Beranda blog

Pj Bupati Lantik Dua Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemkab Sarmi

0

Sarmi-MC Kominfo,  Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor : B- 3259/ jp 00, 00/09/2022 tanggal 16 September 2022 tentang rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Peraturan Daerah Kabupaten Sarmi Nomor : 4 Tahun 2016, serta Keputusan Bupati Sarmi Nomor SK. 821.2-739 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Berdasarkan ketentuan tersebut Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H., M.M, melantik dua Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama masing-masing Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarmi Ir. Ronny Sandang, M.MT, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sarmi Frans Rumakiek, S.H.

Dalam sambutannya Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H.,M.M meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi dan mampu menterjemakannya mengingat seluruh pejabat akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja di masing-masing OPD secara menyeluruh sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier pegawai.

“Ini adalah sebuah rutinitas bukan sesuatu yang luar biasa, bukan sesuatu yang kita saling rasa disakiti dan lain-lain dengan berbagai prediksi, karena ini bukan kita dalam suasana di lapangan sepak bola.”

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Sarmi saat pelantikan dua Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya pada acara Pelantikan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi, bertempat di Aula Kantor Bupati Sarmi, Senin, 5/12/2022.

Bupati menambahkan makna pelantikan bukan hanya sebagai formalitas semata, melainkan sebagai sarana penguatan pengembangan dan pemberdayaan potensi diri untuk mewujudkan optimalnya kinerja Pemerintah Kabupaten Sarmi dalam memenuhi harapan masyarakat yang terus berkembang saat ini.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru dilantik. Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dijalankan dengan penuh komitmen dan rasa tanggung jawab, karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada negara dan masyarakat, namun juga dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Mansnembra.

Mansnembra menambahkan khususnya kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab. Bupati juga dalam sambuatannya menyampaikan bahwa, keterlambatan kita di APBD 2023 itu karena kelalain kita sendiri, bukan kelalaian siapa-siapa karena situasi kita lambat menyikapi hal tersebut, untuk itu kepada Kepala Bappeda yang baru di lantik Pj Bupati memerintahkan mulai hari ini segera mengumpulkan dokumen anggaran di masing-masing SKPD dalam jangka waktu satu hari, tetapi kalau saudara menghindar maka saudara masuk dalam daftar yang akan saya evaluasi. Tegas Pj Bupati.

Mansnembra juga mengancam akan mengevaluasi Kepala-Kepala SKPD yang menggunakan anggaran perjalanan dinas ke luar Sarmi.

“Apa yang kalian kerja setelah pulang dari perjalanan dinas,” tantang Mansnembra.
Kepada seluruh pimpinan di dinas masing-masing, Mansnembra juga menghimbau agar setiap hari Senin sampai Jumat di minta untuk mengadakan apel pagi di halaman kantor masing-masing.

Pj Bupati juga akan melakukan sidak di setiap dinas agar memastikan apa yang dikerjakan baik PNS maupun Honorer.

Sebelum mengakhiri sambutan, Pj Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas PUPR yang baru, agar di APBD 2023 kita sudah harus merubah waja kota Sarmi, yang di mulai dari Mararena, Pasar Senteral, sudah harus ada jalan dua jalur dan trotoar, agar dari sekarang sudah harus dibuatkan master planenya,” harap Pj Bupati.
Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Jumriati, S.H, Pj Sekda Elias N. Bakai, S.E, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Sarmi Michel Dandirwalu, S.Th., M.M, Kapolres Sarmi Timur Santoso, SIK, Kasdim 1712 Sarmi Mayor inf Ahmad, Dan Lanal Sarmi Mayor Laut Michel Ansanai, para Kepala OPD, serta tamu undangan. (Ander)

Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Sarmi Menggelar Lomba Paduan Suara dan Vokal Group

0

Sarmi-MC Kominfo, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) dalam rangka SPIRIT OF CRISTMAS 2022 menggelar lomba paduan suara dan vokal group tingkat dewasa dan remaja yang di buka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi Michel Dandirwalu, S.Th.,M.M, mewakili Pj Bupati Sarmi, bertempat di gedung gereja GPdI Jemaat Lembah Pujian Sarmi. Sabtu, 3/12/2022.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi Michel Dandirwalu, S.Th.,M.M, menyampaikan bahwa kegiatan Pesparawi ini sejalan dengan tujuan pembangunan bidang keagamaan, yakni peningkatan kwalitas pemahaman dan pengenalan ajaran agama kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kwalitas kehidupan umat beragama di Kabupaten Sarmi.

