Beranda blog

PJ. BUPATI BERKESEMPATAN KUNJUNGI PULAU TERLUAR DI KABUPATEN SARMI

0

Sarmi – MC Kominfo, Penjabat Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H., M.M. berkesempatan mengunjungi Kampung Liki, salah satu pulau terluar yang berada di Kabupaten Sarmi, Sabtu, 30/07/2022,

Sebelumnya Pj. Bupati sarmi bersama rombongan saat berkunjung ke Pulau Liki, mulai berangkat dari ibu kota Kabupaten Sarmi, pagi hari pukul 08.00 wit, dengan menggunakan spitbot yang menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih 45 (empat puluh lima) menit tiba di Pulau Liki.

Setibanya Pj. Bupati Mansnembra bersama rombongan di pulau, disambut langsung secara baik oleh warga masyarakat Kampung Liki dengan memberikan ucapan selamat datang kepada Pj. Bupati sarmi beserta rombongan yang dipimpin oleh Ondoafi setempat Festus Teno.

Seperti biasanya adat istiadat atau tradisi khusus, kepada orang yang baru datang menginjakkan kaki di Pulau Liki, Ondoafi Festus Teno memakaikan mahkota/topi yang terbuat dari daun kelapa dan menggosok pasir di bagian kepala/dahi kepada Pj. Bupati dan rombongan.

Ondoafi Festus Teno yang juga mantan Kepala Kampung ini, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih karena ada seorang pejabat tinggi daerah yang bisa datang dan melihat langsung dari dekat kehidupan warganya yang berdomisili di tempat ini, bagi dirinya Ini sangat luar bisa.

Dalam kunjungan Pj. Bupati Sarmi Markus Mansnembra juga menyampaikan bahwa, dirinya datang ke sini untuk melihat secara dekat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga pada saat pemerintah menyalurkan bantuan, nantinya dapat menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, bersamaan dengan itu dirinya juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Pj. Bupati Sarmi juga sempat melihat langsung Gedung Gereja GKI Parakletos Liki yang akan di renovasi, dan memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp,10.000.000, (sepuluh juta rupiah) untuk dapat menunjang kegiatan renovasi Gedung Gereja, Ia berharap agar bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik baiknya, dan bermanfaat bagi perbaikan rumah Tuhan di jemaat ini.

Adapun respon mewakili masyarakat kampung setempat, Onesimus Teno berkesempatan mengusulkan bantuan berupa sarana prasarana untuk pendidikan, kesehatan, jalan, dermaga, rompong, parawisata, penerangan, pemekaran kampung, alat – alat dan bibit pertanian, ketersediaan BBM, sarana transportasi laut, dan renovasi gereja.

Dirinya meminta kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pj. Bupati Sarmi, agar dapat membantu kami demi kesejahteraan kami di Kampung Liki, karena mengingat jangkauan antara pulau dan daratan yang sangat jauh untuk ke kota sehingga apabila pemerintah berkenan menjawab, maka ini akan dapat memudahkan kami pergi dan pulang antar kota ataupun pulau.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kapospolsubsektor Pulau Liki Bripka Obed May, Aparat Kampung, Bamuskam, serta seluruh warga masyarakat Kampung Liki. (Anders)

IKATAN KELUARGA TORAJA (IKT) MENGGELAR KEGIATAN MUSDA II

0

SARMI – MC Kominfo, Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Sarmi, menggelar Kegiatan Musyawarah Daerah II Tahun 2022, dalam rangka membahas Anggaran Rumah Tangga, Petunjuk Pelaksanaan, Garis-Garis Besar Program Kerja dan Juga Pemilihan Ketua IKT baru Periode 2022 – 2027,  bertempat di Aula SMA Negeri 1 Sarmi, Minggu, 16/07/2022.

Sesuai dengan Tema  “Siporannu Sipopa’di’ Sangkutu Banne Sangboke Amboran,” terpanggil untuk melayani sesama dalam menjunjung nilai persatuan dan memiliki pengabdian tulus untuk mengedepankan kepentingan umum.

