Pj. Sekda, Peningkatan SDM Ditiap Kampung Jadi Kunci Majukan Komoditi Lokal

0
152
Ilustrasi

Sarmi-Penjabat Sekretaris Daerah Sarmi, Elias Bakai,SE, dalam keterangannya mengatakan, bahwa salah satu program prioritas pemerintah daerah yang akan dilakukan kedepan adalah, meningkatkan komoditi- komoditi lokal masyarakat.

Menurutnya, kekayaan alam pada setiap kampung sangat menjanjikan, namun belum dikelola secara baik, sehingga kedepan pemerintah akan melakukan upaya-upaya penanganan terhadap sumber-sumber alam tersebut dengan menyiapkan tenaga terampil melalui proses pelatihan dalam meningkatkan komoditi lokal unggulan didaerah ini.

Pj. Sekterataris Daerah Kab. Sarmi

“Program prioritas ini bersama bupati telah ditetapkan, namun situasi saat ini sedang dilanda wabah covid-19, maka tidak berjalan sesuai rencana. Mudah- mudahan pendemi ini cepat berlalu agar kita dapat melaksanakannya.

Bukan hanya itu, ada sejumlah kegiatan yang terpaksa ditunda karena corona virus” ungkap Elias di ruang kerjanya, Kamis, (3/7)

Komoditi unggulan daerah kata Penjabat Sekretaris Daerah yang juga Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), terletak pada sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, pariwisata, perikanan dan kelautan.

“Potensi-potensi ini sudah ada serta dimiliki oleh masyarakat setiap kampung. Tinggal bagaimana pemerintah memfasilitasi para pemilik melalui pembinaan, pelatihan dan peningkatan sumberdaya manusia, untuk mengelolanya berdasarkan kondisi lingkungan masing – masing” pungkas Elias.

Menurutnya, potensi alam ini jika dikelola secara baik berdasarkan rujukan yang tepat, otomatis derajat ekonomi masyarakat akan semakin meningkat, sekaligus wacana mensejahterakan rakyat sarmi pasti tercapai. Untuk menggapai itu semua katanya, butuh dukungan serta kerja sama semua pihak. (PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here