Beranda blog

Bupati Sarmi Buka Seminar Nasional RITIK

0

Bupati Sarmi Drs.E. Fonataba, MM membuka dengan resmi seminar Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK). Seminar ini bertujuan untuk pengembangan pelayanan berbasis E-Goverment yang bertempat di Aula kantor Bupati kota baru petam, Jumat, (04/12/2018).

Seminar RITIK tersebut sebagai pembiacara menghadirkan Guru besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Prof. Ir. Zainal Hasibuan, MLS. PH.D dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen Universitas Sains Teknologi Jayapura, Yulius Palumpun M.Cs

Menurut Bupati Fonataba. pengembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai jalan untuk mewujudkan Good Governace atau tata kelola pemerintahan yang baik.

Sejalan dengan kemajuan informasi dan teknologi saat ini, kata Fonataba maka pengembangan implemntasi TIK dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi sebuah keharusan sebagaimama amanat Presiden Republik Indonesia yang telah diinstruksikan melalui inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang rencana induk dan strategi nasional pengembangan e-Government.

Lanjutnya, bahwa pengembangan TIK juga sangat mendukung tindak lanjut rencana aksi komisi pemberantasan korupsi terintegrasi yang merekomendasikan untuk memperkuat Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Leading sector pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta memastikan ketersediaan SDM yang kompeten dalam mendukung penyelenggaraan TIK.

Sementara itu Prof. Hasibuan menjelaskan bahwa “Rencana Induk TIK secara umum ditunjukan untuk memberikan arahan yang nyata, terukur, realistis. selain itu penyusunan rencana induk TIK juga memberikan landasan berpikir, standardisasi, penahapan dan implementasi bagi pengembangan TIK yang komprehensif, efisien, efektif dan terpadu,” jelasnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sarmi, Sakarias Timbuat, S.Pd., MS.i mengatakan bahwa untuk mendukung TIK ini, Pemerintah Daerah telah menyusun Peraturan Bupati tentang rencana induk teknologi informasi dan komunikasi serta Peraturan Bupati tentang pedoman penyelenggaraan TIK dalam penyelenggaraan integrasi aplikasi e-goverment di Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Saya berharap teknologi informasi dapat mendukung pengelolaan pemerintah yang lebih efesien sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas Pemerintah dalam berbagai sektor,” katanya.

Dalam seminar tersebut, tampak hadir Kepala OPD, Pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemda Sarmi. (SDR)

 

Bupati Jayapura dan Wakil Bupati Sarmi Teken MoU Bidang IT

0

Pemerintah Kabupaten Jayapura dan pemerintah Kabupaten Sarmi resmi menjalin hubungan kerjasama.

Bertempat di VIP Room Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura selasa (4/12/2008) sekitar puklul 10.00 WIT, itu ditandatangani Nota Kesepahaman bersama kedua Pemerintah Kabupaten masing-masing oleh Bupati Jayapura, Mathias Awoithau, S.E., M.Si dan Wakil Bupati Sarmi, Yosina T. Insyaf, S.E., MM, mewakili Bupati Sarmi, Drs. E. Fonataba, MM.

Nota kesepakatan bersama tersebut meliputi bidang IT dan juga Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Bupati Jayapura, Mathias Awoithau, S.E., M.Si dalam sambutannya mengatakan kesepakatan bersama ini, bukan berarti sudah lebih baik, tetapi kerjasama ini dilakukan dalam artian saling mendukung, saling menunjang dan juga saling belajar, untuk memperbaiki bagaiamana sistem pelayanan kepada masyarakat ini bisa lebih baik lagi.

selain itu, Bupati Mathius mengungkapkan bahwa pemerintah hadir bertujuan untuk masyarakat ini bisa mendapat pelayanan dalam rangka kesejahteraan yang lebih baik.

pada kesempatan itu, Bupati Mathias juga menuturkan bahwa sistim elektronik ini akan menolong pemerintah dalam rangka percepatan-percepatan untuk kerja-kerja kita dipemerintahan.

sementara itu Wakil Bupati Sarmi, Yosina T. Insyaf, S.E., MM menyampaikan bahwa, sebagai anak tentu tidak mungkin jauh dari orang tua, tentunya sebagai induk kabupaten yang telah memekarkan kabupaten sarmi, sudah seharusnya kami datang dan belajar kepada kabupaten jayapura.