Kementerian Agama juga mendukung penuh pelaksanaan Pesparawi sebagai momentum strategis dalam rangka meningkatkan suasana kerukunan umat beragama yang harmonis di Kabupaten Sarmi sebagai salah satu pilar kerukunan nasional, kita bangun toleransi inter dan antar umat beragama menuju Sarmi yang mandiri dan bermartabat,

Dirinya juga berharap kiranya pelaksanaan lomba Pesparawi paduan suara dan vokal group kali ini, tidak sekedar menjadi ajang perlombaan semata, namun juga sebagai upaya pembinaan mental, spritual dan moral umat kristiani sebagai perwujudan keimanan kristiani, untuk memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan persatuan umat kristen terutama sebagai denominasi gereja yang ada di Kabupaten Sarmi, kiranya melalui Pesparawi ini umat kristen di Kabupaten Sarmi dapat membangun kreatifitas seni budaya yang hidup dalam tata ibadah sekaligus meningkatkan mutu paduan suara, vokal group, pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar peserta yang satu dengan yang lain, ucap Dandirwalu.

Dandirwalu juga menambahkan kegiatan hari ini juga mendatangkan tiga tim dewan juri berpengalaman dari Kota Jayapura masing masing, Drs. Agus Samori, Dr. Ronal D. Samay, S.Pd, dan Dr. Djong Makanuay, S.T., M.M.

Kegiatan ini juga diikuti oleh denominasi gereja yang ada di Kabupaten Sarmi sebanyak 14 tim paduan suara dan 4 tim vokal group dengan hasil yang memuaskan.
Berhasil keluar sebagai juara satu lomba paduan suara dimenangkan oleh paduan suara dari GKI Jemaat Maranata Mararena, juara dua dimenangkan oleh GKI Jemaat Ebenhezer Sarmi, dan juara tiga dimenangkan oleh GKI Jemaat Pniel Sawar.

Sedangkan juara satu vokal group dimenangkan oleh GKI Jemaat Getsemani Kasukwe, juara dua GKI Jemaat Maranata Mararena, dan juara tiga GKI Jemaat Elim Bagaiserwar.

Dalam kesempatan yang sama mewakili tim juri Drs. Agus samori menyampaikan, kegiatan hari ini dari sisi materi paduan suara Kabupaten Sarmi sudah sangat luar biasa sekali, hanya dari teknik vokalnya kadang kadang dalam penguasaan panggung vokalnya tidak terlalu bermunculan, tetapi secara utuh semua sudah sangat baik.

Ia berharap kegiatan ini harus terus dilaksanakan agar kedepan Kabupaten Sarmi juga punya paduan suara-paduan suara yang handal, sehingga Pesparawi yang akan dilaksanakan nanti di Kabupaten Kerom, Sarmi juga sudah siap. Ucap Agus Samori.

Kegiatan lomba paduan suara dan vokal group yang berlangsung sehari itu (Sabtu, 3/12) di tutup langsung oleh Ketua LPPD Kabupaten Sarmi yang juga sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sarmi Benony R. Warfumilena, S.Sos.,M.Si, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan juga tim juri serta tamu undangan yang sudah melaksanakan kegiatan ini berjalan dengan baik hingga akhir dan penuh hikmat.

