Beranda Tak Berkategori Majelis Rakyat Papua Bahas Hak OAP Dengan Bupati Sarmi

Majelis Rakyat Papua Bahas Hak OAP Dengan Bupati Sarmi

0
313

Sarmi, InfoPublik-Majelis Rakyat Papua (MRP) diharapkan dapat mengambil peran penting untuk bagaimana memberikan proteksi/ perlindungana secara baik terkait dengan hak-hak konstitusi masyarakat adat Papua atau orang asli Papua,” kata Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, MM diruang kerjanya, Senin (11/12).

“Hak-hak Orang Asli Papua (OAP) yang dimaksudkan seperti yang tertuang dalam tugas pokok dan fungsi MRP sebagaimana mengacu dalam UU Otsus Nomor 20 Tahun 2001,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan saat bertemu dengan 11 (sebelas) Anggota MRP yang melakukan Kunjungan Kerja perdana di Kabupaten Sarmi.

MRP terdiri atas tiga unsur yakni Unsur Agama, Unsur Adat dan Unsur Perempuan, dan kami semua yang hadir saat ini telah mewakili tiga unsur tersebut, ujar koordinator Tim kunker Yakonias Wabrar.

Menurutnya, setelah dari Kabupaten Sarmi masih ada  tiga kabupaten yang dikunjungi adalah Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Mimika.

Yakonias menjelaskan bahwa tujuan mereka datang ke Kabupaten Sarmi adalah memperkenalkan diri kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi serta melakukan diskusi terkait apa yang menjadi hak hak OAP secara khusus tentang hak hak Adat, Hak Perempuan  dan Agama dikabupaten sarmi.

Lebih lanjut, Yakonias menjelaskan bahwa secara umum bagaimana peran MRP untuk memberikan perlindungan kepada OAP, di bidang pendidikan dan kesehatan, OAP harus didukung, difasilitasi, terutama soal adat, perempuan dan agama, sehingga OAP dapat merasakan masa Otonomi Khusus (Otsus) ini dengan baik,” katanya.

Pad kesempatan yang sama, perwakilan dari perempuan Wilayah II untuk Kabupaten Mamberamo Raya dan Kabupaten Sarmi, Ibu Maria Rofek, mengatakan bahwa perempuan sarmi harus maju dan sejajar dengan perempuan perempuan yang lain, artinya bahwa jangan hanya tinggal dirumah saja, urus anak, urus suami dan tidak tau tentang perkembangan informasi sehingga kita perempuan papua dapat bodohi.

Menurutnya bahwa Wakil Bupati Sarmi adalah seorang perempuan Papua, yang berasal dari sarmi dan di seluruh papua hanya di Kabupaten Sarmi saja yang mempunyai seorang wakil perempuan ujarnya bangga.

Sudah tentu keberpihakan terhadap perempuan Papua khususnya di Sarmi akan lebih baik dan perempuan Sarmi dapat diberdayakan sehingga mereka mampu berdiri sendiri ditanah adatnya sesuai dengan visi kabupaten sarmi yaitu Mandiri dan Bermartabat.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo telah melantik 51 Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk periode 2017-2022 di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (20/11). (MC.Sarmi/SDR/Eyv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here