Bupati Sarmi : Pentingnya Tentukan Batas Wilayah

0
183

Sarmi, InfoPublik – Kepala Distrik harus dapat memberikan penjelasan tentang Dana Kampung dan Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Kampung (TPAPK) kepada aparat kampung dan masyarakat di wilayah kerjanya.

Tujuannya adalah bagaimana dalam pengelolaan anggaran dana kampung harus jelas dan transparan, untuk itu diperlukan kerja sama dan menjalin hubungan yang baik dalam segala aspek, hal ini bertujuan untuk terlaksananya pemerataan pembangunan di tingkat kampung dan mengantisipasi penyelewengan anggaran dana Kampung ujar Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, MM saat menggelar menggelar Rapat bersama dengan seluruh Kepala Distrik se-Sarmi bertempat dilantai II ruang rapat Bupati Sarmi (22/3).

Selain itu juga Bupati Fonataba menginginkan agar setiap Distrik melakukan pendataan tentang batas Distrik harus berdasarkan batas geografis dan batas astronomis termasuk di dalamnya potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA). Sehingga tergambar dalam monografi distrik dan kampung.

Batas-batas wilayah yang dimaksud adalah terdiri atas batas alam dan batas buatan. Batas alam misalnya sungai, gunung, atau jalan Kampung lainnya. Sementara batas buatan, misalnya gapura dan tugu. Selain itu juga harus mengetahui berapa Jumlah kampungnya, berapa jumlah aparat kampung, dari masing-masing distrik, sehingga mempunyai data yang valid, ujar Bupati Fonataba.

Lebih lanjut Bupati Fonataba mengingatkan bahwa setiap gedung kantor Distrik yang rusak atau memiliki kekurangan kelengkapan agar dilakukan perbaikan dan pengadaan barang sesuai dengan kebutuhan yang dibiayai dengan dana Distrik yang tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Begitupula dengan hal perijininan Kepala Distrik dapat memberikan perijinan dan mempunyai wewenang dalam penataan wilayah ibu kota distrik. (MC.Sarmi/SDR/Eyv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here