Wakil Bupati Sarmi Buka Diklat Prajabatan Khusus

0
327

Sarmi, InfoPublik – Sebanyak 152 calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (ASN) mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) prajabatan. Para CPNS tersebut merupakan CPNS golongan II dan III yang diangkat dari tenaga nonhonorer melalui pengangkatan khusus. Senin, ( 23/4).

Kepala badan kepegawaian dan sumber daya manusia Kabupaten Sarmi melalui Kepala Bidang pengembangan sumber daya manusia Petronela Marwa menjelaskan bahwa peserta diklat diikuti oleh 3 kabupaten yang terdiri dari kabupaten mamberamo raya sebanyak 20 orang, kabupaten merauke 36 orang dan kabupaten mimika 5 orang, sementara peserta dari kabupaten sarmi berjumlah 91 orang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa diklat prajabatan ini bertujuan untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat.

Dengan diklat prajabatan tersebut diharapkan CPNS mampu menempatkan dirinya sebagai pelayanan masyarakat yang baik, dan dapat memahami wawasan kebangsaan sebagai dasar dalam menjalankan tugasnya ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sarmi Yosina T. Insyaf, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan, CPNS wajib mengikuti prajabatan dan lulus prajab untuk bisa diangkat menjadi PNS, artinya bahwa jika siswa mengikuti diklat dengan baik dan dinyatakan lulus, maka persyaratan untuk diangkat menjadi PNS terpenuhi, namun jika tidak lulus maka pengangkatan akan tertunda tentunya.

Wakil Bupati Yosina menambahkan, prajabatan ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, dan diharapakan peserta diklat dapat mengikuti dengan sungguh sungguh dan disiplin, bukan sekedar memenuhi syarat untuk menjadi PNS, tetapi lebih mengedapan hasil dan manfaat agar memenuhi standar dan kompetensi sebagai PNS.

Selain itu, CPNS harus selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan sikap yang baik untuk melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi etika profesi menajdi PNS yang mampu bekerja efektif, efisien, dan akuntabel serta dapat memberikan pelayanan dengan sebaik baiknya. (MC.Sarmi/SDR/Eyv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here