Dinas Dukcapil Sarmi Lakukan Perekaman KIA Usai Lebaran

0
204

Sarmi, InfoPublik -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarmi Provinsi Papua akan melakukan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) setelah Lebaran 2018. KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

“Kami akan membagikan formulir ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Sarmi, tujuannya selain melakukan pendataan kepada anak-anak ini, juga sekaligus kita akan mengetahui anak-anak mana saja yang belum memiliki akta karena ini merupakan satu paket,” jelas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sarmi Marcellus Imbiri, Jumat (18/5/2018)

Dengan demikian, tambah Marcellus, masyarakat pemohon dalam sekali pengurusan akan mendapatkan tiga dokumen, yaitu KIA, Akta kelahiran dan Kartu Keluarga yang baru karena perubahan akibat penambahan anggota keluarga (anak).

“Harapan ada kerja sama dari semua pihak sehingga semuanya dapat berjalan sesuai dengan harapan,” kata Marcellus.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan Informasi Kependudukan Dinas Dukcapil Ronal Irfak, menurutnya peneribtan KIA ini sangat bermanfaat, diantaranya akan mendorong peningkatan perlindungan dan pelayanan publik, khususnya bagi anak.

KIA sangat berpengaruh pada penertiban administrasi kependudukan bagi anggota keluarga yang lain, terutama identitas kedua orang tuanya. “Bagi pemerintah penertiban KIA akan mendukung terwujudnya tertib pendataan dan penunggalan terhadap identitas anak itu sendiri,” jelas Irfak.

Lebih lanjut dijelaskan ini bahwa ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Oleh karena itu secara bertahap dan berlanjut Dinas DUKCAPIL Kabupaten Sarmi akan terus memberikan penjelasan kepada masyarakat sampai ke sekolah sekolah. (SDR/Vira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here