MELKIOR AWEMAN “9717 SURAT SUARA SALAH CETAK”

0
42

MELKIOR AWEMAN “9717 SURAT SUARA SALAH CETAK”

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarmi, Melkior Charles Aweman,S.Pdk, saat ditemui tim MC diruang kerjanya, Rabu 10/4 mengatakan, sebanyak 9717 surat suara untuk daerah pemilihan 3 pada pemilu tahun ini salah cetak.

“Terjadi kesalahan percetakan surat suara dari percetakan Makassar yang mana tidak sesuai dengan daftar pemilih. Ini sudah dilaporkan ke KPU Pusat dan menurut informasi akan dicetak ulang di Jakarta” ungkap Melkior.

Bukan itu saja, menurutnya ada kekurangan sejumlah surat suara yang perlu dilengkapi antara lain, 516 surat suara calon presiden dan wakil presiden, 804 surat suara calon DPRD Sarmi Dapil 1 serta 89 surat suara Dapil 2.

“Kekurangan surat suara segera dikirim, tim gabungan KPU, BAWASLU serta pihak keamanan sudah berangkat untuk mengawal pendistribusiannya dari Makassar”

Ketua KPU Sarmi yang baru dilantik tanggal 1 April itu menjelaskan bahwa, pihaknya sementara menyortir logistik pemilu yang ada sambil menunggu perbaikan dan kekurang yang sementara dalam proses. Ditambahkan, pendistribusian logistik ke PPD sampai TPS akan diprioritaskan ke daerah yang sulit di jangkau, seperti Apawer dan Tor Atas, menggunakan helikopter pada hari Sabtu 13 april. Sedangkan daerah lain disesuaikan hingga  H-2 nanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarmi pada pemilu kali ini  melibatkan 10 Distrik dengan 50 PPD, 264 PPS, 1278 KPPS, dan 1278 TPS. Jumlah pemilih tetap 26.996, dibagi dalam tiga daerah pemilihan.

Khusus pemilihan legislatif Kabupaten Sarmi, Kuota kursi anggota DPRD dapil 1, Distrik Sarmi dan Pulau Liki, Armo, 5 kursi, Dapil 2 distrik Sarmi Barat dan Sarmi Selatan 7 kursi serta Dapil 3 Distrik Pantai Timur, Pantai timur barat, Bonggo Timur, Bonggo dan Tor Atas 8 kursi dari total 20 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sarmi .(PIUS-YEFI-SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here