“oleh karena itu, apa yang kita lakukan hari ini adalah merupakan langkah besar menuju peradaban dan juga menuju era tekonologi katanya”.

pada kesempatan itu Bupati Sarmi, Drs. E. Fonataba, MM yang juga menyaksikan penandatanganan MoU secara langsung melalui fasilitas teleconferens, menyatakan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Jayapura yang telah menerima kabupaten sarmi serta dapat berbagi pembelajaran tentang Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik.

menurutnya apa yang sedang dilakukan saat ini dapat memberikan satu teladan yang baik untuk papua dan untuk indonesia, ujar Bupati Fonataba saat melakukan teleconfrence dengan Bupati Jayapura. **

 

 

 

 

Peran Kementerian Agama dan FKUB Kabupaten Sarmi

0

Kementerian agama itu seperti air, ketika umat merasa kehausan disitu ada ada kementerian agama, ditengah konflik dan lain lain, kementerian agama hadir untuk untuk mencari solusi terbaik dan itulah peran kementerian agama.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Wilayah kementerian Agama Pdt. Amsal Yowei saat membuka tatap muka dan rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sarmi di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi Rabu 31/10

Lebih lanjut Pdt. Yowei mengatakan bagaimana mewujudkan visi masyarakat indonesia yang taat beragama, cerdas mandiri, sejahtera lahir dan bathin ini tidak terlepas dari peran tokoh tokoh agama, dimana didalamnya ada kerjasama antara FKUB dan Kementerian Agama dalam meningkatkakan kualitas kehidupan umat beragama. Jelasnya.

“FKUB merupakan wadah konsultatif yaitu wadah untuk melakukan dialog,  ketika terjadi hal-hal ditengah umat, misalnya tentag pembangunan rumah ibadah dan lainnya,  FKUB memainkan perannya dalam menjaga keharmonisan umat beragama”

Oleh karena itu saya berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk memberikan pemberdayaan kepada FKUB.

Sementara itu Wakil Bupati Sarmi, Yosina T . Inyaf mengajak seluruh umat yang ada dikabupaten sarmi untuk bersama-sama memupuk rasa persatuan dan kesatuan dalam bidang keagamaan untuk membangun kabupaten sarmi.

Menurutnya hanya dengan agama saja, orang bisa tunduk dan taat, dan agar rakyat bisa taat beragama itu karena ada peran tokoh-tokoh agama didalamnya, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sarmi menyampaikan bahwa akan melakukan hibah status tanah pemda ke kantor kementerian agama dan kebeberapa instansi vertikal lainnya yang telah membangun kantornya dilokasi tanah pemda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Agama Kabupaten Sarmi, Yan. F. Rumbino, S.Ag,  Ketua MUI Kabupaten Sarmi Ahmad Mainatu, Ketua FKUB  Kabupaten Sarmi Yermias Mofu, M.Th dan para Tokoh-Tokoh Agama di Kabupaten Sarmi. (SDR)

 

 

 

1.700 Pencaker mengikuti Simulasi CAT

0

Hari ke dua Lebih dari 1.700 pencari kerja sedang mengikuti simulasi Computer Asissted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Jumat 12/10)

Kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan di aula Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarmi.

Menurut koordinator simulasi CAT Gustaf Soumilena, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari  sejak hari kamis tanggal 11 Oktober sampai dengan Sabtu 13 Oktober, dimulai dari jam 09.00 sampai selesai dan untuk pelaksanaan test dimaksud panitia telah membagi menjadi 4 wilayah untuk mengikuti test Simulasi, ujarnya.

“ke – 4 wilayah test simulasi dimaksud meliputi wilayah satu terdiri dari Distrik Pantai Timur dan Pantai Timur Barat, wilayah dua Distrik Pantai Barat, Distrik Apawer Hulu dan Distrik Tor Atas, wilayah tiga Distrik Sarmi Timur, Distrik Sarmi dan Sarmi Selatan, sementara untuk wilayah empat yang meliputi Distrik Bonggo Timur,  Distrik Bonggo dan Bonggo barat akan dilaksanakan di Lab Komupter SMA Negeri 2 distrik Bonggo Timur”, jelas Gustaf.