Ia juga menyampaikan kepada para pemenang bahwa pembagian hadiah, hadiahnya dapat dibagikan pada kegiatan Natal Pemda bersama masyarakat yang akan dilaksanakan di Telaga Cemara, Kampung Holmafen sesuai tanggal yang di tentukan oleh panitia penyelenggara, nantinya. (Ander)

DORSILA WASTI AMBANI RAIH PENGHARGAAN KEPALA KAMPUNG PEREMPUAN INSPIRATIF THN 2022

0

Sarmi-MC Kominfo, Sehubungan dengan peringatan hari perempuan sedunia tahun 2022 kementerian desa pdt dan transmigrasi melaksanakan rangkaian kegiatan di antaranya lomba kepala kampung inspiratif dengan tujuan mendorong partisipasi perempuan dalam pelaksanaan pembangunan kampung dan pemberdayaan masyarakat kampung,yang di tunjukan kepada seluruh kepala kampung se-indonesia dalam rangka penyempurnaan data SDGs, perbaikan data SDGs,dan berinovasi dalam pembangunan kampung, dengan kriteria – kriteria sebagai berikut yang mengacu pada tiga komponen penilaian yaitu berinovasi dalam pembangunan, data SDGs, dan pemanfaatan dana desa secara baik,

Kepala Kampung Lembah Neidam Dorsila Wasti Ambani raih penghargaan Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tahun 2022.
Dari 20 nama se-Indonesia yang ikut dalam ajang seleksi kepala kampung perempuan inspiratif mendapatkan juara tiga dan mendapatkan penghargaan serta uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah.

Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Kepala Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi DR (HC) Drs. H. Abdul Halim, M.Pd
yang di terima pada acara konser amal untuk Cianjur dalam rangka hari Bhakti Transmigrasi ke 72 bertempat di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat, 2/12/2022.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi dalam hal ini Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H.,M.M, diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Sarmi Eduward P. Dimomonmau, S.T.,M.Kp menyampaikan sangat berterima kasih dan penghargaan kepada ibu Kepala Kampung Lembah Neidam yang menjadi salah satu kepala kampung pertama di Kabupaten Sarmi yang mendapat penghargaan juara tiga lomba kepala kampung perempuan inspiratif se-Indonesia.

Eduward menambahkan, ini merupakan hal yang sangat luar biasa apalagi sudah membawa harum nama Kabupaten Sarmi di kanca nasional.

Ditambahkan, penilaian ajang kompetisi prestasi kepala kampung perempuan inspiratif seperti ini sangat diperlukan untuk memacu kinerja dan inovasi kepala kampung terpilih serta menginspirasi kepala kampung lainnya untuk berinovasi untuk bekerja lebih baik. Terlebih, yang dinilai ini khusus untuk kepala kampung perempuan inspiratif.

“Saya betul-betul sangat mengapresiasi kepada Kemendes PDTT karena dengan membuat iklim kompetitif ini akan membuat para kepala kampung di Papua lebih khusus di Kabupaten Sarmi untuk bergerak maju, apalagi spesifik ini wanita yang tentu banyak sekali manfaatnya, terutama emansipasi wanita gender equality. Jadi otomatis yang bapak-bapak ini akan terpancing, karena biasanya tidak mau kalah,” ungkap Eduward.

Dirinya juga menyampaikan jika sistem demokrasi di Indonesia sudah berjalan sangat baik. Terbukti, tidak sedikit perempuan yang terpilih menjadi kepala kampung, kepala daerah dan anggota legislatif.

Sementara itu, Kepala Kampung Lembah Neidam Dorsila Wasti Ambani sebagai perempuan pertama dalam sejarah pemerintahan Kabupaten Sarmi menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan atas apa yang diberikan buat kami untuk hari ini semua karena berkat dan doa dari semua pihak sehingga keberhasilan dapat tercapai, dan juga merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama masyarakat Kampung Lembah Neidam, terdiri dari Aparat Kampung, Bamuskam, Babinkamtibmas, Babinsa dan seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali, dan tak lupa juga para hamba Tuhan yang sudah mendoakan kami.” Ucap Wasti.

Adapun visi dan misi Kampung Lembah Neidam adalah
Visi : Menuju masyarakat Lembah Neidam yang mandiri dan bermartabat yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa.

