Jhon Palege Mendorong Semua OPD Melakukan Pelelangan Melalui LPSE

0
199

Ketua Satuan Tugas Rencana Aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (Satgas Renaksi KPK), Yohanes W. Palege,S,Kom, pada apel pagi diaula BKPSDM, Senin, (3/2), menyatakan, bahwa tahun ini semua pekerjaan berbentuk swakelola ditiadakan.

“Mulai Tahun ini dan seterusnya berbagai proyek dalam bentuk swakelola tidak diterima lagi. Namun Semua harus melalui proses pelelangan maupun penunjukan langsung”, katanya.

Saat ini kita berupaya mengarahkan seluruh aktivitas pemerintah daerah selaras dengan peraturan yang berlaku” ungkap pria yg biasa di sapa Jhon Palege itu.

Ketua Satgas Renaksi KPK yang juga staf ahli bupati bidang politik, hukum dan pembinaan masyarakat itu mendorong segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), segera melakukan penginputan data paket kegiatan berdasarkan mekanisme.

Selanjutnya melalui bagian pengadaan barang dan jasa dikonversi kedalam layanan pengadaan secara elektronik ( LPSE).

“Untuk menekan masalah yang terjadi tahun – tahun sebelumnya, semua paket kegiatan OPD diharuskan mengikuti tahapan mekanisme yang berlaku, hingga proses pelelangan atau penunjukan langsung melalui LPSE. Ketentuan besaran pelelangan kegiatan diatas satu milyard rupiah sedangkan penunjukan lansung berkisar antara satu milyard rupiah kebawah”, jelasnya.

“Kami Satgas RENAKSI¬† hari – hari ini sedang berupaya mengawasi sekaligus melakukan pendampingan, bimbingan dan pembinaan bagi OPD sesuai 8 pokja, salah satunya BPBJ serta LPSE, dengan satu tujuan yaitu mencapai sarmi mandiri dan bermartabat” jelas Palege.

Sementara itu Bupati Drs E. Fonataba.MM, dikesempatan yang sama menghimbau kepada seluruh OPD agar melakukan penginputan paket kegiatan sesuai jalurnya.

“Saat ini aturan sangat ketat, oleh sebab itu bekerjalah berdasarkan aturan agar terhindar dari kemungkinan terjadinya penyelewengan yang pada akhirnya terjerat hukum”

Tentunya semua pasti menginginkan yang terbaik bagi negeri ini, namun seringkali pencobaan datang membuat kita jatuh. Doa itu sangat penting dalam menjauhkan kita dari pencobaan, sehingga perlu berdoa kepada Tuhan selagi masih hidup” ujar Bupati Fonataba. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here