Bupati Sarmi Resmikan 616 Anggota BAMUSKAM Secara Virtual

0
184

Sarmi – Bertempat di Ruang Rapat Bupati Sarmi, Bupati Sarmi Drs. E Fonataba, M.M meresmikan  sebanyak 616 orang Anggota Bamuskam Periode 2021 – 2027 yang tersebar di 88 Kampung di wilayah Kabupaten Sarmi, Senin (20/12).

Anggota Bamuskam  yang diresmikan menempati posisi terpisah di 4 (empat) titik. Titik pertama menempati Aula BPKAD Kabupaten Sarmi yang meliputi wilayah Distrik Apawer Hulu, Apawer Tengah, Apawer Hilir , Pantai Barat, Verkam, Sarmi dan Sarmi Selatan. Titik Kedua menempati lokasi Angkatan Laut di Holmafen, yang meliputi wilayah Distrik Sobey, Sarmi Timur, Muara Tor, Ismari, dan Tor Atas. Titik Ketiga menempati SMA Negeri 3 Sarmi di Dabe yang meliputi wilayah Distrik Fee’en, Sarmi Timur Tengah, Pantai Timur Barat, Pantai Timur dan Sungai Biri. Dan yang terakhir titik keempat menempati Aula Distrik Bonggo, yang meliputi Distrik Bonggo Barat, Bonggo, Bonggo Timur, dan Bonggo Timur Jauh.

Peresmian diawali dengan Doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan membacakan Surat Keputusan Bupati Sarmi Nomor 188.4/339/Tahun 2021 Tentang Peresmian Pemberhentian Keanggota Bamuskam dan Peresmian Pengangkatan Keanggotaan Bamuskam Periode 2021-2027 di Kabupaten Sarmi serta dilanjutkan dengan  pengambilan sumpah dan janji  terhadap 616 Anggota Bamuskam yang baru oleh Bupati Sarmi.

Dalam sambutannya Bupati Sarmi menyampaikan bahwa peresmian Anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam),  merupakan sejarah baru, dimana Anggota Bamuskam yang ada sejak kabupaten ini terbentuk baru pertama kali dilaksanakan pemilihan secara langsung oleh kelompok – kelompok masyarakat di kampung – kampung sesuai dengan peraturan yang berlaku seturut Undang – undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Aturan Pelaksanaannya. Ditambahkan pula bahwa  masa jabatan Anggota Bamuskam adalah 6 (enam) tahun, terhitung sejak pengambilan sumpah dan janji hari ini tanggal 20 Desember 2021 dan berakhir pada tanggal 20 Desember 2027 dan selanjutnya dapat dilakukan pemilihan kembali. Bupati Sarmi juga berharap agar Anggota Bamuskam yang baru dapat menjalankan tugasnya, harus dapat melayani masyarakat secara baik   dan bertanggung jawab atas tugas yang diembannya.

Kemudian ditempat terpisah Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Sarmi, Eduward P. Dimomonmau, ST, M.KP dengan rinci menjelaskan alasan kegiatan ini dilakukan semata-mata pertimbangan jarak yang jauh antara  beberapa distrik dan ibu kota kabupaten dan juga tempat atau gedung yang digunakan volume dan daya tampungnya sangat terbatas.

Ditambahkan pula bahwa mereka yang diresmikan hari ini adalah merupakan hasil pemilihan Anggota Bamuskam yang dilakukan secara serentak pada tanggal 7 November 2021  berdasarkan Peraturan Bupati Sarmi Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pemilihan Dan Pemberhentian Badan Musyawarah Kampung.  Pemilihan berhasil dilakukan secara demokratis melalui musyawarah perwakilan wilayah dan perwakilan perempuan dengan menetapkan keanggotan Bamuskam sebanyak 7 orang untuk setiap kampung, dengan posisi keangotaan 6 orang dari perwakilan wilayah dan 1 orang mengisi keterwakilan perempuan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sarmi, Jumriati, S.H,Dandim 1712/Sarmi, Letkol. Inf. Rizky Marlon, S.I.P, Wakapolres Sarmi, Kompol. Abd. Rahman, Wakil Bupati Sarmi, Leonard J. Sawerdani, Rohaniawan, Kepala Distrik, Kepala Kampung dan sejumlah pejabat yang hadir. (SY/YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here