GUBERNUR PAPUA DORONG PERANGKAT HUKUM PROVINSI DAN KAB/KOTA HASILKAN PRODUK HUKUM PRO RAKYAT

0
68

Gubernur Papua Lukas Enembe,Sip.MH, dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sarmi Drs Eduard Fonataba.MM, pada pembukaan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bidang Hukum seprovinsi papua, mendorong adanya produk hukum yang memihak kepada kepentingan masyarakat.

“Forum ini akan membicarakan tentang visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur di bidang hukum yang telah terimplementasi, karena itu saya berharap saudara – saudara selaku aparatur sipil negara bertanggungjawab untuk menghadirkan hukum dan keadilan yang memihak kepada kepentingan rakyat”

Serta membicarakan hal – hal menyangkut kepastian hukum untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan masyarakat”  ungkap Bupati Sarmi mengutip sambutan Gubernur Enembe, di Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Rabu, (23/10).

Di jelaskan, bahwa bidang hukum mengandung makna strategis dalam meletakkan dasar yuridis kuat untuk menjalankan kebijakan pemerintah daerah, demi menghadirkan keadilan sosial bagi masyarakat terutama keberpihakan terhadap orang asli papua.

Selain itu perangkat hukum baik tingkat provinsi maupun kabupaten /kota diminta menata kebutuhan legislasi dan regulasi untuk mendukung kebijakan daerah serta isu-isu hukum dari pemerintah pusat.

Orang nomor satu papua, tegaskan dua produk hukum yaitu, Rancangan Perdasus tentang hak ulayat masyarakat hukum adat dan hak perseorangan warga masyarakat atas tanah, Rancangan Perdasi tentang penyelenggaraan bantuan hukum bagi masyarakat miskin di papua.

Begitu pula dengan Implementasi larangan minuman keras, kata Gubernur, pihaknya tetap konsisten terhadap kebijakan larangan produksi, penjualan dan peredaran minuman beralkohol secara komperhensif diwilayah provinsi hingga kabupaten/kota.

Pernyataan yang sama dikemukaan Kepala Biro Hukum Satda Papua, Y Derek Hegemur,SH.MH. Dia mengatakan, bahwa menyelenggaraan forum SKPD bertujuan menghadirkan seluruh kepala bagian biro hukum provinsi dan kepala bagian hukum kabupaten/kota agar menyamakan persepsi dan wawasan dalam merumuskan produk hukum berkualitas demi kepentingan masa depan dearah.

“Melalui rapat ini diharapkan menghasilkan berbagai aturan sebagai dasar untuk menjalankan aktifitas baik pemerintah maupun masyarakat” pungkas Hegemur.

Turut hadir pada hajatan tersebut, Plh Sekretaris Daerah sarmi, Drs Flavius Yaas, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dandim 1712 sarmi, Letkol. Inf. Lambert J Mailoa,SE dan Kapolres sarmi, AKBP Paul Izak sokoli. (PIUS/SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here