Menghindari Program Ditengah Jalan, Bappeda Ajak OPD Susun Renstra Dan Renja

0
54

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Sarmi, Drs Djefri Komaling, MPd, mengingatkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan penyusunan Rencana Strategi (Renstra) dan Renja, mulai sekarang agar tidak terkendala saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), tahun anggaran 2021 mendatang.

“Sementara melakukan kegiatan menurut DPA tahun ini, rekan – rekan juga harus memikirkan perencanaan pembangunan untuk tahun depan dari sekarang, agar tidak dikejar waktu saat musrembang” ujar Djefri, diaula BKPSDM, Senin, (3/2) saat apel pagi.

Dia menyampaikan pengalaman yang sering terjadi dalam Musrembang  beberapa tahun terakhir, dimana terdapat kekeliruan menyusun program dan kegiatan pada dokumen perencanaan yang kemudian sebagian dicoret pihaknya.

“Mulai tahun ini dan seterusnya kami tidak lagi toleransi terhadap kegiatan yang masuk tengah jalan. Artinya semua pekerjaan dijalan berdasarkan keputusan hasil musrembang”, tegas Djefrie.

Jika memang membutuhkan penjelasan, staf kami siap melakukan pendampingan, demi perubahan perilaku serta kerja kearah lebih baik kedepan” tambahnya.

Mendengar uraian tersebut, Bupati Sarmi, Drs. E. Fonataba. MM, langsung merespon seraya berkata, pengalaman seperti itu jangan terulang lagi.

“Bagaimana kita bicara perubahan kalau melaksanakan sesuatu diluar aturan. Oleh sebab itu Renstra dan Renja perlu di lakukan sebelum melangkah ketahapan selanjutnya” ungkap Bupati.

Bupati Fonataba tegas melarang berbagai kegiatan yang diusulkan pada pertengahan tahun anggaran diluar prosedur, dan mendorong integritas serta loyalitas kerja bagi seluruh bawahannya.(SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here