TASPEN HADIR DENGAN FORMAT BARU

0
297

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) terkait pelayanan ketaspenan sebelum memasuki masa pensiun, PT Taspen Cabang Jayapura gencar makakukan sosialisasi.

Kali ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menggelar sosialisasi dilingkungan Pemerintah Daerah Sarmi yang menghadirkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta staf, bahkan Bupati Sarmi Drs E. Fonataba.MM serta Plt Sekda, Drs Flavius Yaas pun ikut ambil bagian dalam hajatan tersebut.

Menurut pengakuan Kepala Cabang Taspen Jayapura, Mulat Budianto, bahwa layanan PT Taspen saat ini tidak lagi bersifat manual, namun sudah bisa diakses melalui media online, sehingga pihaknya turun lapangan memberikan penjelasan langsung kepada paserta taspen yang tidak lain adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Menyangkut data hak dan kewajiban  sebagai Peserta Program Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sama seperti jaman manual, namun dikonversi agar dapat diakses secara online” jelas Budianto diaula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Senin, (27/1).

Dia menyebutkan, bahwa  taspen dipercayakan pemerintah dalam menyimpan dan mengelola iuran yang disisikan pegawai setiap bulan, selama pegawai tersebut aktif hingga masa pensiun.

“Iuran tersebut pada akhirnya akan dikembalikan kepada penabung ketika pensiun berdasarkan masa kerja”

Termasuk didalamnya asuransi kecelakaan, kematian, pensiun janda, pensiun duda, pensiun anak dibawah 25 Tahun yang belum nikah, hinga menyediakan beasiswa bagi anak sekolah semua tingkatan” katanya.

Menurut Budianto, kedepan kepengurusan ketaspenan  tidak perlu ke kantor karena sudah ada taspen mobil yang dapat diakses secara online melalui bank terdekat seperti, BRI dan Bank BNI cabang sarmi. Bahkan jika membutuhkan penjelasan lasung konsultasi ke bank bersangkutan. (SDR/PIUS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here