sarmi, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi dan mengembangkan potensi warga IKT di Kabupaten Sarmi, membina hubungan yang baik antar sesama warga IKT dan warga lain yang ada di Kabupaten Sarmi, berperan serta membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sarmi untuk menciptakan suasana aman, damai dan tenteram.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Assisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sarmi Hans Robert Weyasu, S.E., M.Si.

Dalam Sambutannya mengajak warga IKT untuk bersama-sama cinta damai, karena kalau kita cinta damai maka kita bisa hidup saling menyanyangi, bergandengan tangan, bekerja sama, berookordinasi untuk melakukan hal-hal yang diinginkan bersama dimana pun kita berada dan dimanapun kita bekerja.

“Kami selaku pemerintah daerah berterima kasih kepada IKT  yang mana dalam kehidupan sehari-hari selalu hidup berdampingan, selalu hidup rukun bersama dengan ikatan-ikatan  paguyuban yang lain  namun lebih khusus kepada orang-orang setempat, sehingga selaku pemerintah daerah kami memberi apresiasi  yang luar biasa dan kami mengharapkan kepada ikatan paguyuban yang lain untuk dapat meniru dalam arti bisa menyesuaikan seperti kebiasaan atau kebudayaan,”  tuturnya.

Kami melihat ada hal-hal yang berubah dengan terbentuknya IKT ini ada hal-hal positif yang nampak di Sarmi yaitu di mana kegiatan-kegiatan paguyuban atau organisasi  yang lain dilaksanakan diberbagai bidang baik pemerintahan, adat, budaya, sosial, kemasyarakatan dan lain sebagainya saya selalu melihat IKT selalu terlibat dalam berbagai kegiatan untuk membangun daerah di Kabupaten Sarmi.

Diakhir sambutannya,  Weyasu berpesan supaya warga IKT  melakukan musyawarah dengan baik dan benar dengan mengikuti prosedur dan aturan yang sudah ditetapkan sehingga hasil yang diperoleh dan disepakati menjadi keputusan bersama, hindari perbedaan pendapat, hindari diskriminasi, tetapi menyalurkan pendapat sesuai dengan hati nurani, jelasnya.

Diakhir kegiatan MUSDA II Ikatan Keluarga Toraja, diadakan pemilihan Ketua IKT yang baru Periode 2022 -2027, ada 3 kandidat yang bersaing pada pemilihan tersebut, diantaranya, Yohanes Ramba’, S.Sos, Yakob Karaeng Baan, S.T dan Sugianto Jaya Sarira, S.H, dari hasil pemungutan suara Yohanes Ramba’ S. Sos keluar sebagai pemenang dengan hasil perolehan suara terbanyak 61 suara , disusul oleh Sugianto Jaya Sarira, S.H, 21 suara dan Yakob Karaeng Baan, S.T, 18 suara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Distrik Sarmi Kota, Kemal K N. Dimo, S.Ip, Sekum IPN Ircham, Ketua KKSS Bahar, Sekum PHBI H.Suardi, WAKET PC Nhadlaturl Ulama (NU) Sarmi, Ketua Luwu Raya KKSS Arifin Mansyur, S. Ag. (DV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here