FESTUS “KAMI KOMITMEN BENAHI KAMPUNG LIKI”

0
37

Kepala Kampung Liki, Festus Teno menyatakan berkomitmen bersama masyarakat, ke depan membenahi berbagai potensi alam pulau Liki.

Pernyataan itu diungkapkan saat kunjungan kapal pesiar yang mengangkut 52 orang turis dari 7 negara ke pulau Liki, kamis, (10/10).

“Tahun depan saya akan mengajukan alokasi anggaran melalui dana desa untuk membenahi beberapa potensi yang perlu kelola” jelas Festus.

Komitmen tersebut didorong oleh masukan dari direktur perusahaan Heritage Expedition spirit of Enderby, salah satu perusahaan jasa turis Rusia, Prof Aaron Russ

Aaron Russ menghimbau agar keindahan pulau Liki harus dijaga sealami mungkin tanpa dirusak atau dicemari akibat pembangunan berbagai infrastruktur.

“Saya melihat ada sedikit kerusakan lingkungan akibat pembangunan rumah serta fasilitas lain yang membuat sejumlah pohon ditebas”

Apa lagi pinggiran pantai lambat laun terjadi abrasi” kata Aaron.

Menyikapi sindiran orang bule itu, pemimpin kampung liki Festus Teno mengaku siap menyesuaikan program berdasarkan pagu dana pada tahun depan.

“Demi menarik minat para wisatawan domestik maupun manca negara kami harus mengikuti perkembangan”

Beberapa titik yang ditanggulangi yaitu reboisasi baik darat dan garis pantai, penanaman terumbu karang serta pemeliharaan hutan dan hewan liar” pungkasnya.

Selain itu lanjut Teno, dirinya ingin membentuk suatu sanggar yang mengelolah tarian serta budaya lokal Sarmi demi melengkapi destinasi wisata didaerah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here