Misi adalah :
-Terwujutdnya Kampung Lembah Neidam yang bersih,
-Terwujudnya Kampung Lembah Neidam yang sehat,
-Terciptanya masyarakat yang sadar dan peduli akan pendidikan
-Mewujudkan pemerintahan kampung yang jujur.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pemerintahan Distrik sarmi kota Luis Jhon Griapon, S.IP, para pendamping P3MD, serta PD, P3MD Kabupaten Sarmi. (Ander)

MERIAKAN HUT KORPRI PEMKAB SARMI GELAR TARIK TAMBANG

0

MC KOMINFO SARMI Dinas pemuda dan olaraga kab sarmi menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriakan hut KORPRI ke 51 tahun 2022, Lomba yang di pertandingkan antara lain lomba,tarik tambang lomba gerak jalan santai dan lomba pengucapan Prasetia korsp Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia (RI)

Lomba Tarik tambang antar SKPD di lingkup Pemerintah Daerah Kab. Sarmi, yang menjadi meriah dan yang di saksikan oleh seluru ASN di lingkup pemda Kab. Sarmi yang dilaksanakan Panitia Peringatan HUT KORPRI. Pelaksanaan lomba yang berlangsung bertempat di lapangan upacara Pemda Kab. Sarmi selasa 29/11/2022.

Lomba kali ini berlangsung semarak. Tiap-tiap SKPD yang hadir menurunkan susunan tim terbaiknya untuk bisa memenangkan lomba ini, namun ada juga dua SKPD yang bergabung dan membentuk satu tim karena keterbatasan personil yang hadir. Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu Tarik tambang putra dan Tarik tambang putri.

Tim dari Sekretariat Daerah pun tak mau kalah dan menurunkan para staf pilihan yang merupakan gabungan personil dari bagian-bagian yang ada di Sekretaris daerah Kab.Sarmi Bahkan siapa yang menyangka bahwa Kabag umum Setda Kab. Sarmi Fandi A T Webori, S, Stp juga turut serta dalam tim Setda untuk memberi suport, Saat tampil pun tak ada kesan main-main, yang terlihat justru dirinya mengeluarkan segenap kekuatan untuk menarik tambang.

Aturan perlombaan yang mengusung sistem gugur di babak penyisihan membuat pelaksanaan perlombaan relatif cepat, dan akhirnya menghasilkan Tim gabungan dari bagian Setda kab. Sarmi membuktikan diri sebagai yang paling perkasa dan keluar sebagai juara pertama dari kategori Putra dan diikuti Dinas sosial sebagai juara kedua dan sekretaris dewan menempati Juara ketiga. Sementara itu di kategori Putri, tim Persit CK Sarmi masih terlalu tangguh untuk dikalahkan dan menyabet juara pertama, sedangkan BPKAD menduduki posisi juara kedua dan ketiga di duduki sekretaris dewan Kab. Sarmi

Dalam kesempatan yang sama Saat di wawancarai tim MC Kominfo di sela sela kegiatan tersebut ketua panitia HUT KORPRI  Elias N Bakai, SE yang juga Plt Sekda Kab. Sarmi itu menyampaikan bahwa jangan di lihat dari besar kecilnya hadiah nilai rupiahnya, tapi bagaimana supaya ada rasa kebersamaan ada rasa memiliki KORPS ASN ada kekompakan dengan tugas tugas pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan ini juga dapat mempererat hubungan harmonis antara sesama ASN di lingkup Pemkab Sarmi demi terciptanya kesejahteraan masyarakat,” harap Bakai,

Kegiatan tersebut juga di saksikan lansung oleh koordinator panitia lomba Yakob anggai, SE, MM, ( ander)

PERINGATI HUT KORPRI KE 51, ASN SARMI DI MINTA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

0

MC KOMINFO SARMI, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah kabupaten Sarmi, Elias N Bakai, SE, meminta seluruh ASN yang ada di lingkup PEMDA Kabupaten Sarmi agar dalam bertugas harus tetap melayani dengan sepenuh hati.

