SPJ Tertunggak Akan Disidangkan MPTGR Pemda Sarmi

0
178

Dalam rangka menuntaskan sejumlah tunggakan laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), Organisasi Perangkat daerah (OPD), yang belum sempat diselesaikan Inspektorat lantaran waktu pelaporan sudah tutup, maka digelar sidang Majelis Daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala INSPEKTORAT Kabupaten Sarmi, Engel Wayoi, menyikapi realisasi soal penginputan laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang belum dan sudah lakukan pihaknya.

“Kami bekerja keras mengcover berbagai SPJ dan puji Tuhan beberapa tahun sudah nihil. Namun  laporan tahun 2015 belum, karena kami tidak miliki data, sedangkan tahun 2018, 2019 diharapkan kerja sama OPD untuk dapat menyerahkan laporannya”, jelasnya.

Saat ini waktu pelaporan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah ditutup, sehingga tunggakan SPJ harus disidangkan melalui MPTGR” ujar Enggel, diaula BKPSDM, Senin, (9/3).

Hal senada ungkapkan Plt Sekretaris Daerah Sarmi, Drs Flavius Yaas. Dirinya menganjurkan bagi pimpinan OPD yang hingga saat ini masih terbengkalai dalam menyusun laporan, segera menyerahkan SPJ.

“Piutang daerah akibat dari kelalaian menbuat DPJ sampai saat ini cukup tinggi. Olehnya itu perlu diselesaikan agar kedepan tidak menjadi beban” pungkas Flavius.

Katanya, inspektorat tidak mungkin menindaklanjuti SPJ yang sudah terlambat, sehingga solusinya adalah melalui sidang majelis bentukan pemda yang diketuai oleh Sekda, beranggotakan beberapa pimpinan OPD, yaitu inspektur, Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA, Bapenda serta dinas lainnya.

Hasil keputusan majelis tersebut nantinya, oleh inspektorat dapat dilaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan. Dengan demikian diharapkan segenap OPD untuk mempertanggungjawabkan laporan masing – masing melalui sidang majelis daerah yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat. (SDR /PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here