John Palege: Pihak ke Tiga Harus Terdaftar Melalui SIKaP

0
143

Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pembinaan Masyarakat, Yohanes Palege,S,Kom, mengatakan, bahwa proses pelelangan paket kegiatan OPD yang telah dimasukkan melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), bisa dilakukan pada bulan ini.

“Pelelangan sudah bisa dijalankan, namun harus diprioritaskan kapada kontraktor yang terdaftar melalui Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP). Diluar dari itu tidak diperbolehkan” tegas Pejabat yang akrap disapa bung Jhon itu, diaula BKPSDM, Senin, (16/3).

Disisi lain staf ahli yang juga Ketua Satgas Rencana Aksi Komisi Pemberantasan Korupsi itu menyebutkan, bahwa setiap pengadaan dilingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diwajibkan memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Jika tidak maka, menurutnya dapat ditangani langsung oleh pimpinan selaku Pengguna Anggaran (PA), sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),

“Untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah, proses pengadaan, baik lelang terbuka yang besarannya diatas 3 milyard, lelang terbatas, 2,5 milyard dan penunjukan langsung 1 milyard kebawah, harus berdasarkan mekanisme.

Pejabat pelaksana pengadaan mesti searah, baik itu PA maupun PPK sehingga pengajuan dokumenpun selaras dengan pelaksanaan kegiatan dilapangan” pungkas Palege.

Dalam menjawab persoalan sertifikasi pengadaan barang dan jasa lanjutnya; pihaknya mendatangkan para nara sumber dari jayapura untuk melakukan pelatihan sekaligus ujian bagi para pegawai di daerah ini.

Minggu ini akan digelar pelatihan materi selama tiga hari, selanjutnya pelaksanaan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa pada hari ke empat, jelasnya.

Hal itu terpaksa ditetapkan karena Pemda menghadapi keterbatasan anggaran, sementara soal kepemilikan sertifikasi sangat dibutuhkan saat ini. Dengan demikian diharapkan para pimpinan OPD dapat memfasilitasi dua orang staf untuk mengikuti hajatan dimaksud” sahut Jhon.(SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here