Kejar Penilaian BPK, Engel Ajak OPD Kerjasama dalam penyusunan Laporan SPJ

0
385
Bupati Sarmi (kanan) dan Plt. Sekda F. Yaas (kiri) saat memimpin Apel Pagi

Kepala Inspektur Sarmi Engel E. Adresyathy Wayoi, S.IP., M.Si ketika diminta Bupati dalam menjelaskan sejauh mana proses pemeriksaan terhadap laporan pertangungjawaban setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mengaku membutuhkan kerja sama dari para pimpinan OPD.

“Kami merupakan perpanjangan tangan Bupati dalam mengawasi, mengontrol seluruh berbagai laporan pertanggungjawaban Organisasi Perangkat Daerah. Pekerjaan kami bukan untuk mencari – cari kesalahan” ungkap Engel, diaula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMI), Senin, (27/1).

Engel Wayoi yang baru dilantik sebagai kepala inspektur pada dua minggu lalu itu mengajak Semua Kepala OPD dan Bendahara untuk selalu berkoordinasi dengan ispektorat, hal ini bertujuan guna membantu dalam penyusunan laporan spj.

Menurutnya, bahwa setiap laporan yang hendak diajukan seharusnya laporan tersebut ada juga yang diserahkan ke inspektorat, sehingga data yang ada di keuangan dan data yang ada di inspektorat itu sama.

“seharusnya dalam 3 tahun ini sudah banyak penurunan terhadap laporan keuangan, tetapi karena ketidaksamaan data baik dari kasben maupun inspektorat maka ketika pemeriksaan data itu selalu muncul, karena tidak ada penghapusan dari inspektorat, hal itu yang mengakibatkan dalam beberapa tahun ini selalu mendapat penilain yang kurang baik dari BPK”, jelas Engel.

Oleh karena itu, saya  mohon kepada pimpinan OPD agar jangan menutup diri, untuk selalu berkoordinasi dengan inspektorat. harap Engel.

“Apa yang kami lakukan adalah hanya membantu tugas Bupati yang dialihkan sebagian tugasnya ke inspetorat, yaitu pembinaan dan pengawasan”.

Dia juga menyebutkan bahwa, dalam waktu dekat ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menurut rencana akan melakukan pemeriksaan Keuangan terhadap SPJ. Untuk itu pihaknya berupaya merampungkan seluruh laporan pertangungjawaban sesegera mungkin.

Hal senada di katakan Bupati Sarmi, Drs. E.  Fonataba.MM. Ia menghimbau setiap OPD bergerak cepat menuntaskan laporan pertanggungjawaban sebelum kedatangan tim BPK.

“Untuk menghindari masalah, kita harus menyelesaikan laporan berdasarkan kegiatan – kegiatan secara akurat agar bisa mendapat opini yang baik dari pemeriksa” ujar bupati.(SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here