OPD Harus  Mampu Susun LPPD Pola Baru

0
223
Bupati Sarmi E. Fonataba, MM sedang memberikan arahan saat sosialisasi LPPD Pola Baru

Dalam rangka memperketat pengawasan dan evaluasi kinerja pemerintah daerah, pemerintah pusat telah menetapkan peraturan baru, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Menindaklanjuti PP tersebut dilingkungan Pemda Sarmi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) mengadakan sosialisasi dengan menghadirkan Tim Pelaporan  Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Biro Tata Pemerintahan Provinsi Papua sebagai narasumber.

Bupati Sarmi, Drs E. Fonataba, MM, ketika membuka pelatihan bertajuk ” Penjelasan dan Bimtek LPPD pola baru sesuai PP 13 Tahun 2019, menekankan, bahwasanya laporan penyelenggaraan pemerintah daerah sarmi pada tahun sebelumnya mendapat predikat sangat rendah.

“Tahun-tahun  sebelumnya kita berada pada urutan 27  dari 29 kabupaten/kota se-provinsi papua dan di nanti ditahun 2018 naik menjadi peringkat 8, mengalahkan kota jayapura yang selama ini masuk dalam 10 besar se-provinsi papua”, Jelas Bupati Fonataba.

Hasil itu merupakan kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun setiap laporan secara akurat, semoga prestasi dapat dipertahankan” ujar Fonataba, diaula kantor bupati, Kamis, (21/11).

Sementara itu, Kasubag, Evaluasi Pelaporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Biro Tata Pemerintahan Provinsi Papua, Otniel Sasior,Sip.MAp, menjelaskan bahwa kebanyakan kabupaten tidak memiliki data yang baik, sehingga mengurangi penilaian yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Setidaknya ada empat poin dalam aturan tersebut yaitu, pertama LPPD dari Bupati melalui Gubernur kepada Menteri dalam Negeri, kedua LKPJ merupakan laporan Bupati kepada DPRD, ketiga RLPPD adalah ringkasan laporan untuk masyarakat dan keempat adalah EPPD Yaitu Evaluasi yang dilakukan pemerintah pusat bagi pemerintah pemerintah provinsi dan kabupaten kota” jelas Otniel.

Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat mendorong dan meningkatkan nilai kinerja pemerintah, sehingga penilaian ditahun mendatang dapat lebih optimal,” pungkasnya.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh kasubag program, kepala Bidang dan Sekretaris di lingkup OPD Kabupaten Sarmi. (PIUS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here