Putuskan Mata Rantai Covid19, Sopir Rental, Ojek dan Nelayan Dirapid Test

0
142

Sarmi – Guna memutus rantai penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19, Pemerintah Kabupaten Sarmi mewajibkan pedagang sayur keliling, tukang ojek, nelayan, dan sopir rental di Kabupaten Sarmi  menjalani rapid test atau test cepat  COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Z.A. Twernussa,Sp.B, disela-sela pelaksanaan rapid tes di Puskesmas Sarmi, Rabu (20/5), menjelaskan, bahwa pemeriksaan kali ini difokuskan pada 150 orang yang memang diketahui mempunyai tingkat aktivitas yang tinggi dengan masyarakat.

“Kemarin hari senin (18/5) tim telah melakukan pemeriksaan kepada 48 pedagang sayur dan hari ini ada 150 orang yang terdiri dari nelayan, tukang ojek dan sopir rental bahkan ada juga beberapa anggota kepolisian yang dirapid test”.

Menurutnya, mereka ini tidak masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) maupun orang dalam pemantauan (ODP), tapi aktivitas mereka tiap hari melakukan kontak langsung dengan masyarakat, sehingga wajib untuk dilakukan pemeriksaan atau test cepat covid-19.

Kalau mereka sehat, tentu dalam aktivitasnya pasti baik, lancar dan tidak menimbulkan rasa curiga terhadap sesama, katanya.

Sementara itu, Nurdin, salah satu sopir rental berterima kasih kepada tim kesehatan sarmi, dirinya mengaku mencari nafkah sebagai sopir sering mengantar, jemput penumpang baik dari sarmi – jayapura maupun sebaliknya tanpa mengetahui kondisi kesehatan masing – masing penumpang, sehingga menurutnya mudah terpapar corona virus.

“Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih dan berharap hasilnya baik sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasa tanpa saling curiga, jelas nurdin. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here