Sementara itu kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan  Mariana Manansal, SE selaku instruktur buat Pencaker melalui Simulasi CAT, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari prorgram Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Sarmi, sehingga memberikan pengalaman serta gambaran untuk menghadapi ujian CAT nantinya.

“Perlu dilatih, agar ke depan anak daerah bisa mengisi soal CAT dengan baik, karena sudah ada pengalaman,” ujar Mariana.

Mariana mengatakan dalam simulasi tersebut hanya terdapat 50 soal, dengan durasi waktu 30 menit pengerjaan. Sistem CAT terdiri dari tiga kategori soal, antara lain tes intelegensi umum (TIU),  tes wawasan bebangsaan (TWK) dan tes kepribadian (TKP).  Sedangkan ambang batas kelulusan atau standar passingrade yang harus di capai para peserta secara nasional untuk lulus ujian CAT CPNS nanti, TIU nilai 80, TWK 75 dan TKP 143. Namun untuk simulasi ini kita rata-ratakan menjadi  nilai 80 untuk tiga kategori tersebut, “ jelasnya.

Salah satu peserta Marice Yaas dari kampung Bagaiserwar mengaku bahwa dengan adanya simulasi CAT ini, ia lebih paham dan memiliki modal tambahan untuk bahan belajar nanti.

“awalnya sa takut, karna sa pikir barang ini akan bikin susah kitong untuk mendapatkan pekerjaan, tapi setelah sa ikuti ternyata barang ini lebih mudah” jelasnya.

Terima kasih kepada Pemerintah Sarmi, yang senantiasa memberikan perhatian serius pada kami selaku pelamar terlebih lagi yang berusaha untuk kami anak daerah asal sarmi, yakni dengan memfasilitasi pelaksanaan imulasi ini. (SDR)

MENSOS RI NONAKTIFKAN 164 ORANG DARI KEPESERTAAN PBI-JKN-KIS DAN MENETAPKAN 170 PESERTA BARU KABUPATEN SARMI.

0

Bertempat di kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Sarmi telah dilaksanakan penandatangan dan serah terima dokumen pemberhentian peserta lama dan penetapan peserta baru penerima jaminan sosial  kesehatan atau Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (PBI, JKN-KIS) yang peruntukannya bagi keluarga miskin dan tidak mampu. (10 Oktober 2018. )

Kepala BPJS Kabupaten Sarmi Subur, Skm menjelaskan, mereka yang diberhentikan antara lain karena ditemukan data ganda dan pemberhentian kepesertaannya ditetapkan dengan Keputusan Mensos RI nomor 109/HUK/2018 yang menonaktifkan 164 orang peserta lama dan menetapkan 1159 peserta baru, dan SK Mensos RI nomor 99 / HUK / 2018 menetapkan 11 orang peserta baru.

“sebaran kepesertaan baru yang ditetapkan Mensos RI adalah 15 orang dari Distrik Apawer Hulu untuk pelayan faskes Aurimi, 4 orang Apawer Tengah juga di faskes Aurimi, 17 orang Distrik Bonggo di faskes Bonggo, dan 124 orang Apawer Hilir yang akan mendapat pelayanan  kesehatan dasar di faskes Arbais. Sementara itu 11 orang yang baru ditetapkan Mensos RI berada di Distrik Bonggo Barat”, Jelas Subur.

Sementara itu Kepala Dinas sosial Kab Sarmi Benny Wafumilena menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Kepala BPJS dan jajaran yang telah bekerja keras memperbaiki data kepesertaan dan mengakomodir kepesertaan yang baru dari Kabupaten Sarmi.

“Kami  akan terus membangun kemitraan agar Jaminan Kesehatan dari Negara kepada rakyat terutama yang miskin dan tidak mampu akan tercakup dan terlayani dengan baik”. Jelas Benny.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini,  BPJS dan Dinas Sosial akan melakukan jemput bola atau turun langsung ke kampung kampung untuk melakukan perbaikan data dan pencetakan ulang kartu BPJS bagi keluarga keluarga miskin dan tidak mampu di Kabupaten sarmi.

