Para Kepala Kampung didorong memilih Program Kerja Prioritas Tahun 2020

0
182

Seluruh Kepala Kampung di Sarmi, melalui program Bursa Inovasi Desa, didorong untuk memilih satu dari tiga program yang disiapkan Kementerian Desa dan perumahan Rakyat, sebagai acuan kerja tahun mendatang.

Tiga item bursa inovasi desa itu kemudian oleh Dinas Pemberdayaan Kampung  sarmi, dipublikasikan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan bagi 92 kepala kampung, ketua  bamuskam serta para pendamping.

Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, M.M, dalam arahannya, diaula Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Senin, (2/12), mengatakan, bahwa proses pembangunan hingga saat ini belum merata diberbagai kampung.

“Tahapan pembangunan sejauh ini, masih belum baik dari beberapa kampung yang tentunya butuh dukungan berbagai pihak”

Hal itu terutama pada sejumlah kampung yang akses jalan tidak tersedia. Sehingga penyerapan dana desa butuh mekanisme tertentu agar kedepan berjalan dengan baik” ungkap Bupati.

Bupati Fonataba menghimbau para perangkat kampung dalam menyusun program mesti berdasarkan kemauan masyarakat, bukan atas keinginan sekelompok orang,  agar benar – benar menyentuh dan dapat dirasakan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung, Eduard Dimonmau,ST, mengatakan, bahwa Bursa inovasi Desa merupakan program pemerintah pusat melalui kementerian desa dan perumahan rakyat, yang bertujuan memberikan landasan kerja ditingkat pemerintahan kampung berdasarkan tiga program.

“Ada tiga program yang ditawarkan kepada masing – masing perangkat kampung, yaitu Bidang infrastruktur pedesaan, bidang sumber daya manusia, serta bidang ekonomi dan kewirausahaan” jelas Dimonmau.

Prosesi pelatihan lanjutnya, akan dilakukan simulasi menyangkut tahapan memilih program kerja yang ditentukan sesuai potensi daerah masing – masing.

Kepala Kampung Sawar, Flores Senis, ketika dikonfirmasi menyebutkan, bahwa dirinya mewakili masyarakat dapat memilih salah satu program kerja untuk menjawab kebutuhan mendasar kampung.

“Pastinya kami memilih program prioritas dalam rangka peningkatan pembangunan kampung kedepan” sahut Senis. (PIUS/SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here