Kantongi Ijazah UNBK, Siswa SMP N I Sarmi diterima pada Sekolah Unggulan SMU Buper Jayapura

0
132

MararenaPelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer selain mempermudah para peserta, proses pemeriksaan serta penilaian, ternyata mengandung potensi tersendiri dalam memilih sekolah lanjutan berkompeten.

Seperti ungkapan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Sarmi, Ester Yabansabra.MPd disela-sela pelaksanaan simulasi persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP I Sarmi, Selasa, (3/3).

Kepala sekolah wanita berdarah sentani itu berujar, bahwa semenjak lembaga pendidikan yang di dipimpinnya menyelenggarakan ujian nasional secara online selama beberapa tahun berturut – turut, banyak siswa yang sudah melanjutkan studi ke sekolah unggulan di kota jayapura dan sekitarnya.

“Tahun pertama kami mengikuti UNBK ¬†dengan numpang pada SMU N I, namun dua tahun terakhir ini, kami menyelengarakan sendiri, berkat bantuan sarana fasilitas komputer dari kementerian maupun Pemda sarmi”

Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 23 unit komputer, sedangkan Pemda sarmi menyerahkan komputer 28 unit” Jelas Ester

51 sarana komputer dibandingkan dengan jumlah murid yang meningkat setiap tahunnya sebut Ester, sangat kurang, sehingga pihaknya menyiasati prosesi ujian menjadi tiga sesi, pagi, siang dan sore, sehingga dapat mencukupi banyaknya sisiwa.

“Tahun kemarin jumlah siswa 144, sedangkan tahun ini sebanyak 138 murid, sebab itu proses ujian nanti dibagi tiga tahap sesuai fasilitas pendukung yang ada” katanya

Kendati dengan 51 unit komputer tersebut tambah Ester, pihaknya sangat bersyukur lantaran sejumlah murid yang menyelesaikan study melalui ujian akhir UNBK, sudah diterima dan melanjutkan pendidikan pada beberapa sekolah unggulan di kota jayapura, salah satunya SMU Bumi Perkemahan (Buper) waena jayapura.

“Prinsip kami adalah ingin sama dengan sekolah lain, oleh sebab itu, apa yang ada pada kami digunakan sebaik mungkin dalam membentuk sumber daya manusia, anak – anak sami sebagai pemimpin kelak, dengan harapan semoga keterbatasan kami menyangkut fasilitas UNBK dapat dijawab petinggi daerah maupun pusat” tutur Ester. (PIUS/SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here