Ia berpesan kepada ASN agar menjunjung tinggi nilai pancasila, melayani masyarakat dengan sepenuh hati, terus berinovasi memberikan solusi pada permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, serta beradaptasi pada perkembangan teknologi,”ujar Bakai,

Hal itu disampaikan pada Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dilapangan kota baru petam, selasa (29/11/222).

Menurut Bakai, peringatan HUT Kopri kali ini, merupakan bagian dari perjalanan panjang pada proses pembangunan, sehingga pihaknya bersyukur telah ikut memberikan kontribusi bagi negeri.

“Saya mengajak supaya kita terus berkontribusi dalam pembangunan dan saya akan pastikan tugas utama seorang ASN adalah melayani dan bukan dilayani di mana sesuai dengan tema HUT ke-51 Korpri Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri” jelas Bakai.

Turut hadir dalam upacara tersebut tersebut, kapolres sarmi AKBP Timur santoso, Sik, Dandim 1712 sarmi Letkol infantri Emanuel Setyo Kritiawan, Kasdim sarmi, Ahmad, Lanal Sarmi Mayor laut Michel Ansanai, Kepala kantor agama kab sarmi, Mikhel dandirwalu, S, th MM, Serta seluruh ASN dilingkup pemkab sarmi, (ander)

Tim Kemendes PDTT RI : Verifikasi Lomba Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tingkat Nasional Berkunjung Ke Kabupaten Sarmi

0

Sarmi-MC Kominfo, Tim Kemendes PDTT RI (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia) melakukan verifikasi lapangan Lomba Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tingkat Nasional Tahun 2022 ke Kampung Neidam Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi Provinsi Papua bertempat di Balai Kampung Neidam, Jumat, 25/11/2022,

Kepala Kampung Neidam Dorsila Wasti Ambani salah satu dari 20 kepala kampung yang lolos tahap wawancara virtual untuk lanjut ke tahap penilaian verifikasi lapangan.

Berdasarkan Berita Acara Penetapan Hasil Analisis Data SDGs Kampung (Sustainable Development Goals) Lomba Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tahun 2022 Nomor : 347/PDP.02.03/XI/2022 tanggal 18 November 2022, Panitia Lomba Kepala Kampung Perempuan Inspiratif Tahun 2022 telah menetapkan 20 kampung dari 123 kampung se Indonesia Timur yang masuk tahap lanjutan, salah satunya Kampung Neidam, yang disampaikan oleh Tim Pusat Verifikasi Lapangan Lomba Kampung Perempuan Inspiratif Kemendes PDTT Anastutik W, yang juga sebagai tim juri.

Anastutik menyebutkan kedatangannya lebih pada ingin melihat kiprah kepala kampung perempuan, khususnya yang masuk tahap penilaian verifikasi lapangan.
Untuk memastikan hasil wawancara yang sudah dilakukan secara virtual beberapa waktu lalu sesuai kondisi lapangan.

Dan juga Ingin melihat dari dekat bagaimana giatnya kepala kampung perempuan. Terbukti saat turun lapangan diketahui di kampung ini terdapat 9 RT dengan jumlah penduduk terpadat setelah Kampung Sawar, dengan jumlah KK 579 KK dan jumlah jiwa 4.048 jiwa.
Dengan jumlah penduduk terbanyak ini menunjukkan bahwa kemampuan seorang ibu kepala kampung untuk memimpin warganya sudah menjadi hal yang sangat luar biasa dan tidak muda.

