Pendapatan Pajak Rumah Makan Meningkat 300 Persen Sejak Digunakan M-POS

0
296
Sekretaris Bependa Idris Hutabarat, SE, (Duduk), didampingi Ketua Satgas Jhon Palege, S.Kom (Batik Biru), bersama Kabid dan staf Bapenda melakukan Monev Pajak

Pemerintah Kabupaten Sarmi mengklaim sejak diterapkannya Perangkat Mobile Payment Online Sistem (MPOS) atau alat perekam transaksi online bagi pengusaha rumah makan, dan restoran, sejak awal bulan desember lalu pendapatan pajak disektor itu mengalami peningkatan.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sarmi, Idris Hutabarat, SE waktu ditemui saat melakukan monitoring dan Evaluasi (Monev) di salah satu cafe, Jumat (31/1) mengakui hal itu.

Kata dia, berdasarkan data yang ada sebelum menggunakan MPOS dan setelah menggunakan MPOS dari segi pendapatan mengalami peningkatan sampai 300 persen.

Dibandingkan, sebelumnya yang masih menggunakan sistem penetapan kantor official assesment yang hanya menetapkan besarannya berdasarkan hasil uji petik atau pendataan yang dilakukan oleh pihaknya.

“Setelah menggunakan MPOS berdasarkan hitungan rekaman transaksi online itu sudah bisa mencapai 300 persen peningkatannya,” ungkap Idris menyebutkan, padahal menurutnya pemasangan tahap pertama baru 5 perangkat”.

Idris menambahkan dengan adanya MPOS ini secara tidak langsung penerimaan pajak akan maksimal dan ini tidak merugikan pengusaha rumah makan, tetapi mereka juga turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Rencana Aksi KPK Yohanis W. Palege, S.Kom, yang juga ikut dalam kegiatan Monev mengaku gembira mendengar hasil tersebut.

“ini baru 5 alat yang dipasang, bagaimana kalau sudah terpasang disemua café dan rumah makan disarmi, pastinya hasilnya akan lebih mengejutkan lagi”, kata Jhon Palege.

Ini adalah bagian dari Rencana Aksi KPK yang dalam programnya adalah bagaimana mengoptimalisasikan pedapatan daerah dikabupaten sarmi, dan ini sudah kita lakukan, walaupun dilakukan diawal bulan desember kemarin, tapi hasilnya hari ini sangat luar biasa, katanya sambil tersenyum.

“Kami berharap kedepan nanti bisa memperoleh tambahan unit MPOS dari Bank Papua, karena MPOS ini sangat terbukti memberikan keuntungan atau manfaat yang baik bagi optimalisasi pendapatan pajak di Kabupaten Sarmi,” Kata Jhon Palege.  (SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here