 

 

Peduli Gempa Palu, Sigi dan Donggala, Warga melakukan Aksi Penggalangan Dana

0

Ketua Tapak Wali Indonesia (WTI) Nasaruddin SE, menggandeng 4 (empat) komunitas untuk melakukan aksi penggalangan dana membantu korban gempa dan tsunami di Palu, sigi dan Donggala yang terjadi pada Jumat lalu (28/9/2018).

Penggalangan dana mulai dilakukan dari depan pertigaan pos satuan lantas sampai dengan depan toko s-one, selasa 2 oktober 2018.

Ke 4 (empat) komunitas tersebut diantaranya komunitas Rental Sarmi , Yamaha Vixion Club Indonesia Sarmi, , Nelayan Nusatara dan Badan Kontak Majelis Ta’lim Kabupaten Sarmi.

Nasaaruddin mengatakan kemanusiaan adalah kata paling mujarab untuk menyatukan seluruh kalangan, dan kami peduli untuk membantu saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala yang sedang terkena musibah,” katanya.

Menurutnya, bukan hanya sekadar doa tetapi juga uluran tangan dari semua pihak dibutuhkan oleh saudara-saudara di Palu, Sigi dan Donggala.

Hasil penggalangan dana saat ini telah mencapai sekitar Rp 26.700.000 . Dana tersebut akan dikirim ke rekening yayasan media group, selain itu ada juga sumbangan baju layak pakai dari masayarakat sebanyak 6 karung, jelas Koordinator Tapak Wali Nasaruddin, SE.

Sementara itu Ketua Rental Sarmi Marcos Kopong L.B, menjelaskan bahwa teman-teman rental sarmi siap untuk membantu dan mengantarkan barang-barang bantuan dari sarmi sampai ke jayapura secara gratis.

Marcos meyampaiakan ucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat sarmi dimana dalam kegiatan penggalangan dana tersebut, pihaknya mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat, pihak Kepolisian dan pemerintah, sehingga antusias masyarakat untuk memberikan bantuannya cukup tinggi jelas Marcos yang juga calon DPRD Nomor Urut 4 dari Partai Gerindra itu.

Marcos menambahakan dukungan peduli korban Palu, Sigi dan Donggala sebagai wujud kepedulian kemanusian dalam meringankan beban warga disana yang tertimpah bencana gempa. “Semoga bantuan yang disalurkan nantinya memberi manfaat bagi warga disana, “sebutnya. (SDR)

APBD-P KABUPATEN SARMI SESUAI JADWAL, AKHIRNYA DITETAPKAN

0

Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sarmi membahas rancangan peraturan daerah tentang Perubahan APBD Kabupaten Sarmi tahun 2018 akhirnya ditetapkan pada Minggu dinihari, pkl. 00.49 wit.

Pembukaan paripurna yang dimulai Rabu, 26 September 2018 melalui mekanisme penyampaian nota pengantar keuangan Bupati Sarmi yang ditanggapi lewat pemandangan umum fraksi dan komisi, uji petik jaring aspirasi masyatakat, hering eksekutif legislatif diakhiri tanggapan kesimpulan 4 fraksi sebelum ditetapkan.

Fraksi partai Gerinda melalui juru bicaranya, Abdi Toihuka, ST menyampaikan beberapa catatan penting dan menyatakan pendapat politik partai setuju raperda ditetapkan menjadi perda dan diundangkan dalam lembaran daerah setelah ditandatangani kepala daerah kabupaten sarmi dan penjabarannya dengan peraturan Bupati dapat diundangkan di berita daerah.

Hal yang senada juga disampaikan fraksi partai Golkar melalui Arius Bahi, SE, SH, M. Si.

Persetujuan politik mendukung penetapan raperda menjadi perda juga disampaikan oleh Albert Niniwen, S. Th., fraksi Sarmi hebat dan Jhon F Bairam fraksi Sarmi bersatu.

