BPKAD Gelar Bimtek Aplikasi SIMDA dan BMD

0
249

Kota Baru Petam – Mengawali aktifitas di bulan pertama tahun 2020 ini, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), mengelar Bimbingan Teknis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), Barang Milik Daerah (BMD), bagi para bendahara barang pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sarmi.

Kepala BPKAD Sarmi, Gerald. Y. Abuwere,SE, mengatakan, bahwa berang milik daerah berupa aset tetap, kedepan harus diakses secara online, sehingga pihaknya mengundang narasumber berkompeten dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua, dalam membagi ilmu serta pengalaman kepada para pengelola aset di Kabupaten Sarmi.

“Sejauh ini orientasi pengelolaan aset masih dilakukan secara manual, sementara uraian tugas tersebut sangat rumit”, jelasnya.

Menyikapi itu, kami berupaya agar kedepan seluruh pengelolaan aset daerah dapat mengunakan satu aplikasi yang diterapkan oleh BPKP secara online, untuk mempermudah petugas” ujar Gerald di aula BPKAD, Rabu, (15 /1).

Hal senada diungkapkan Auditor BPKP Papua,  Rico Samuel. Dia menyebutkan, bahwa dengan adanya aplikasi Barang Milik Daerah (BMD), maka pengelolaan aset dari setiap instansi ke BPKAD, dan seterusnya ke lembaga teknis pemerintah pusat dapat terkoneksi secara on line.

“Aplikasi mempermudah tugas dalam menginput pengelolaan aset , baik perencanaan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, usulan peng hapusan sampai laporan”

Kehadiran kami dalam rangka memberikan pelatihan sekaligus membimbing peserta memahami materi serta mengoperasikan sarana komputer, termasuk aplikasi BMD” ujar Rico.

Sebab menurutnya, ini merupakan bagian dari Rencana Aksi KPK tentang Manajemen Aset Daerah oleh karena itu saya menghimbau para peserta dapat mengikuti setiap proses pembelajaran secermat mungkin dengan harapan pengelolaan BMD Sarmi kedepan tertata lebih  baik dari sebelumnya, Harap Gerarld. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here