Dia mengaku tertarik dengan penyampaian kepala kampung terkait kegiatan Jumat bersih, kelompok ekonomi kreatif mama mama, dan rencana pembentukan Perdes tentang KDRT, yang tujuannya untuk melindungi perempuan dari kekerasan rumah tangga.
Dalam penilaian tersebut diakui melibatkan organisasi pegiat perempuan yang tidak bisa diintervensi dalam melakukan penilaian.
“Semoga nantinya Kampung Neidam terpilih menjadi kampung inspiratif,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama mewakili Pj. Bupati Sarmi, Kepala DPMK Kabupaten Sarmi Eduward P. Dimomonmau, S.T, M.Kp menyampaikan terima kasih kepada tim penilai dari Kemendes RI yang sudah memberikan kesempatan buat kami di Kabupaten Sarmi untuk mewakili Provipinsi Papua dan Papua Barat, ini sangat luar biasa dan patut disyukuri dan menjadi contoh buat kampung lain.

Harapan kami dengan kerja keras bapak ibu di kampung Neidam ini, lebih di tingkatkan sehingga apa yang menjadi keinginan dan cita-cita kita bersama dapat tercapai.

Kepala Kampung Neidam Ibu Dorsila Wasti Ambani, menyebutkan sudah memberi ruang bagi perempuan untuk berkiprah di perangkat desa, lembaga pemberdayaan masyarakat, hingga melaksanakan kegiatan ekonomi kreatif dan kelompok petani.

Pada kesempatan ini dirinya mengaku sangat bersyukur masuk nominasi kepala kampung perempuan inspiratif mewakili Papua dan Papua Barat.
“Ada 3 (tiga) kepala kampung perempuan asli Sarmi di Kabupaten Sarmi namun puji Tuhan saya berhasil mewakili dan mewarnai Kabupaten Sarmi di tingkat nasional mewakili Provinsi Papua.

Dengan demikian harapan saya untuk para kepala kampung yang lain mari membangun kampung kita yaitu kerja dengan jujur dan takut akan Tuhan,” katanya.

Turut hadir mendampingi Tim Verifikasi Lapangan Kepala Distrik Sarmi Kemal Dimo, S.IP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi Mikhael Dandirwalu, S.Th, M.M, Aparat Kampung, Anggota Bamuskam, serta warga masyarakat Kampung Neidam. (Ander

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

0

Sarmi-MC Kominfo, Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, di Aula Kantor Bupati Sarmi. Selasa, 22/11/2022.

Dalam pelantikan para pejabat, Pj. Bupati Sarmi mengatakan pelantikan ini merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan organisasi untuk mengoptimalkan tugas operasional OPD, kemudian bagi pejabat yang dilantik telah memiliki persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

Disamping itu mutasi dan roling jabatan merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi, dan yang tak kalah pentingnya pelantikan ini untuk kepentingan organisasi. Mutasi dan rotasi juga merupakan pengembangan karir sebagai seorang ASN terkait kinerja prestasi kerja yang berkesinambungan.

“Pejabat yang dilantik dapat peka dan memahami situasi global yang berkaitan dengan pelimpahan dan kewenangan daerah sebagai fasilitator dan stabilisator sehingga persoalan yang dihadapi dapat diselesaikan sesuai dengan apa yang diharapkan.” Kata Pj. Bupati Sarmi.

Ada pun nama- nama yang di lantik sebagai berikut:

a. Eselon ll b dengan Nomor SK. 821, 2-712,
1). Otto Gleisser Samoa, S.E, jabatan lama Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, jabatan baru Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sarmi.
2). Yafi H. Bernard, S.Sos., M.Si jabatan lama Sekretaris Dinas Sosial, jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sarmi.
3). Drs. Darius Nari, M.Si jabatan lama Kepala Bidang Persandian dan Statistik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sarmi, jabatan baru Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sarmi
4). Sarce Samalina Kreeuw, S.H jabatan lama Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak Kabupaten Sarmi.
5). Eduward P. Dimomonmau, S.T., M.Kp jabatan lama Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, jabatan baru Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Sarmi.