Ketua Panitia  MUSDA II Ikatan Keluarga Toraja Sugianto Jaya Sarira, S.H dalam sambutannya  menyampaikan penyelenggaraan Musyawarah Daerah II Ikatan Keluarga Toraja Tahun 2022 adalah merupakan wadah bagi warga IKT Kabupaten Sarmi untuk mempererat tali persaudaraan sesama warga IKT, agar senantiasa memegang teguh prinsip “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, ini menandakan bahwa dimanapun kita berada harus saling menghormati antara sesama suku dalam memupuk semangat antar generasi untuk memperkuat IKT menghadapi tantangan global,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Robi Yanto S. Pampang, ST  selaku Ketua IKT lama periode 2017 – 2022  menyampaikan dalam MUSDA II ini, akan ada hal- hal baru yang akan kita bicarakan mengenai status kepengurusan baru, apapun yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari suatu proses organisasi sosial yang ada di Kabupaten Sarmi khususnya kita warga IKT yang bernaung dan tinggal diam di Kabupaten Sarmi. untuk itu, saya mewakili pengurus  tentu dalam kepengurusan pasti ada perdebatan untuk itu saya menghimbau kepada warga IKT untuk selalu mengedepankan rasa kebersamaan.

Dirinya juga mengatakan selama perjalanan kepengurusan dari 2017- 2022 tentu banyak hal yang kurang, khususnya pelayanan sebagai pengurus, banyak suka duka namun itu adalah hal yang harus kita jalani jika mengambil bagian dalam kepengurusan,  oleh karena itu, mari bersama-sama bersatu, bergandengan tangan, apa pun hasil MUSDA hari ini kita terima dengan baik jika berkenan lewat musyawarah dan mufakat itu yang terbaik.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan MUSDA II IKT Kabupaten Sarmi yaitu mempererat tali persaudaraan didalam satu kesatuan Ikatan Keluarga Toraja di Kabupaten Sarmi, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi dan mengembangkan potensi warga IKT di Kabupaten Sarmi, membina hubungan yang baik antar sesama warga IKT dan warga lain yang ada di Kabupaten Sarmi, berperan serta membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sarmi untuk menciptakan suasana aman, damai dan tenteram.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Assisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sarmi Hans Robert Weyasu, S.E., M.Si.

Dalam Sambutannya mengajak warga IKT untuk bersama-sama cinta damai, karena kalau kita cinta damai maka kita bisa hidup saling menyanyangi, bergandengan tangan, bekerja sama, berookordinasi untuk melakukan hal-hal yang diinginkan bersama dimana pun kita berada dan dimanapun kita bekerja.

“Kami selaku pemerintah daerah berterima kasih kepada IKT  yang mana dalam kehidupan sehari-hari selalu hidup berdampingan, selalu hidup rukun bersama dengan ikatan-ikatan  paguyuban yang lain  namun lebih khusus kepada orang-orang setempat, sehingga selaku pemerintah daerah kami memberi apresiasi  yang luar biasa dan kami mengharapkan kepada ikatan paguyuban yang lain untuk dapat meniru dalam arti bisa menyesuaikan seperti kebiasaan atau kebudayaan,”  tuturnya.

Kami melihat ada hal-hal yang berubah dengan terbentuknya IKT ini ada hal-hal positif yang nampak di Sarmi yaitu di mana kegiatan-kegiatan paguyuban atau organisasi  yang lain dilaksanakan diberbagai bidang baik pemerintahan, adat, budaya, sosial, kemasyarakatan dan lain sebagainya saya selalu melihat IKT selalu terlibat dalam berbagai kegiatan untuk membangun daerah di Kabupaten Sarmi.

Diakhir sambutannya,  Weyasu berpesan supaya warga IKT  melakukan musyawarah dengan baik dan benar dengan mengikuti prosedur dan aturan yang sudah ditetapkan sehingga hasil yang diperoleh dan disepakati menjadi keputusan bersama, hindari perbedaan pendapat, hindari diskriminasi, tetapi menyalurkan pendapat sesuai dengan hati nurani, jelasnya.

Diakhir kegiatan MUSDA II Ikatan Keluarga Toraja, diadakan pemilihan Ketua IKT yang baru Periode 2022 -2027, ada 3 kandidat yang bersaing pada pemilihan tersebut, diantaranya, Yohanes Ramba’, S.Sos, Yakob Karaeng Baan, S.T dan Sugianto Jaya Sarira, S.H, dari hasil pemungutan suara Yohanes Ramba’ S. Sos keluar sebagai pemenang dengan hasil perolehan suara terbanyak 61 suara , disusul oleh Sugianto Jaya Sarira, S.H, 21 suara dan Yakob Karaeng Baan, S.T, 18 suara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Distrik Sarmi Kota, Kemal K N. Dimo, S.Ip, Sekum IPN Ircham, Ketua KKSS Bahar, Sekum PHBI H.Suardi, WAKET PC Nhadlaturl Ulama (NU) Sarmi, Ketua Luwu Raya KKSS Arifin Mansyur, S. Ag. (DV)

