Beranda Tak Berkategori KPK RI Sosialisasi Pengenalan e-LHKPN kepada Pejabat se-Provinsi Papua

KPK RI Sosialisasi Pengenalan e-LHKPN kepada Pejabat se-Provinsi Papua

0
183

Sarmi, InfoPublik – Dalam rangka memudahkan dan meningkatkan keakuratan penyampaian laporan hasil kekayaan pejabat negara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selenggarakan sosialisasi tentang tata cara pelaporan melalui elektronik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (E-LHKPN) kepada para pejabat negara baik di eksekutif maupun legeslatif, se- Provinsi Papua Rabu (22/2)  di aula lantai III Dinas Kominfo Provinsi Papua.

Andhika Widiarto,  fungsional spesialis LHKPN, menjelaskan, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam  pelaporan LHKPN, pertama laporan khusus untuk pejabat yang baru pertama kali menjabat dan pensiunan dengan batas waktu tiga bulan, kedua laporan secara periodik untuk pejabat ketika menjabat atau sepanjang menjabat dengan sistim dengan sistim berkala setahun sekali.

Dijelaskan, untuk kabupaten/kota yang belum melakukan laporan harta kekayaan pejabat negara melalui aplikasi e-LHKPN, yang perlu diperhatikan adalah, masing masing kabupaten/kota wajib membuat regulasi tentang LHKPN, lalu membentuk unit pengelola laporan (UPL) yang didalamnya terdiri dari koordinator UPL (sekda, inspektorat)  dan admin isntasi dan admin kerja (kepegawaian).

“Dengan cara pelaporan melalui E-LHKPN ini akan semakin menunjang kepatuhan para penyelenggara negara dalam melaporkan kekayaannya”, dan sebagai upaya tindakan pencegahan serta lebih dari itu diharapkan kedepannya tidak ada lagi perilaku koruptif,” ujar spesialis LHKPN itu.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama dua hari  (20-21/2), dengan materi pengenalan dan praktek tatacara pemasukan harta kekayaan pejabat negara melalui aplikasi E-LHKPN. (SDR/Kus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here