Dinas PU-PR Sarmi  berinovasi membuat Aplikasi “Pace Dia pu Sarmi”

0
264
Kabid Cipta Karya Yohanis C. Woytila, S.T

Guna merangkum seluruh data pembangunan infrastruktur dilingkungan pemerintah daerah sarmi dalam rangka proses penataan ruang yang baik dan efisien, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Sarmi kedepan terapkan Aplikasi “pace dia pu sarmi” ( paket cepat sedia data sarmi).

Aplikasi “pace dia pu sarmi” merupakan inovasi seorang reformer, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum,  Yohanis Carol Woytila,ST, melalui proyek perubahan setelah menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional.

“Inspirasi melakukan proyek perubahan berupa aplikasi ini berawal dari data yang selalu hilang, akibat diproses melalui beberapa instansi. Selain itu ketika staf yang menangani data dimutasikan, maka datanya pun ikut dimutasikan” ungkap Yohanis, diaula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM), Senin (2/12).

Dirinya menyebutkan, aplikasi ini adalah bagian dari program nasional tentang satu data seindonesia, lembaga teknis penataan ruang turut menyiapkan suatu media dalam merangkum seluruh data terpadu ditingkat daerah, khususnya di kabupaten sarmi.

Dengan demikian, aplikasi “pace dia pu sarmi” ini diharapakan kedepan akan menjadi media data base dan dapat dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan data tentang tata ruang, jelasnya.

Orientasi penataan ruang disarmi menurut Yohanis, juga ditangani oleh Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD), berkedudukan di BAPPEDA, sehingga kedua lembaga tersebut membina kerjasama dalam melaksanakan tugas.

Hal senada dikatakan Fras Rumakeik, dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). Frans berpendapat, bahwa kedepan tupoksi penataan ruang akan dilimpahkan ke Dinas PU.

“Pembentukan BKPRD sejak tahun 2016 dengan tujuan, melaksanakan penataan ruang yang orientasinya sama dengan penataan ruang DPU”

rencananya kedepan BKPRD dapat menyerahkan aktifitas penataan ruang kepada instansi teknis, sehingga akses data bisa terpadu” pangkas Frans. (PIUS/SDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here