PEMERINTAH KABUPATEN SARMI MENYUMBANGKAN 11 EKOR HEWAN KURBAN DALAM PERAYAAN IDUL ADHA 1443 HIJRIA

0

Sarmi – MC Kominfo,Menjelang Perayaan Idul Adha 1443 Hijria, Pemerintah Kabupaten Sarmi ikut menyerahkan bantuan hewan kurban, sebanyak 11 (sebelas) ekor sapi, kepada sejumlah umat muslim dari Masjid dan Mushola yang berada di Kabupaten Sarmi.

Pemberian bantuan sejumlah hewan kurban tersebut, secara simbolis diserakan langsung Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daniel Robert Senis, S.H mewakili Penjabat Bupati Sarmi, yang diterima secara langsung Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Sarmi Haji Muhamad Mainatu, bertempat di KUA (Kantor Urusan Agama) Kabupaten Sarmi, Sabtu, 09/07/2022.

Dalam pemberian bantuan 11 ekor sapi oleh Pemerintah Kabupaten Sarmi, 1 (satu) ekor merupakan sumbangan pribadi Pj. Bupati Sarmi.

Mewakili Penjabat Bupati Sarmi, Plt. Asisten ll Daniel Robert Senis mengatakan, penyerahan hewan kurban dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi, diberikan kepada umat muslim, untuk kemudian dapat disalurkan kepada masjid dan mushola yang sudah terdata dikabupaten ini.

“Tentunya bantuan yang kami berikan ini, tidaklah banyak, tetapi harapan kami, dapat dibagikan secara baik, sehingga bermanfaat untuk saudara-saudara kita dalam menyambut hari raya Idul Adha tahun 2022,” ungkap Senis.

Senis menjelaskan, penyerahan hewan kurban sebagai tanda perhatian pemerintah setempat terhadap umat muslim yang merayakan Idul Adha, dan bagian dari membangun rasa persaudaraan antar kerukunan umat beragama di Kabupaten Sarmi.

“Allah tidak menilai seseorang dari harta, fisik, ataupun pakaiannya, melainkan dari nilai Ibadah dan ketaqwaannya, karena isyarat untuk berkorban esensinya adalah perintah untuk berbagi kepada sesama, dan menanamkan rasa kasih sayang dan empati, serta menumbuhkan sifat dermawan kepada yang membutuhkan.” Tutur Senis.

Melalui kesempatan yang sama, Ketua MUI Kabupaten Sarmi, Hj. Muhamad Mainatu, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi, terlebih khusus kepada Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, yang diwakili Plt. Asisten II, atas kepeduliannya terhadap umat muslim di negeri ini, kiranya Tuhan memberikan rahmat dan berkat yang melimpah atas apa yang sudah diberikan untuk kami saat ini.

“Kami berharap dengan bantuan ini agar dapat memberi rasa persatuan yang semakin kompak antar umat Islam dan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk bersama sama berjalan dengan baik, karena umat Islam adalah bagian dari pemerintah daerah juga.” Ungkap Mainatu.

Terkait kelayakan kesehatan dari sejumlah hewan kurban yang diberikan pemerintah, mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Bidang Peternakan, Kepala Seksi Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) Willy Ruwayari mengatakan, bahwa sejumlah hewan kurban tersebut sudah diperiksa kesehatannya dan layak untuk dikonsumsi. (Anders).

ASISTEN III BIDANG UMUM PROVINSI PAPUA BERKESEMPATAN PIMPIN APEL PAGI BERSAMA ASN DI KABUPATEN SARMI.

0

Sarmi – MC Kominfo, Apel pagi bersama ASN (Aparatur Sipil Negara), dipimpin Asisten III Bidang Umum Provinsi Papua Y. Derek Hegemur, S.H, M.H bertempat di halaman kantor BKPSDM (Badan Kepegawaian Pelatihan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Sarmi, Senin, 04/07/2022.

Asisten III Provinsi Papua memimpin apel pagi, didampingi Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, Sekda Kabupaten Sarmi Elias N. Bakai, SE dan Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daniel Robert Senis, S.H.

Menindak lanjuti kehadiran PNS dan Honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarmi, Asisten lll Derek Hegemur menyampaikan, kami berterima kasih dan bersyukur diberikan kesempatan oleh Pj. Bupati Sarmi, untuk berdiri di sini, selaku perwakilan Pemerintah Provinsi Papua, dalam tugas keseharian kami, membina Kabupaten dan Kota, sekaligus mewakili bapak Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah.

