Lawan Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanggunalan COVID-19 Jaga Ketat Perbatasan Sarmi-Jayapura.

0
97

Ketua Posko Siaga, Gugusan Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Kornelis .Yan. Luwunaung,S,Ip.M.Si, mengatakan, semua orang yang hendak masuk ke wilayah sarmi wajib diperiksa suhu badannya untuk memastikan bebas dari virus corona.

“Untuk deteksi dini covid-19 di sarmi, kami telah bekerja sama dengan beberapa kepala Distrik, Koramil, Polsek dan Puskesmas di bonggo dalam membentuk posko pemeriksaan pada  perbatasan, tepatnya Puskesmas Towarim”, katanya.

Posko tersebut ditempatkan beberapa dokter, dengan alat pengukur suhu badan (Termometer) serta diawasi aparat distrik dan pihak keamanan” jelas Yan, di Kantor BPBD, Rabu (25/3).

Lebih lanjut kata ketua posko percepatan penanggulangan covid-19 yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bahwa proses pemeriksaan akan diperketat dan fokus pada masing – masing penumpang disetiap kendaraan yang melintasi daerah perbatasan jayapura – sarmi.

Selain sarana termometer menurut Yan, pihaknya juga menyiapkan pakaian pengaman mengantisipasi kemungkinan terdeteksi adanya pengidap corona virus. Sedangkan perlengkapan khusus tim pemeriksa belum ada.

“Yah kita berusaha kerja maksimal dengan peralatan apa adanya, yang penting aksi percepatan dalam mengantisipasi, jangan sampai ada oknum dari luar membawa malapetaka bagi masyarakat sarmi”, jelas Yan.

Poskonya kemarin baru dibentuk dan proses pemeriksaan sementara berjalan. Oleh sebab itu, ia berpesan kepada seluruh masayarakat sarmi, agar menyampaikan informasi yang benar, jangan malah menakuti masyarakat dengan berita yang tidak jelas sumbernya. Serta mencari informasi akurat dari pejabat berkompeten di daerah ini. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here