Wakil Bupati Sarmi Buka Bimtek Renstra

0
334

Sarmi, InfoPublik – Bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) OPD Tahun 2018-2022 Kabupaten Sarmi diselenggarakan di aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Bimtek yang akan berlangsung selama dua hari itu, dibuka oleh Wakil Bupati Sarmi Yosina T. Isnyaf, SE, MM, Jum’at (3/11).

Adapun tujuan dari Bimtek ini, menurut ketua panitia Frans Rumakiek, adalah untuk meningkatkan kapasitas tim penyusunan Rencana Strategis (Renstra) OPD di lingkup Kabupaten Sarmi.

Yaitu, yang sesuai dengan Permendagri Nomor 54 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah  Nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

“Serta, dapat menghasilkan rumusan renstra pada masing-masing OPD, sehingga manfaat pembangunan itu, benar benar menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat di kabupaten Sarmi,” ujarnya.

Acara yang digagas oleh Bappeda ini, diikuti oleh para pejabat baik dari eselon II, III dan IV di lingkup Pemda Kabupaten Sarmi.

Sementara narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Bidang Pengendalian dan evaluasi Edison Howay dan Kepala Sub Bidang Pelaporan Pembangunan Simon Kaigere dari Bappeda Provinsi Papua.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Yosina T. Isnyaf mengatakan, apalah artinya kita memiliki anggaran yang besar tetapi kita tidak memiliki target capaian dan rencana strategis yang jelas dalam melaksanakannya.

Karena itu kepada peserta bimtek agar kinerja dalam perencanaan pembangunan daerah dapat meningkat dengan memberikan kontribusi maksimal pada pencapaian Visi Misi Pemerintah Daerah, yakni “Kabupaten Sarmi yang mandiri dan bertartabat” .

Sementra itu, narasumber dari Bappeda Provinsi Papua Simon Kaigere menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untu memberikan pemahaman tentang sistem perencanaan daerah yang terintegrasi secara nasional.

Sehingga dapat menghasilkan aparatur yang mempunyai kompetensi dalam penyusunan perencanaan pembagunan daerah.

Selain itu, usai mengikuti kegiatan tersebut dapat memahami gambaran umum penyusunan, pengintegrasian, mampu mengimplementasikan serta mampu melakukan evaluasi dan pengendalian terhadap penyusunan Renstra OPD, sehingga dapat menentukan indikator kinerja dalam penyusunan target dan capaian pembangunan OPD  di Kabupaten Sarmi. (SDR/toeb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here