Melalui sambutannya, Hegemur mengatakan, “Bapak dan ibu sebagai ASN kalau mengikuti berbagai arahan Pemerintah Provinsi Papua, pejabat kita di provinsi papua dahulu, selalu menyebut ASN itu, sama dengan masuk kantor. Jadi kalau tidak masuk kantor tanpa alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, itu berkaitan dengan kita semua.” Ungkapnya.

Ia menambahkan, “Saya pikir meskipun kita ada di Sarmi kita telah mendengar berbagai Informasi tentang perubahan berbagai Kebijakan Nasional, tentang Papua. Hari ini kita di Papua telah bergeser tatah kelolah pemerintahannya, tatah kelolah keuangannya juga bergeser, tata kelolah penyelenggaraannya, kita sebut dengan Papua Format Baru. Yang harus pertama mengeksekusinya adalah Kita yang ASN, apakah pejabat esalon II, III, IV atau staf. Kita harus paham bawah Papua telah bergeser.” Jelasnya.

Dalam sambutannya, Hegemur mengatakan, “20 tahun lamanya kita melaksanakan keputusan di Papua dengan Undang- Undang No.21 Tahun 2021, namun kita telah bergeser, tata kelolahnya ada di Undang- Undang No.2 PP. 106 dan 107, itu yang mengatur tentang Papua. Salah satu yang bergeser dahulu adalah kewenangan khusus yang dahulu dilakukan di provinsi, sekarang sudah dilakukan di kabupaten dan kota.” Jelasnya.

Melalui Kesempatan yang sama, Pj.Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra menyampaikan sambutannya, “Hari ini, warna kita lain di apel pagi ini, kita patut bersyukur, karena tim dari provinsi hadir untuk melakukan pendampingan, tetapi juga dalam rangka seleksi terbuka pejabat kita, yang nantinya akan mengisi Jabatan Esalon ll.” ungkapnya.

Turut hadir mengikuti kegiatan apel pagi hari ini, Tim dari Provinsi Papua, serta sejumlah Kepala OPD, Kepala Distrik, PNS Dan Honorer Kabupaten Sarmi. (Yefi)

KEPALA DISTRIK BONGGO HENTIKAN PENGAMBILAN JATAH BERAS ASN DI GUDANG PD. IRIAN BHAKTI CABANG JAYAPURA.

0

Sarmi – MC Kominfo, Dalam rangka tertib Administrasi Penyelenggaraan Pemerintahan dan untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan pegawai, khususnya di wilayah Pemerintahan Distrik Bonggo, maka dengan ini dipandang perlu oleh Kepala Distrik Bonggo Fredy Sawefkoy, S. IP, M.AP untuk menertibkan sejumlah ASN, yang bekerja dan mengabdikan diri di wilayah Distrik Bonggo, terutama bagi ASN yang selama ini dalam pengamatannya tidak aktif dalam melaksanakan tugas namun hak-hak sebagai ASN semuanya diterima, baik berupa gaji, uang lauk pauk, beban kerja maupun jatah beras.

Berdasarkan pengamatan tersebut, Kepala Distrik Bonggo telah mengeluarkan surat nomor : 840/131/D.B/VI/2022 tanggal 28 Juni 2022 tentang Penertiban Penyaluran Jatah Beras ASN di Wilayah Distrik Bonggo yang ditujukan kepada Kepala PD. Irian Bhakti Cabang Jayapura.
Adapun isi surat tersebut ada 3 (tiga) poin penting yang disampaikan antara lain adalah; Menertibkan penyaluran jatah beras pegawai terhitung mulai bulan Juli 2022; Penyaluran jatah beras dipusatkan di Kantor Distrik Bonggo; dan Pelayanan jika masih dilakukan oleh pihak PD. Irian Bhakti Cabang Jayapura, maka itu diluar tanggung jawab Kepala Distrik Bonggo.

Sebelum melayangkan surat tersebut Sawefkoy terlebih dahalu berkoordinasi dengan Kepala Bagian Niaga PD. Irian Bhakti Cabang Jayapura Jonathan Reimialy, SE. Dalam rekaman suara yang dikirimkan, Sawefkoy menjelaskan bahwa, “Untuk tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan di tingkat distrik, saya ada tertibkan penyaluran jatah beras di wilayah Distrik Bonggo, seluruh ASN entah itu dari Kantor Distrik, Puskesmas, para guru dan semua yang terima jatah beras dari pemerintah yang bertugas di wilayah Bonggo.”