APBD-P yang ditetapkan :
pendapatan sebesar
Rp. 1.111.732.378.954 mengalami peningkatan sebesar 1,17 %. Atau pendapatan sebesar 12.903.044.704 dari APBD sebelum perubahan sebesar
Rp. 1.098.829.333.890

Sedangkan belanja daerah sebesar 1.181.980.450.842,60 dari APBD sebelum perubahan sebesar Rp. 1.094.578.363.890.

Surplus defisit pada APBD-P sebesar
Rp.70.248.071.888 terakomodir dalam pembiayaan daerah yang terdiri dari
Penerimaan :
Rp. 80.248.701.888
Pengeluaran :
Rp. 10.000.000.000

Peningkatan pada pendapatan daerah bukan dari Penerimaan Asli Daerah (pad) yang sampai APBD-P ditetapkan belum mencapai jumlah yang diharapkan. Perolehan pendapatan dari pendapatan lain lain yang sah sebesar
Rp. 12.903.044.704

Belanja yang ditetapkan dalam APBD-P sebesar
Rp.1.181.980.450.842
terdiri dari belanja langsung dan tidak langsung.

Belanja langsung :
a. Belanja pegawai
Rp. 204.429.845.088
b. Belanja hibah
Rp. 23.800.600.000
c. Belanja Bansos
Rp. 54.307.614.885
d. Belanja Bantuan keuangan
Rp. 160.221.024.300
e. Belanja tidak terduga
Rp. 1.500.000.000

Belanja langsung :
a. Belanja pegawai
Rp. 115.036.141.916
b. Barang dan jasa
Rp. 374.840.704.315
c. Belanja modal
Rp. 247.844.520.337

Sementara itu, legislatif memberikan apresiasi kepada eksekutif karena struktur anggaran apbd dan APBD-P berpihak kepada rakyat karena belanja publik masih jauh lebih besar dari belanja aparatur.

Sidang hingga dinihari dipimpim Wakil Ketua 1, Robi Pampang ST, wakil ketua 2, Enos Dimomonmau, A. Ma. Pd juga dihadiri Dandim 1712 Sarmi, Wakapolres Sarmi, Sekretaris Daerah, para asisten, sejumlah kepala OPD, pimpinan parpol, dan tokoh masyarakat yang ditutup dengan doa oleh ibu pendeta Somalinggi.

(Ditulis oleh : B. Wafumilena)

Waspada, Badai Kong-Rey Muncul di Utara Papua

0

Harianjogja.com, JAKARTA-Siklon tropis atau badai Kong-Rey terpantau oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) muncul di Samudra Pasifik sebelah utara Papua.

“Tepatnya pada posisi 13,5 Lintang Utara dan 139,0 Bujur Timur atau sekitar 1.660 kilometer sebelah utara Biak,” kata Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko di Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Badai Kong-Rey bergerak ke arah Barat Barat laut, kecepatan 10 knots (19 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan tekanan terendah 980 mb dan kekuatan 60 knot (110 km/jam).

Pada 24 jam ke depan diperkirakan badai akan berada di Samudra Pasifik, sebelah utara Papua tepatnya pada koordinat 15,6 LU, 136,6 BT atau sekitar 1.870 km sebelah utara Biak.

Badai bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan bergerak 9 knots (15 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia dan tekanan terendah 970 mb serta kekuatan 70 knot (130 km/jam).

Siklon tropis Kong-Rey memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 – 2,50 meter berpotensi terjadi di Perairan timur Kepulauan Talaud Serta di Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Sumber : Antara

Pemda Sarmi Melakukan MoU dengan Kejari Jayapura

0

Pemerintah Kabupaten Sarmi melakukan penandatangan Memorendun of Understanding (MOU) dengan Kejaksaan Negeri Jayapuran tentang Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara,(Selasa 25/9)

Kegiatan yang berlangsung diaula Badan Kepegawaian Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) itu, dihadiri oleh Kapolres Sarmi AKBP Paulus, I. Saukoli, Dandim 1712 yang diwakili oleh Pasi Intel Kapten Infantri Yusak Arobaya, Kepala OPD dilingkup Pemda Sarmi, Kepala Distrik , Kepala Kampung, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda.

