DORSILA WASTI AMBANI RAIH PENGHARGAAN KEPALA KAMPUNG PEREMPUAN INSPIRATIF THN 2022

0
112

Sarmi-MC Kominfo, Sehubungan dengan peringatan hari perempuan sedunia tahun 2022 kementerian desa pdt dan transmigrasi melaksanakan rangkaian kegiatan di antaranya lomba kepala kampung inspiratif dengan tujuan mendorong partisipasi perempuan dalam pelaksanaan pembangunan kampung dan pemberdayaan masyarakat kampung,yang di tunjukan kepada seluruh kepala kampung se-indonesia dalam rangka penyempurnaan data SDGs, perbaikan data SDGs,dan berinovasi dalam pembangunan kampung, dengan kriteria – kriteria sebagai berikut yang mengacu pada tiga komponen penilaian yaitu berinovasi dalam pembangunan, data SDGs, dan pemanfaatan dana desa secara baik,

Kepala Kampung Lembah Neidam Dorsila Wasti Ambani raih penghargaan Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tahun 2022.
Dari 20 nama se-Indonesia yang ikut dalam ajang seleksi kepala kampung perempuan inspiratif mendapatkan juara tiga dan mendapatkan penghargaan serta uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah.

Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Kepala Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi DR (HC) Drs. H. Abdul Halim, M.Pd
yang di terima pada acara konser amal untuk Cianjur dalam rangka hari Bhakti Transmigrasi ke 72 bertempat di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat, 2/12/2022.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi dalam hal ini Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H.,M.M, diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Sarmi Eduward P. Dimomonmau, S.T.,M.Kp menyampaikan sangat berterima kasih dan penghargaan kepada ibu Kepala Kampung Lembah Neidam yang menjadi salah satu kepala kampung pertama di Kabupaten Sarmi yang mendapat penghargaan juara tiga lomba kepala kampung perempuan inspiratif se-Indonesia.

Eduward menambahkan, ini merupakan hal yang sangat luar biasa apalagi sudah membawa harum nama Kabupaten Sarmi di kanca nasional.

Ditambahkan, penilaian ajang kompetisi prestasi kepala kampung perempuan inspiratif seperti ini sangat diperlukan untuk memacu kinerja dan inovasi kepala kampung terpilih serta menginspirasi kepala kampung lainnya untuk berinovasi untuk bekerja lebih baik. Terlebih, yang dinilai ini khusus untuk kepala kampung perempuan inspiratif.

“Saya betul-betul sangat mengapresiasi kepada Kemendes PDTT karena dengan membuat iklim kompetitif ini akan membuat para kepala kampung di Papua lebih khusus di Kabupaten Sarmi untuk bergerak maju, apalagi spesifik ini wanita yang tentu banyak sekali manfaatnya, terutama emansipasi wanita gender equality. Jadi otomatis yang bapak-bapak ini akan terpancing, karena biasanya tidak mau kalah,” ungkap Eduward.

Dirinya juga menyampaikan jika sistem demokrasi di Indonesia sudah berjalan sangat baik. Terbukti, tidak sedikit perempuan yang terpilih menjadi kepala kampung, kepala daerah dan anggota legislatif.

Sementara itu, Kepala Kampung Lembah Neidam Dorsila Wasti Ambani sebagai perempuan pertama dalam sejarah pemerintahan Kabupaten Sarmi menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan atas apa yang diberikan buat kami untuk hari ini semua karena berkat dan doa dari semua pihak sehingga keberhasilan dapat tercapai, dan juga merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama masyarakat Kampung Lembah Neidam, terdiri dari Aparat Kampung, Bamuskam, Babinkamtibmas, Babinsa dan seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali, dan tak lupa juga para hamba Tuhan yang sudah mendoakan kami.” Ucap Wasti.

Adapun visi dan misi Kampung Lembah Neidam adalah
Visi : Menuju masyarakat Lembah Neidam yang mandiri dan bermartabat yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa.

Misi adalah :
-Terwujutdnya Kampung Lembah Neidam yang bersih,
-Terwujudnya Kampung Lembah Neidam yang sehat,
-Terciptanya masyarakat yang sadar dan peduli akan pendidikan
-Mewujudkan pemerintahan kampung yang jujur.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pemerintahan Distrik sarmi kota Luis Jhon Griapon, S.IP, para pendamping P3MD, serta PD, P3MD Kabupaten Sarmi. (Ander)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here