Ia menambahkan, langkah yang dilakukan tersebut, bertujuan untuk menjaga keseimbangan stabilitas ASN yang bekerja di wilayahnya.
“Ada teman-teman yang bekerja dengan setia, selalu ada di tempat tugas, tapi ada juga yang bekerja iseng-iseng, datang sebentar hilang, datang sebentang hilang.” Ungkapnya.
Kepala Distrik Bonggo berharap bahwa dengan ditertibkannya penyaluran beras ini, ASN bisa menyadari untuk bisa bekerja maksimal karena ASN adalah pelayan rakyat.
Sawefkoy menambahkan, bahwa dengan sistem pembayaran gaji melalui rekening bank, membuat pegawai sampai lupa diri akan tanggung jawabnya sebagai pelayan masyarakat.
“Dulu itu pegawai datang terima setiap bulan di kantor, gaji, beras, semua tunjangan diterima di kantor, tapi sekarang tidak, biar dia di Jakarta kah, ada di PNG kah atau dimana-mana, terus itu SMS banking, gaji masuk ke ATM, semuanya aman, tidak perlu datang ke kantor lagi.” Tuturnya.
Sawefkoy berharap pula agar pegawai benar-benar menghayati sungguh, dan menghargai setiap berkat pemberian Tuhan, agar dengan penghasilan yang kita peroleh, kita dapat menjadi saluran berkat bagi keluarga dan juga bagi orang lain.

Ketika diwawancari, via telpon, Senin, 04/07/2022, terkait dengan seorang ASN, aktif melaksanakan tugasnya di Bonggo, namun berharap jatah berasnya dapat diambil oleh keluarganya di Jayapura.

Sawefkoy mengatakan bahwa, pengambilan jatah beras untuk ASN mulai terhitung bulan Juli 2022, semua pegawai tanpa terkecuali wajib untuk mengambil jatah berasnya pada Kantor Distrik Bonggo.

Menyinggung jumlah pegawai yang tidak aktif melaksanakan tugas diwilayahnya, Sawefkoy menyampaikan bahwa sampai berita ini diturunkan belum mendata secara lengkap. Namun ia berjanji akan menindaklanjuti kepada setiap instansi pemerintah untuk menyiapkan data terkait kehadiran pegawai. Demikian tandasnya. (Sy)

PLT. SEKDA SARMI : DAYA TARIK WISATA ALAM DAN BUDAYA MERUPAKAN MODAL UTAMA MEMBANGUN PARIWISATA DI KABUPATEN SARMI

0

Sarmi – MC Kominfo,  Guna meningkatkan nilai kain tenun secara kualitas dan kuantitas, Dinas Pariwisata Kabupaten Sarmi mengadakan pelatihan menenun kain Terfo khas Sarmi kepada kelompok ibu- ibu, menggunakan alat tenun semi mesin, selama tiga hari, mulai dari hari Selasa, 28 Juni sampai dengan hari Kamis, 30 Juni 2022.

Kegiatan pelatihan yang melibatkan 15 (lima belas) peserta, mewakili 13 (tiga belas) kelompok ibu-ibu pengrajin kain Terfo di Kabupaten Sarmi, dan 3 (tiga) orang instruktur dari Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, ditutup secara resmi oleh Plt. Sekda Kabupaten Sarmi Elias N. Bakay, SE mewakili Penjabat Bupati Sarmi. Bertempat di Gedung Kesenian Pemda Kabupaten Sarmi. Kamis, 30/06/2022.

Dalam sambutannya, Sekda Elias Bakay mengatakan, sektor pariwisata merupakan medium pembangunan ekonomi yang tidak memerlukan administrasi terlalu besar. Daya tarik wisata alam dan budaya merupakan modal utama untuk membangun pariwisata di kabupaten Sarmi.
“Potensi pariwisata kita sudah ada, tinggal kita sentuh sedikit saja, dengan membuat pelatihan-pelatihan atau bimbingan teknis seperti ini, keseriusan kita sangat penting.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan pelatihan, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Maria Magdalena Marau, S.P, M.M mengatakan, melalui pelatihan ini, ibu-ibu dapat mengenal dan menambah wawasan cara membuat kain tenun Terfo dengan alat tenun semi mesin, sehingga secara kualitas dan kuantitas jadi lebih baik, baru sehari pembuatannya sudah mendapatkan 10 (meter) kain Terfo.
Menurut Marau, kelompok tenun kain Terfo ini sudah ada sejak lama, apa lagi dengan bantuan alat ini cukup mempermuda ibu-ibu yang punya kesibukan rumah tangga, dibanding menggunakan alat tenun tanpa mesin.

