KEDEPAN PENGAWASAN  PENGELOLAAN DANA KAMPUNG  DIPERKETAT

0
120

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat, Badan Pemantau Korupsi Penyelenggara Negara Kesatuan Republik Indonesia (DPP BPKP NKRI), Asraman,BES.IP,I,SH.MH, dalam arahannya pada pembukaan Bimbingan Teknis, Sistem Informasi Keuangan, diaula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Sarmi, Kamis (13/6) Mengatakan, bahwa kedepan pengelolaan dan pelaporan dana desa akan diawasi secara ketat.

Hal ini mendorong pihaknya  melakukan bimbingan teknis secara langsung kedaerah – daerah, terutama para kepala kampung tentang bagaimana pengelolaan sistem keuangan kampung yang baik.

“Untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindakan korupsi, kami telah bekerjasama dengan Kemendes dan Kemenkominfo untuk melakukan pendampingan langsung dilapangan. Agar aparat kampung dapat mengelola anggaran desa sebaik – baiknya” ujar Asraman.

Menurutnya, kedepan seluruh pengelolaan dan pelaporan keuangan kampung tidak lagi berbentuk manual, melainkan diproses secara online sehingga dapat diakses, dimonitor, sekaligus diawasi semua pihak, terutama KPK.

“Kami akan menyediakan format website bagi setiap kampung agar mempermudah pelaporan melalui server kominfo kabupaten” lanjutnya.

Untuk menunjang aktivitas pengelolaan keuangan kampung, pada kesempatan itu, seluruh kepala kampung serta pendamping difasilitasi dengan satu unit laptop, sekaligus dibimbing oleh instruktur menyangkut cara mengoperasikan berdasarkan aplikasi sistem informasi manajemen keuangan.

Seluruh kepala kampung sekabupaten Sarmi yang memenuhi aula BKPSDM itu merasa bangga dan bersyukur saat menerima fasilitas komputer tersebut.

“Kami pasti mengikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh demi menimbah ilmu sebagai bekal dalam pekerjaan kedepan” ucap Flores Senis Kepala Kampung Sawar.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Sarmi, Eduard Dimonmau,ST menjelaskan, Aparat Pemerintah dan masyarakat Kampung se-Kabupaten Sarmi memiliki semangat kerja dalam membangun daerah masing – masing, namun masih terkendala pada sistem administrasi dan manajemen.

Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang baik kepada seluruh aparat kampung sehingga  mempunyai kemampuan dalam melakukan pengelolaan manajemen keuangan kampung secara baik dan benar. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here