Pemda Sarmi Alokasikan Dana 700 Juta untuk Pengadaan Beras Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

0
203

Pemerintah Daerah  Sarmi melalui Dinas Sosial, saat ini telah menyediakan anggaran sebesar Rp 700 juta yang nantinya digelontorkan untuk membelanjakan bahan makanan (beras) bagi masyarakat terdampak wabah corona virus.

Kepala Dinas Sosial, Benony Wofumilena mengatakan, bahwa dari anggaran Rp 700 juta tersebut nantinya digunakan dalam membiayai 20 hingga 30 ton beras dalam beberapa hari kedepan, khusus untuk masyarakat Kampung Nengke 1 yang memang diketahui sudah terdampak wabah covid-19. Bahkan menurutnya bantuan itu bukan hanya untuk distrik pantai timur barat saja, namun akan meluas ke semua distrik secara keseluruhan.

“Dari besaran anggaran 700 juta dengan 20-30 ton beras, kami coba maksimalkan agar dinaikan menjadi 40-50 ton dalam memenuhi bantuan makanan kepada masyarakat yang tentunya volumenya tidak sama antara daerah pantai timur dan diluar pantai timur”

“Menurutnya, apabila beras sudah tiba, langsung akan di bagikan keseluruh distrik, melalui kepala distrik dan kepala kampung. Besaran bantuan berkisar antara 10 Kg setiap kepala keluarga  jelas pejabat yang akrab disapa bung Benny saat di hubungi melalui aplikasi WhatsApp, Kamis, (23/4).

Bantuan bencana ini kata Benny, selain Pemda ada juga bantuan beras dari pemerintah pusat melalui kementerian sosial bagi seluruh kabupaten/kota, termasuk Kabupaten sarmi, yang diperuntukkan selama tiga bulan kepada 666 kepala keluarga.

“Kita di sarmi juga mendapat kuota bantuan dari pemerintah pusat, cuman yang menjadi kendala yaitu data penerima manfaat belum valid, sehingga para kepala distrik dimohon bantuannya agar segara memasukan daftar jumlah kepala keluarga serta jumlah jiwa di wilayah masing – masing, sehingga dari data di atas akan berubah, jelas benny.

Data tersebut harus segera dimasukkan dalam satu, dua hari kedepan sesuai nama dan alamat lengkap, baru bisa dilayani. Jika tidak, terpaksa ditunda sampai data benar – benar valid” ungkap Benny. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here