Lanjut Marau, pelatihan ini bermitra dengan pengrajin dari Kabupaten Klaten yang sudah lama dimulai, dan ini dilakukan secara bertahap sehingga harapannya dengan pelatihan ini ada kemajuan, supaya kedepannya nanti bisa menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Sarmi.

Ibu Ripka Daber sebagai salah satu peserta dari Kampung Bagaiserwar, mewakili para peserta mengatakan, dengan adanya pelatihan alat tenun semi mesin ini, sangat mudah untuk kami membuat tenun Terfo, khususnya kami ibu rumah tangga.

“Kita biasa pakai alat tenun Terfo dari besi-besi, karena tempat tinggal dekat pinggiran pantai, jadi alat- alat yang kami biasa pakai itu mudah karat dan rusak akibat kena uap air laut. Dengan alat semi mesin begini kita bisa menenun Terfo sambil kerja pekerjaan rumah yang lain. Kami berharap kepada dinas terkait bisa bantu kami alat semi mesin pakai dinamo seperti ini, dan juga bisa bantu kami uang penunjang untuk kami belanja bahan.” Ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Sarmi, Ny. Rantina Bakay, Sekretaris Dinas Pariwisata Bernike Yarisetow, S.S, dan tamu undangan. (mb)

MEMPERINGATI HARGANAS KE-29, DP2KBD KABUPATEN SARMI MENYELENGGARAKAN LOMBA TINGKAT KAMPUNG

0

Sarmi – MC Kominfo, Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke- 29 tahun, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (DP2KBD) Kabupaten Sarmi, menyelenggarakan acara puncak pengumuman hasil lomba tingkat kampung, bertempat di Lapangan Pemda Kabupaten Sarmi, Kota Baru Petam. Rabu, 29/06/2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari itu melibatkan 10 Kampung Binaan KB, dan beberapa OPD terkait dilingkup Pemerintah Kabupaten Sarmi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial
Michael A. Suruan, S. Sos.,M.Si, Kepala BKKBN Provinsi Papua yang diwakili Koordinator Bidang Keluarga Berencana (KB) Provinsi Papua Ronald M.Yong Mansi, S. Gz.

Mewakili Penjabat Bupati Sarmi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Michael A. Suruan,S. Sos.,M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, hari ini merupakan hari bahagia bagi BKKBN karena peringatan HARGANAS yang ke-29 tahun, dilakukan secara bersama di seluruh Indonesia.

Lanjutnya, seraya bertanya, stand-stand yang kami kunjungi kemarin telah menyediakan menu-menu berbahan lokal. Bagaimana meraciknya, bahan dasarnya apa, sehingga dapat menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Hal inilah yang perlu disosialisasikan terus menerus mulai dari kabupaten, distrik dan sampai ke tingkat kampung.

Menurut Asisten I, Michael Suruan, peranan Distrik itu sangat penting, PKK Distrik, dan juga Kelompok-kelompok Dasa Wisma, itu bisa digiatkan kembali, sehingga dapur sehat yang dicanangkan hari ini, dapat ditindak lanjuti terutama di distrik dan di kampung-kampung. Masyarakat juga perlu sadar bahwa tidak selamanya membeli makanan kota, tetapi makanan lokal yang ada disekitar kita perlu menjadi konsumsi utama bagi anak.
Contoh, kemarin yang di sajikan melalui pameran, ada makanan lokal yang diolah untuk bayi, 0 bulan sampai dengan 6 bulan, kemudian untuk bayi dari 6 bulan sampai 1 tahun. Hal ini perlu dijelaskan secara terus menerus sehingga masyarakat di kampung bisa tahu bahwa, 0 sampai 6 bulan itu diberikan ASI, 6 bulan keatas baru boleh diberikan makan, termasuk makanan lokal yang ada. Sehingga diharapkan anak-anak akan memiliki IQ dan pertumbuhan yang baik.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Keluarga Berencana (KB) Provinsi Papua, Ronal M.Yong Mansi menambahkan, ketika seseorang kekurangan gizi dan dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan, maka kualitas anak tersebut tidak bisa diandalkan. Oleh karena itu, kita harus berupaya mencegah stunting (gizi buruk) dengan mengkonsumsi menu makanan lokal yang memenuhi standar gizi, sehingga harapan kita kedepan, mereka akan memiliki kemampuan yang handal dalam membangun Papua terlebih khusus Kabupaten Sarmi.

