Rencana Uji Coba Aplikasi SISKEUDES Dipulau Armo Tidak Direspon Ondoafi

0
164

Rencana uji coba Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), yang dicanangkan Satgas Renca Aksi Terintegrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sarmi, di Kampung Armo ditolak Ondwafi, Dominggus Esris.

Pasalnya ia bersama keluargnya tidak mengijinkan tanah yang diklaim sebagai hak ulayat dijadikan tempat uji coba SISKEUDES, bahkan mengancam akan membongkar satu unit rumah diatas area tersebut.

“Kami tidak izinkan melakukan aktifitas apapun diatas tanah ini. Dalam jangka waktu satu minggu lokasi ini harus dibersihkan” tegas Otto Esris, anak dari Bapak Ondwafi.

Hal itu mengecewakan Ketua Satgas Renaksi KPK, Yoganis Palege,S,Kom. Dia menyebutkan, bahwa dirinya berniat mengembangkan jaringan internet, sekaligus mengadakan pendampingan pengoperasian ablikasi SISKUEDES pada pulau terluar serta pesisiran sarmi.

“Siskuedes merupakan salah satu kelompok kerja Satgas Renaksi KPK yang rencananya dilakukan uji coba pada tiga kampung terluar, salah satunya Kampung¬† Armu, namun ternyata ditolak sehingga akan diarahkan ke kampung lain” ujar Yohanis.

Ketua Satgas Rencana Aksi Terintegrasi KPK yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pembinaan Masyarakat itu berinisiatif menerapkan kelebihannya di dunia IT dengan membangun infrasruktur berbasis internet pada daerah terluar, namun nampaknya sebagian masyarakat butuh pencerahan.

“Saya ingin membangun masyarakat sarmi mengikuti perkembangan zaman, tetapi tergantung respon masyarakat” tambahnya.

Dilain pihak, Kepala Kampung Armu, Noak Morsau mengaku menerima program pemerintah dalam mendekatkan fasilitas berbasis online dikampung.

“Pada prinsipnya kami mendukung program tersebut, agar kedepan dapat mengelola dana kampung secara baik dan benar” ucap Noak. (PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here