DPRD Sarmi : Tentang Surat Aktif Wakil Bupati Sarmi Kami Akan Konsultasi dengan Pihak Kemendagri

0
203

Sarmi –  puluhan warga Sarmi melakukan Aksi Demo Damai meminta pengaktifan kembali Wakil Bupati Sarmi Non Aktif Yosina T. Insyaf, Kota baru petam (10/2)

Efer Dimonmau sebagai koordinator demo, dalam orasinya meminta kepada pihak eksekutif agar dapat meneruskan aspirasi masyarakat yaitu menindaklanjuti surat dari Kementerian Dalam Negeri tentang Pengaktifan kembali Wakil Bupati Sarmi itu.

“Lembaga ini merupakan representasi rakyat karenanya, semua aspirasi pada prinsipnya kami sampaikan dan untuk kemudian diproses sesuai prosedur”, katanya dihadapan para wakil rakyat itu.

Menjawab tuntutan tersebut, para wakil rakyat  berjanji akan berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat soal legalitas surat tersebut.

“Menyangkut adanya surat dari Kementerian Dalam Negeri yang diisukan, bahwa memerintahkan Gubernur Papua untuk segera mengaktifkan kembali Wakil Bupati Sarmi, akan dipastikan kebenarannya ke pemerintah pusat melalui Kemendagri” jelas Ketua Komisi A, Albert Niniwen, di kantor halaman DPRD Sarmi, saat menjumpai pendemo.

Sayangnya, saat diminta bukti tuntutan berupa dokumen surat itu dari para pendemo, ternyata tidak di miliki. Sementara pihak DPRD sudah mengantongi surat pemberhentian sementara dan surat pemberhentian tetap dari Kementerian Dalam Negeri untuk Wakil Bupati Sarmi.

“ia kedua surat itu sudah ada pada kami, yaitu surat pemberhentian sementara dan surat pemberhentian tetap, kalau memang sudah ada surat pengaktifan  kembali dari kementerian dalam negeri pasti kami terima juga,  Kata Niniwen,

Meski demikian, para wakil rakyat itu bersedia melakukan konsultasi untuk memastikan kebenaran selebaran surat berdasarkan prosedur yang berlaku. Legal atau ilegal surat tersebut kita akan buktikan dan berpedoman pada aturan” tambah Niniwen. (PIUS/OSHEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here