Kita juga telah menyaksikan pameran menu makanan lokal yang disajikan kemarin, dan telah kami lakukan penilaian lomba cinta makanan lokal yang sangat bervariasi. Ungkapnya.

Turut memberikan sambutan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kabupaten Sarmi Hugo Samoa, S. Si mengatakan, kita hadir di sini berkenaan dengan Hari Keluarga Nasional yang ke 29 tahun, dimana hari ini merupakan hari keluarga bagi kita.

Hugo Samoa menambahkan, kegiatan lomba kampung berkualitas dan lomba pangan lokal, bertujuan menampilkan menu atau makanan sehat dan bergizi, untuk mencegah stunting di Kabupaten Sarmi.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman hasil lomba Kampung KB berkualitas, yang dinilai berdasarkan 3 (tiga) unsur penilaian yaitu Profil Kampung, Kebersihan Kampung dan Laporan Keuangan Kampung.

Keluar sebagai Juara I diraih oleh Kampung Mawes Day Distrik Bonggo Timur, Juara II diraih oleh Kampung Sunum Distrik Pantai Timur, dan Juara III diraih oleh Kampung Rotea Distrik Bonggo Barat, serta dilanjutkan dengan pengumuman juara harapan dan juara favorit.

Turut hadir dalam kegiatan Harganas, Wakapolres Sarmi Kompol. Abdul Rahmat, Kasdim 1712/Sarmi Mayor Inf. Ahmad, sejumlah Kepala OPD, Kepala Distrik, dan Kepala Kampung. (m.b/YF)

ASISTEN II BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN BUKA KEGIATAN SOSIALISASI APLIKASI ABSEN ONLINE

0

Sarmi-MC Kominfo, Dalam rangka meningkatkan disiplin dan kepatuhan pegawai dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Absen Online yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sarmi.

Kegiatan berlangsung di Lantai 2 Kantor Bupati Sarmi, dan dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daniel Robert Senis, SH mewakili Pj. Bupati Sarmi. Rabu, 29/06/2022.

Kegiatan ini melibatkan seluruh Kasubag Umum dan Kepegawaian di lingkup Pemda Kabupaten Sarmi, dan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sarmi Sakarias Timbuat, S. Pd.,M.Si dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pembinaan Masyarakat Yohanes W. Palege, S. Kom.

Dalam sambutannya Asisten II Daniel Robert Senis, SH mengatakan bahwa, “Kita sekarang berada pada jaman dinamika digitalisasi semuanya serba digital termasuk kita saat ini sedang menggunakan handphone android, itu berarti kita bukan baru mengenal dunia digitalisasi.

Menurutnya, penggunaan absen online ini akan menjadi tantangan bagi ASN, tetapi juga memberi motivasi untuk dapat meningkatkan disiplin dan kepatuhan kerja, katanya.
“Saya memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo yang melaksanakan kegiatan ini, dan ini merupakan langkah awal menuju perubahan baru di Kabupaten Sarmi.”

Dikesempatan yang sama Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pembinaan Masyarakat Yohanes W. Palege, S. Kom yang juga sebagai Ketua Rencana Aksi KPK turut memberikan penjelasan teknis tentang penggunaan absen online.

Menurutnya, apa yang akan kita lakukan saat ini adalah bagian dari Rencana Aksi KPK Pokja ASN yang selama ini tidak aktif karena situasi covid-19, dan hari ini kita mencoba kembali untuk melakukan absen setiap hari kepada ASN agar dapat patuh dan disiplin dalam kehadiran dan pekerjaan.

“Untuk sementara waktu absennya akan dilakukan oleh masing-masing Kasubag Kepegawaian secara manual, dan setelah ada perangkat kerasnya (alat absen sidik jari) baru absen online akan digunakan secara maksimal,” jelasnya.
Terkait perangkat kerasnya, pengadaannya akan dibebankan kepada masing-masing OPD. (Sy)

PENJABAT BUPATI GELAR PERTEMUAN PERDANA DI LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN SARMI

0

Sarmi – MC Kominfo, Setelah dilantik di Gedung Kementerian Dalam Negeri oleh Mendagri, 27 Mei lalu, tentunya merupakan amanah untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Penjabat Bupati di Kabupaten Sarmi.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Sarmi periode 2022-2024, Markus O. Mansnembra, S.H., M.M, saat memimpin rapat untuk pertama kalinya bersama Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lantai 2 Aula Kantor Bupati Kabupaten Sarmi, Kamis, 02/06/2022.