b. Eselor III.a dengan Nomor :
SK. 821.2-711
1). Samuel I. Ayemi, S.H jabatan lama Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sarmi,
jabatan baru Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Sarmi.
2). Gerard F. Wersemetawar, S.H jabatan lama Kepala Bagian Hukum, jabatan baru Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sarmi.
3). Fandi A.T Webori, S.STP jabatan lama Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sarmi, jabatan baru Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Sarmi.
4). Ronaldy Irfak, S.T jabatan lama Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarmi, jabatan baru Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sarmi.
5). Fredik Sawefkoy, S.IP jabatan lama Kepala Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi,
jabatan baru Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sarmi.
c. Eselon III.b dengan Nomor : SK. 821.2-711
1). Henny Daan Manossoh, S.E jabatan lama Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Sarmi, jabatan baru Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Sarmi.
d. Eselon IV.a degan Nomor : SK. 821.2-711
1). Yuliana Borom, Amd. S.Sos jabatan lama Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, jabatan baru Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perjalan pada Bagian Umum Setda Kabupaten Sarmi.

Di akhir sambutannya, Markus O. Mansnembra berpesan untuk memiliki kemampuan menjabarkan kebijakan pimpinan, memiliki wawasan yang luas dan tindakan yang memenuhi landasan hukum serta responsif terhadap perkembangan dan pelayan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Kabupaten Sarmi Elias N. Bakai, S.E, Ketua DPRD Jumriati, S.H, Dandim 1712 Sarmi Letkol Inf. Emanuel Setyo Kristiawan, Para Asisten dan Kepala OPD di lingkup Pemda Kabupaten Sarmi. (Ander)

Bupati Sarmi Resmikan Pemanfaatan Vidiotron Sebagai Layanan Informasi Publik

0

Sarmi-MC Kominfo, Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M meresmikan media layanan informasi publik berupa Videotron dan CCTV hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Sarmi dengan Provinsi Papua. selasa 22/11/2022).

Peresmian secara simbolis ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Pj. Bupati Sarmi didampingi oleh Kepala Diskominfo Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, S.Kom, Pj. Sekretaris Daerah Elias N. Bakai, SE, Dandim 1712 Sarmi Letkol Inf. Emanuel Setyo Kristiawan, Para Asisten dan Kepala OPD dilingkup Pemda Kabupaten Sarmi.

Sementara itu, Pj. Bupati Sarmi Markus O Mansnembra, S.H, M.M dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak Provinsi Papua yang telah memfasilitasi pembangunan videotron.

“Dengan adanya fasilitas videotron selain menghias dan lebih mempercantik wajah kota Sarmi ini yang paling utama adalah membantu pemerintah daerah untuk menyampaikan beragam informasi penting kepada masyarakat, baik itu informasi yang bersifat edukasi maupun hiburan, serta akan difungsikan pula sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah melalui tayangan informasi iklan,” jelasnya.

Untuk itu dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat serta pihak-pihak yang berkepentingan agar dapat memanfaatkan dan menjaga fasilitas ini karena videotron yang telah dibangun dengan baik keberadaannya adalah untuk kepentingan masyarakat.

“Kiranya perhatian dari Provinsi Papua dalam bidang teknologi informasi seperti yang diwujudkan pada hari ini dapat terus diberikan sehingga di tahun-tahun kedepan Kabupaten Sarmi bisa kembali memperoleh bantuan videotron,” harapnya.

Sementara itu sambutan Gubernur Papua yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, S.Kom mengemukakan tujuan Pemerintah Provinsi Papua membangun videotron di Kabupaten Sarmi adalah melengkapi media informasi luar ruang yang berbasis digital di beberapa kabupaten di Papua yang dapat digunakan untuk mendefinisikan informasi pembangunan yang ada di pusat, provinsi dan kabupaten/ kota.

“Perkembangan pembangunan di Kabupaten Sarmi diharapkan dikemas dalam bentuk konten yang menarik berkualitas dan informatif serta sebagai sarana hiburan bagi masyarakat sehingga dengan demikian dapat mendukung penguatan akses informasi dan hiburan bagi masyarakat serta dalam perkembangan selanjutnya jika dikelola dengan baik dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan asli daerah,” terangnya.

