Dishub Sarmi Serahkan 5 Unit Mini Bus kapada Perum Dambri

0
502
Penandatanganan Kesepakatan dengan Pihak Damri

Sarmi – Dinas Perhubungan Kabupaten Sarmi menyerahkan 5 unit kendaraan minibus jenis Elf  dan  bantuan subsidi dalam bentuk dana BBM kepada Perusahaan Umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum DAMBRI) Cabang Sarmi.

Penyerahan tersebut diserahkan dalam bentuk Kerjasama yang ditandatangi  oleh Kepala Dinas Perbuhungan Andarias Twenty, SE., M.Si kepda General Manager Cabang Sarmi Ahmad Supriyadi, S.Sos., MAP diaula gedung Dinas Perhubungan, disaksikan Oleh Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, MM, Kapolres Sarmi AKBP Hapry Landjun, S. Sos., MM., Kasdim 1712/Sarmi  Mayor Inf. Irianto Keliopas Yandewoa, Area Manager Regional IV Perum Damri Durosid, SE., MM, Jumat (6/12).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Fonataba mengatakan, bantuan kendaraan ini diserahkan dengan tujuan, agar kedepan pelayanan  masyarakat dari kampung ke kota, terutama aktifitas jual beli dipasar berjalan lancar.

“saya berharap dengan adanya bus ini, dapat menjangkau kampung-kampung yang ada disarmi, sehingga masyarakat dapat meningkatkan aktifitas mereka, khusunya aktifias jual beli dari kampung ke kota”.

Bupati Sarmi didampingi Kapolres Sarmi, Kasdim 1712/Sarmi, Area Manager Wil IV dan GM Cabang Sarmi saat mengecek kelengkapan Bus

Selain penyediaan sarana transportasi lanjut Bupati, infrastruktur jalan dan jembatan menuju kampung di Distrik Tor Atas serta beberapa kampung lain sedang diupayakan, saat ini sedang dilakukan penimbunan jalan, sehingga nantinya akan memudahkan arus transportasi, jelasnya.

Dikesempatan yang saya  Area Manager Regional IV Perum Damri Durosid, SE., MM, Kami sangat berterimakasih kapada Bapak Bupati yang mana, selama beberapa tahun terakhir begitu peduli terhadap pelayanan transportsi umum.

“Sampai saat ini pihak pemda sudah menyerahkan mini bus jenis ELF sebanyak 16 unit, dan hari ini kita mendapatkan tambahan 5 unit lagi, yang kesemuanya diperuntukan untuk layanan transportasi umum untuk warga masyarakat”, ujarnya.

Tambahan lima unit ini menurut rencana, akan dioperasikan ke kampung Konderjan, Omte dan wamariri. Walau menurutnya jalan ke tiga kampung ini masih dalam penimbunan, tapi dalam waktu dekat ini sudah bisa di lewati, oleh karena itu kendaraan ini sudah siap akan di operasikan ke 3 kampung tersebut Jelas Supriyadi.

“Hampir semua daerah dikampung yang ada disarmi sudah bisa dilayani oleh pihak dambri melalui minubus, itu karena ada bantuan Subsidi BBM dari Pemda Sarmi”.

Menurutnya kalo tidak ada subsidi BBM pihak Damri tidak mampu mengoperasikannya, sebab trayek yang ke kampung ini adalah no faktur atau hanya mampu melayani sekitar 30-40% , untuk bisa mencapai 100%  maka ditopang dengan dana BBM ini sehinga pelayanan bisa maksimal dalam pelayanan ke masyarakat, jelasnya GM Dambri cabang sarmi itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sarmi, A. Twenty, SE., M.Si berharap bahwa dengan adanya kesepakatan ini, pihak Damri dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat, baik yang dari kampung ke kota sarmi, maupun dari sarmi ke jayapura.

“saat ini sedang dibangun terminal di kampung arare, diharapkan tahun 2020 sudah bisa digunakan, sehingga semua pelayanan transportasi baik dari sarmi ke jayapura, jayapura ke sarmi atau ke kampung-kampung semuanya terpusat di arare”. Jelas Andi.

Untuk itu, mimpi kita untuk menjangkau kampung-kampung dengan sarana transpotasi darat secara bertahap dan berlanjut akan terwujud. (PIUS/SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here