Bupati Sarmi Buka Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi MR

0
415

Sarmi, InfoPublik – Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, MM membuka kegiatan advokasi dan sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Sarmi, yang berlangsung di aula Badan Kepegawaian Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rabu (30/5).

Bupati Sarmi menyampaikan, kegiatan advokasi dan sosialisasi imunisasi measles rubella merupakan langkah positif dalam upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang vaksin baru measles rubella (MR).

“Tujuannya agar program pemerintah sukses sampai ke masyarakat. Sehingga semua anak di Sarmi mendapat manfaat imunisasi dan ini harus menjadi tugas semua pihak baik Pemerintah melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas, Posyandu bekerjasama dengan tokoh agama, tokoh adat serta tim penggerak PKK di setiap tingkatan untuk dapat menyampaikan secara baik dan benar mengenai kandungan vaksin, dampak maupun manfaatnya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan keragu-raguan warga terhadap pemberian vaksin,” ungkap bupati.

Bupati mengajak semua pihak melakukan gerakan serentak imunisasi vaksin campak dan rubela ini, agar rakyat sarmi selamat, karena apa yang dilakukan Pemerintah untuk melindungi warga Sarmi.

“Karena fungsi vaksin sendiri adalah upaya pencegahan dari berbagai penyakit yang telah melalui penelitian, uji coba, jalur yang benar/legal untuk menyelamatkan jiwa,” jelas Bupati Sarmi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Dr. Zadrak A. Tewernusa, Sp.B, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program nasional dan dilakukan secara serentak pada bulan Agustus s/d Oktober.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sasaran dari pemberian vaksin ini untuk usia 0 sampai dengan usia 15 tahun, dan ini merupakan vaksin baru untuk kekebalan tubuh jelas twernusa.

Menurutnya, kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian CRS. (SDR/Kus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here