Inspektur Sarmi Anjurkan OPD Kerja Sesuai DPA

0
252

Kepala Inspektorat Sarmi, Engel Wayoi mengatakan, bahwa untuk menghindari masalah saat menyusun Surat Pertangungjawaban (SPJ), hendaknya Organisasi Perangkat Daearah (OPD) melaksanakan seluruh kegiatan dinas berdasarkan catatan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Pernyataan itu disampaikan karena menurutnya beberapa tahun terakhir ini, terdapat beberapa OPD yang terbengkalai dalam menyusun laporan SPJ.

“Kenyataan yang sedang terjadi hari ini, ada OPD tertentu mudah menghabiskan uang tetapi susah membuat laporan. Kenapa ? Karena ternyata realisasi program tidak semuanya sesuai DPA”

Perilaku demikian harus dirubah kalau ingin daerah ini berkembang maju, jelas Engel, ketika menghadiri ibadah syukur lepas tahun 2019 dan sambut tahun 2020 sekaligus penyerahan DPA dari pejabat eselon II kepada eselon III dan eselon IV, dilingkungan dinas sosial, Selasa, (4/2).

Ditambahkannya, bahwa Badan Pemerika Keuangan ( BPK) pada bulan februari tengah melakukan pemeriksaan, sementara beberapa instansi belum melengkapi laporan fisik SPJ.

“Yang dikhawatirkan, jangan sampai tim pemeriksa meninjau secara detail maka pasti ditemukan kekurangan tersebut, dengan demikian butuh keseriusan dalam mempertanggungjawabkan apa yang dikerjakan”, ungkapnya.

Untuk menghindari hal seperti itu, mulai tahun ini dan kedepan OPD mesti menjalankan tugas dengan berpatokan pada DPA. Tidak diperkenankan, menambah, mengurangi atau menganti sesuatu diluar DPA.

Sementara itu. Ditempat yang sama kepala dinas soial Benony .R. Wafumilina,S,Sos.,Msi merespon baik apa yang disampaikan oleh inspektur sarmi itu.

“sebagai salah satu lembaga pemerintah yang tugas pokoknya berorientasi langsung kepada masyarakat, pada prinsipnya akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab berdasarkan aturan”, jelasnya.

Ditambahkannya, kami akui memang dalam pelayanan sebelumya kepada masih terdapat kekurangan untuk itu akan dibenahi sehingga kedepan menjadi lebih baik, katanya. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here