Sekda Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Bagaiserwar II Sarmi

0
251

Pj.Sekretaris Daerah Sarmi, Elias Bakai, SE. Selasa, (11/8), secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung puskesmas, tepatnya di kampung bagaiserwar II Distrik Sobey.

Hajatan peletakan batu pertama tersebut mengawali proses pembangunan infrastruktur kesehatan permanen berukuran 24×44 meter, demi menjawab polemik kesehatan pada tiga distrik yaitu distrik sobey, distrik sarmi timur dan distrik muara tor

Gedung berlantai satu pada tapak kanan dengan nilai kontrak sekitar 8,5 milyard,  menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Zadrak Tewernnusa, merupakan program afirmasi kementerian kesehatan bagi pemerintah daerah tahun anggaran 2020 ini.

“Kita patut bersyukur karena kemurahan Tuhan pemerintah pusat melalui afirmasi Dana Alokasi Umum (DAU), sarmi dapat peluang kali ini. Semua adalah jawaban atas seluruh doa dan pergumulan seluruh komponen masyarakat yang selalu mendambakan pelayanan kesehatan secara baik”

Puskesmas ini nantinya menjadi rumah sakit inap, kecuali jika terindikasi penyakit khusus tertentu yang harus mendapat rujukan ke jayapura” ungkap dokter Zadrak.

Di katakannya, bahwa proses pembangunan dikerjakan PT Putra Membangun Jayapura, yang menurut rencana pekerjaan berjalan dalam jangka waktu 150 hari, dan diperkirakan mencapai 95% pada akhir bulan desember mendatang. Daerah pelayanan kesehatan masyarakat lanjut Zadrak, meliputi distrik sobey, sarmi timur dan muara tor.

Sementara itu, Penjabat Sekda, Elias Bakai,SE, disaat mencanangkan peletakan batu dasar bangunan, menghimbau kepada masyarakat, terutama marga Sosomar selaku pemilik hak ulayat agar menjamin keamanan serta keselamatan kerja selama proses pembangunan berlangsung.

“Fasilitas ini demi menjamin dan menjaga kesehatan kita bersama. Karena itu saya berharap dukungan semua pihak sehingga pekerjaan berjalan lancar tanpa gangguan. Jika terdapat masalah, baiknya didiskusikan dalam mengambil keputusan bersama secara kekeluargaan dengan damai” ujar Elias. SDR/PIUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here