Bupati Sarmi Drs. E. Fonataba, MM,  mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Jayapura beserta jajarannya atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya dalam rangka meningkatkan efektifitas pelaksanaan tugas pemerintah daerah.

“Penandatanganan ini dilakukan guna menciptakan sinergitas dan saling membantu serta menguatkan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama yakni mendorong tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan,” ujar Bupati Fonataba

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Jayapuran M. Teguh Basuki menejelaskan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya MOU tersebut adalah untuk melakukan kerjasama dalam bentuk hukum, pertimbangan hukum dan tindakan lainnya dalam upaya meningkatkan efektifitas penyelesaian masalah bidang perdata dan tata usaha negara terhadap pelaksanaan kegiatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Sarmi.

Menurut Teguh, dimana ada masyarakat disitu ada hukum, ada hukum pidana, ada hukum perdata, ada hukum yang sifatnya  mengatur ketertiban umum ada hukum yang mengatur tentang hak-hak perorangan

Lebih lanjut dikatakan bahwa ciri-ciri hukum pidana adalah kepentingan umum yang terganggu, tanpa harus ada laporan, tanpa harus ada tuntutan, Negara akan hadir disana.

sebagai contoh, kalau di Papua secara umum kita kenal dengan palang memalang, ini merupakan salah satu tindakan yang mengganggu kepentingan umum, dan apabila itu terjadi maka akan dikenakan tindak pidana, sebab semuanya itu bagian dari aturan undang –undang dan ini proses untuk ketertiban umum ujar Kejari Teguh.

oleh karena itu, saya  berharap di Sarmi jangan sampai terjadi palang memalang, sebab sudah ada aturan yang menangani hal itu, bila memang ada permasalahan baiknya kita duduk bersama untuk mencari jalan keluar, sebab kalo ada pemalangan maka semua aktivitas pasti akan terganggu, tetapi sebaliknya, sudah pasti akan terjadi peningkatan ekonomi dan lain sebagainya. (SDR)

 

 

Pemda Sarmi Lounching Aplikasi Kasda Online

0

Pemerintah Kabupaten Sarmi bekerja sama Bank Papua, melaunching Cash Management System (CMS) di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Siang, Jumat 21/9.

Tampak hadir dalam acara lounching tersebut, Para Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Sarmi, Pimpinan Bank BUMN dan BUMD serta para Undangan.

Direktur Kepatuhan Bank Papua, Jefri Sani, P.S menjelaskan bahwa CMS ini merupakan sebuah aplikasi keuangan untuk pemerintah daerah dan digunakan secara online berdasarkan struktur sistim yang dibangun.

Menurutnya CMS atau kasda online merupakan bagian dari fungsi kontrol dan aplikasi CMS ini akan memperlancar transaksi pencairan SP2D, mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari rekening kas umum daerah ke rekening tujuan yaitu rekening OPD dan pihak ketiga di bank dengan konsep real time online, jelas Jefri.

Sementara itu Wakil Bupati Sarmi Yosina T. Isnyaf, SE., MM menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bank Papua yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

Launching CMS ini adalah  untuk mengoptimalisasi proses pengeluaran keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel Pemerintah Daerah dapat mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien dan melayani, ujar Wakil Bupati Sarmi.

“selain itu juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta dapat menekan kesalahan dan penyalahgunaan dalam penerimaan dan pencairan kas daerah,”

Untuk itu, Yosina menegaskan kepada para bendahara dan pengelola keuangan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  kabupaten Sarmi dapat memahami sistem CMS.  “CMS ini sangat penting dalam menertibkan dan mengontrol mitigasi uang yang masuk dan keluar di kas daerah,” paparnya.

Kepada setiap Kepala OPD dan semua pengelola keuangan daerah di lingkungan pemkab Sarmi, diharapkan dapat untuk memacu diri menetapkan langkah demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, akurat, efisien dan akuntabel.

Kita berharap semakin meningkat kinerja dan kualitas pengelolaan keuangan maka akan semakin membaik daerah kabupaten Sarmi dimasa yang akan datang,”  tukasnya. (SDR)