Kedepan Pemda Sarmi Akan Terapkan Absensi Digital

0
151

Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi rencananya secara bertahap akan menerapkan aplikasi absensi yang berbasis digital. Hal ini dilakukan karena sampai sekarang diindikasikan adanya sejumlah Pegawai yang tidak disiplin saat masuk kantor.

Pernyataan tersebut dikemukakan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pembinaan Masyatakat, Yohanis W. Palege,S,Kom, didampingi Kepala Dinas Kominfo, Zakarias Timbuat,SPd.,MSi, serta Kepala Bidang pengelolaan Komunikasi Publik, S. Derek dalam pertemuan kerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, diruang rapat Kominfo gunung merah sentani, Selasa, (21/5).

Staf ahli bupati yang juga Ketua Rencana Aksi Komisi Pemberantasan Korupsi itu mengatakan, bahwa penerapan absensi digital akan dimulai pada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia (BKPSDM), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA),  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Inspektorat.

Dijelaska

Kadis Kominfo Kab. Jayapura di dampingi Kabid dan Tenaga Ahli IT saat menerima kunjungan dari Kab. Sarmi

nnya, Absensi digital akan diarahkan pada lima OPD sebagai pilot project, agar bisa berfungsi tentunya butuh dukungan dari beberapa OPD seperti Badan Kepegawaian yang mempunyai data Pegawai, Badan Keuangan yang akan mempersiapkan anggarannya dan Bagian Orpad yang akan merumus materinya, serta Dinas kominfo yang akan mempersiapkan perangkat lunaknya, jelas Yohanis.

“Untuk Tambahan Penghasilan Pegawai Bersyarat (TPPB) diharapkan nanti di tahun depan, namun saat ini kita akan memulai dengan Beban Kerja yang sudah ada pada para pegawai, jika Pegawainya rajin maka akan ada reward/penghargaan dan bila tidak maka akan diberikan Punishment/hukuman”.

Untuk itu lanjutnya, kita akan menunggu Keputusan Kepala Daerah seperti apa, bila ini disetujui maka setelah libur hari raya nanti kita sudah bisa memulainya, ugkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si merespon baik usulan itu serta bersedia mendukung dengan menyiapkan sumberdaya manusia dalam merealisasikannya. Bahkan dirinya berjanji bersama merumuskan produk hukum Petaturan Bupati sebagai dasar hukum.

“Kami pasti akan membantu baik rancangan Perda maupun aplikasi yang berhubungan dengan absen digital. Penerapan absen itu dicoba kedisiplinan, selanjutkan pada penilaian melalui potongan atau penambahan upah bagi ASN yang malas dan rajin masuk kantor” katanya.

Ia juga mendorong sekaligus menyiapkan beberapa rancangan Perda antara lain, Perda Domain Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Perda Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Perda Smart City seperti yang sudah dilakukand Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kominfo Sarmi, Sakarias Timbuat,SPd.MSi dalam kesempatan itu berharap bantun Kominfo Jayapura agar kedepan setidaknya aktifitas berbasis TIK disarmi dapat setara dengan kabupaten jayapura.

“Kami sangat mengharapkan dukungannya, terutama rumusan regulasi agar kedepan aktifitas berjalan secara baik tanpa intervensi pihak lain” ucap Sakarias. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here