Dalam memimpin pertemuan tersebut, Pj. Bupati Sarmi menyampaikan bahwa, setelah pertama kali dirinya masuk di kabupaten ini sejak 31 Mei, ada kesan pertama yang didapati dan juga dirasakan.

Menurut Pj. Bupati Sarmi, tugas dan tanggung jawab ini bukan sebuah formalitas untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan daerah yang ditinggalkan Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya karena telah mengakhiri masa jabatan selama 5 tahun. Akan tetapi tugas – tugas dan tanggung jawab kita di dalam pemerintahan ini belum selesai dan harus tetap dijalankan. “Apa yang sudah dijalankan oleh pemimpin sebelumnya, harus kita pertahankan dan tingkatkan”. Tuturnya.

Pj. Bupati Sarmi mengingatkan bahwa, diwaktu kepemimpinannya 1 atau 2 tahun kedepan bukan kepentingan politik, tentunya bukan suatu formalitas untuk menuju Pemilu 2024, untuk itu dirinya mengajak Asisten dan Kepala OPD dalam kepemimpinannya ini, mari kita meninggalkan semua kepentingan – kepentingan yang lain, karena masyarakat kita sedang memerlukan pelayanan yang baik dari kita setiap saat.

Melalui pertemuan perdananya ini, Markus O.Mansnembra juga meminta agar Kepala OPD dapat bekerja secara profesional dan transparan, dalam menyampaikan permasalahan – permasalahan dan kekurangan yang ada pada Dinas, Badan, sehingga dapat dibenahi nantinya, supaya pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih baik kedepannya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati berharap, agar dalam masa kepemimpinannya, kita dapat tingkatkan pelayanan terhadap Aparatur Sipil Negara. Demi kelancaran roda pemerintahan yang lebih baik, dirinya akan memerintahkan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Sarmi untuk diadakan penjemputan pegawai ke kantor maupun pulang kantor dengan kendaraan bus yang ada, supaya pegawai dapat aktif masuk kantor sesuai waktu kerja yang ditetapkan.

Dalam pertemuan ini juga, beberapa Kepala OPD pun mengusulkan terkait kegiatan yang berjalan dan yang tidak berjalan.

Pj. Bupati mendorong untuk segera dijalankan, sehingga itu akan mempercepat roda pemerintahan, karena waktu kita hanya 2 tahun saja, dan juga Pj. Bupati meminta waktu, untuk hari Jumat dipakai untuk Jumberling atau Jumat bersih lingkungan, agar kantor kantor terlihat bersih dan indah. (Anderson).

PJ. BUPATI SARMI PIMPIN UPACARA HARI LAHIRNYA PANCASILA KE-77

0

Sarmi – MC Kominfo Markus O. Mansnembra, S.H., M.M, selaku Penjabat Bupati Sarmi yang baru, tiba di Sarmi pada tanggal 31 Juni 2022 malam hari.

Pada keesokan harinya beliau bertindak selaku Inspektur Upacara memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-77, tahun 2022, bertempat di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Sarmi, Kota Baru Petam, Rabu, 01/06/2022.

Upacara hari lahirnya Pancasila tahun ini, diikuti oleh FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Jajaran TNI/Polri dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi.

Pj. Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, S.H., M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Peringatan hari lahirnya Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, dan momen aktualisasi nilai – nilai Pancasila.

Dengan tema peringatan hari lahirnya Pancasila, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, beliau mengajak kita untuk terus mengamalkan warisan mulia untuk kemajuan bangsa dan negara, lebih khusus di Kabupaten Sarmi dan sekaligus menjadi sumbangsi pada masyarakat.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah juga merupakan sebuah keharusan bagi kita, kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian dan saling menghargai dengan penuh rasa tanggung jawab”, ucapnya.
Ia menambahkan pula bahwa, kehadirannya untuk memimpin daerah ini, itu bukan karena kepentingan politik, tetapi itu karena merupakan panggilan untuk mengisi kekosongan jabatan di daerah ini,

Oleh sebab itu Pj. Bupati berharap untuk kita terus saling mendukung satu sama lain, sehingga pembangunan di daerah ini dapat berjalan dengan baik.
Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan ramah-tamah, dan foto bersama Pj. Bupati Sarmi dan seluruh peserta upacara.(Anderson)