Pemda Sarmi Lounching Aplikasi Kasda Online

0
382

Pemerintah Kabupaten Sarmi bekerja sama Bank Papua, melaunching Cash Management System (CMS) di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Siang, Jumat 21/9.

Tampak hadir dalam acara lounching tersebut, Para Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Sarmi, Pimpinan Bank BUMN dan BUMD serta para Undangan.

Direktur Kepatuhan Bank Papua, Jefri Sani, P.S menjelaskan bahwa CMS ini merupakan sebuah aplikasi keuangan untuk pemerintah daerah dan digunakan secara online berdasarkan struktur sistim yang dibangun.

Menurutnya CMS atau kasda online merupakan bagian dari fungsi kontrol dan aplikasi CMS ini akan memperlancar transaksi pencairan SP2D, mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari rekening kas umum daerah ke rekening tujuan yaitu rekening OPD dan pihak ketiga di bank dengan konsep real time online, jelas Jefri.

Sementara itu Wakil Bupati Sarmi Yosina T. Isnyaf, SE., MM menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bank Papua yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

Launching CMS ini adalah  untuk mengoptimalisasi proses pengeluaran keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel Pemerintah Daerah dapat mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien dan melayani, ujar Wakil Bupati Sarmi.

“selain itu juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta dapat menekan kesalahan dan penyalahgunaan dalam penerimaan dan pencairan kas daerah,”

Untuk itu, Yosina menegaskan kepada para bendahara dan pengelola keuangan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  kabupaten Sarmi dapat memahami sistem CMS.  “CMS ini sangat penting dalam menertibkan dan mengontrol mitigasi uang yang masuk dan keluar di kas daerah,” paparnya.

Kepada setiap Kepala OPD dan semua pengelola keuangan daerah di lingkungan pemkab Sarmi, diharapkan dapat untuk memacu diri menetapkan langkah demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, akurat, efisien dan akuntabel.

Kita berharap semakin meningkat kinerja dan kualitas pengelolaan keuangan maka akan semakin membaik daerah kabupaten Sarmi dimasa yang akan datang,”  tukasnya. (SDR)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here