Jeri menambahkan bahwa ruang digital saat ini tidak dalam baik-baik saja yang mana sumber informasi ataupun informasi yang bertebaran pada media sosial tidak semuanya benar bahkan maraknya kejahatan dunia maya akhir-akhir ini menuntut semua orang pengguna media digital harus lebih waspada sehingga tidak tertipu ataupun terjerat pada masalah hukum. (Ander)

PELARUNGAN BUNGA WARNAI PANTAI ARMOPA PADA HARI PAHLAWAN NASIONAL

0

Sarmi-MC Kominfo, Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-77 Tahun 2022 di Distrik Bonggo diisi tabur bunga di Pantai Armopa, Kamis (10/11/22).

Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut adalah Kepala Distrik Bonggo Fredy Sawefkoy, S.Ip, M.AP diikuti oleh sejumlah ASN, TNI, Polri, Kepala Kampung dan Aparat, Bamuskam serta sejumlah pelajar.

Kepala Distrik Bonggo pada kesempatan itu menyampaikan, upacara tersebut adalah bagian dari upaya menghargai dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara juga telah mengakui bahwa salah satu putra Papua yaitu Silas Papare sebagai pahlawan,
sehingga apa yang menjadi pesan dari pada pahlawan nasional asal Papua itu kita harus teruskan di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, “Hari ini kita boleh menikmati buah dari para pejuang kita 77 tahun yang lampau, kita boleh hidup dalam satu bingkai, kita boleh menikmati pembangunan, kita boleh menikmati pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.”

Sawefkoy juga berharap kepada para generasi muda agar bisa memaknai perjuangan para Pahlawan Nasional dengan turut serta dalam membangun kampung, memberikan ide ide kreatif sebagaimana tema Hari Pahlawan Nasional “Pahlawanku Teladanku.”
Kita telah berada di era yang maju, untuk itu Sawefkoy berharap agar momentum Hari Pahlawan Nasional ini, dapat membakar semangat kita untuk terus berjuang, membangun daerah ini agar kita juga bisa disebut sebagai pejuang dalam lingkup yang berbeda.

Pada kesempatan itu juga ia berpesan agar sebagai ASN, TNI, Polri, Aparat Kampung dan Bamuskam agar bisa menjadi pahlawan di bergai bidang yang sudah negara berikan, agar mengerjakannya dengan tekun demi pelayanan kepada masyarakat, dan tetap menghormati jasa Pahlawan Nasional dengan menjaga bingkai negara kita. Ujarnya.
(SN)

DANRAMIL 1712-05 BONGGO INSPEKTUR UPACARA HARI PAHLAWAN NASIONAL

0

Sarmi-MC Kominfo,Pemerintah Distrik Bonggo, memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan menggelar upacara bendera di halaman Upacara SMP Negeri 1 Bonggo, diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari ASN, TNI, Polri, Aparat Kampung, Bamuskam, serta Pelajar sewilayah Distrik Bonggo. Kamis, 10/11/2022.

Danramil 1712-05 Bonggo Kapten CBA Dominggus Suitela, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, “Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus menjadi sarat makna. Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan, kita harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.”

Tahun ini, Hari Pahlawan Nasional bertemakan “Pahlawanku Teladanku” Untuk itu, Suitela mengajak ASN,TNI, POLRI dan seluruh masyarakat Bonggo terutama para generasi muda untuk melahirkan ide dan gagasan baru.

“Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi teladan keuletan dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya saat diwawancarai Koresponden Media Center Kominfo.

Ia menambahkan, peringatan ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai sejauh mana tiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai NKRI yang sejahtera, adil, dan makmur.

Lanjut, Dominggus Suitela menambahkan, kita semua harus mengingat pesan perjuangan para Pahlawan Nasional dan lebih khusus Pahlawan Nasional asal Papua Silas Papare “Jangan sanjung aku, tetapi teruskanlah perjuanganku.” Ujarnya.
Turut hadir dalam upacara tersebut Kepala Distrik Bonggo, Fredy Sawefkoy, S.IP, M.AP, Kepala Sekolah SD, SLTP dan SLTA, Kepala Puskesmas, para Kepala Kampung, dan undangan lainnya.(SN)