Beranda blog

Sekda Buka Turnamen Christmas Cup di Sarmi

0

Menyongsong  Natal, tanggal 25 Desember 2020 serta memasuki tahun baru 1 Januari 2021 mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarmi, mengelar turnamen sepak bola Christmass Cup.

event bergengsi tersebut di kic of langsung oleh Sekretaris Daerah, Elias Bakai,SE, di lapangan merdeka sarmi, Sabtu (13/12).

Ketua panitia turnamen sepak bola tingkat sarmi,  Fras Wanewar, menyebutkan, bahwa event kebanggaan masyarakat itu terselenggara berkat inisiatif Dinas Pemuda dan Olahraga dalam rangka membangkitkan semangat para kawula muda yg memiliki potensi mengolah si kulit bundar.

“Selain menyongsong hari raya kristiani “Merry Christmas”, kompetisi bertujuan untuk menumbuhkembangkan kualitas pemuda di daerah pada bidang olahraga, khususnya sepak bola. Meskipun kali ini semua club sepak bola belum ikut berpartisipasi dan hanya 7 tim saja yang ikut berlaga, baik dari sarmi, sarmi bagian barat maupun sarmi timur” pungkas Fras.

Sementara itu, Sekretaris  Daerah, Elias Bakai,SE, ketika membuka pertandingan dengan tendangan kic of, babak pertama mengatakan, selamat merayakan hari natal 25 desember 2020 dan selamat memasuki tahun baru, 1 januari 2021, bagi para pemain sekaligus kepada seluruh masyarakat kabupaten sarmi. Dirinya mengapresiasi inisiasi lembaga teknis dalam mempersatukan kaum milenial pecinta sepak bola di daerah ini.

“Apresiasi kami kepada Dispora, karena dapat membuka peluang bagi pemuda sarmi di bidang bola kaki. Hal ini tentunya meningkatkan potensi serta kualitas anak – anak muda, bukan hanya didaerah saja namun memungkinkan keluar daerah melalui bakat bermain yg baik”

Kita tahu bersama, bahwa lapangan bola merdeka sarmi ini telah mencetak beberapa pemain profesional yang sudah berkiprah baik tingkat nasional maupun dunia internasional. Seperti, Lukas Mandowen, Marinus Wanewar dan Gunansar Mandowen.

Oleh sebab itu, diharapkan sportivitas dalam bermain sehingga dapat melahirkan para pemain handal sarmi kedepan” imbuh Elias

Hal senada disampaikan Boy Waum, seorang pemain dari klub Betaf Star. Dia mengaku hobi bermain bola, namun jarang menyalurkan bakatnya lantaran belum ada iven berskala tingkat daerah guna adu kompetisi serta teknik bermain, baik secara individu maupun tim.

“Ketika kami dari tim menerima informasi pagelaran turnamen, sangat bersyukur lantas langsung mendaftar sebagai peserta. Dengan iming – iming semoga lewat laga ini mendapat lirikan dari manajemen sepak bola diluar sana untuk memantau sekaligus merekrut para pemain terbaik agar digiring ke dunia sepak bola profesional” harap Boy. SDR/PIUS

50 ASN Ikut Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Melalui AKD

0

Sebanyak 50 Aparatur  Sipil Negara dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)dan Distrik, dilingkungan pemerintah sarmi, mengikuti program peningkatan kapasitas Aparatur melalui Analisis Kebutuhan Diklat (AKD). Kegiatan bernuansa upaya peningkatan kinerja pegawai tersebut digelar berkat kerja sama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya manusia (BKPSDM) Sarmi dengan BKPSDM Provinsi Papua

Bupati Sarmi Drs Eduard Fonataba.MM, ketika membuka hajatan mengatakan, bahwa Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan bagi para pegawai pemerintah saat ini sangatlah penting. Menurutnya, berdasarkan analisis kebutuhan Diklat menjadi ukuran bagi setiap ASN untuk kemudian dapat ditempatkan sesuai kemampuannya pada jabatan tertentu, dengan demikian kinerja tentu tidak diragukan lagi

“Peningkatan kapasitas aparatur melalui AKD, selain menambah khasanah ilmu pengetahuan, juga melatih kepribadian pegawai dalam bermoral yang baik, menghargai tugas dan tanggungjawab, jujur, bijaksana dan berintegritas”

Seorang abdi negara dituntut profesional dalam bekerja, harus menjadi suri teladan, membimbing bawahan dengan hati, mempersatukan berbagai komponen lembaga tanpa membeda – bedakan. Oleh sebab itu program ini mesti diikuti dengan baik ” ujar Fonataba, di Aula BKPSDM, Kamis, (19/11)

Kata Bupati, ada tiga penyelengara negara yaitu Pemerintah, TNI dan POLRI. Komponen penyelengara ini berhubungan erat, saling mendukung serta menopang demi kemajuan negara disegala aspek. Sehingga setiap aparat dituntut memiliki kompetensi dalam mengemban tugas masing – masing. Bahkan  Eduard tegas melarang Aparatur Sipil Negara di dearah ini agar tidak terlibat politik praktis.

Sementara itu, Drs Agus Sumarsono.Mj, berkapasitas sebagai Widyasuara, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Papua, selaku nara sumber menyebutkan, bahwa dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur, pihaknya memberikan materi pembelajaran selama 2 hari.

“Dari 50 peserta, semua adalah Kepala Sub Bagian Kepegawaian masing – masing OPD, ditambah pemerintah distrik. Sedangkan menyangkut materi, berhubungan dengan bagaimana peningkatan kapasitas aparatur berdasarkan proses analisis kebutuhan yang kemudian ditempa melalui Diklat” imbuh Sumarsono.

Seorang pegawai yang telah mengikuti tahapan analisis kebutuhan Diklat, bisa dipastikan memiliki kompetensi, baik dari sisi ilmu pengetahuan, moral, kepribadian baik, sehingga bekerja sukses dan tepat sasaran.

Dirinya mengajak peserta sabar serta tidak merasa jenuh ketika menerima materi. Dengan tujuan agar kemungkinan terdapat kekurangan dalam aktifitas selama ini, bisa dibenahi setelah kegiatan sesuai prosedur yang berlaku. SDR/PIUS

Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia Bupati Sarmi Belasungkawa

0

Telah berpulang kerumah Bapa di Sorga, Kabar duka datang dari Kabupaten Nduga Papua, Bupati Nduga Yairus Gwijangge meninggal pada Minggu (15/11) dini hari akibat sakit.

“Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah Kabupaten Sarmi, saya Bupati Sarmi menyatakan duka yang mendalam atas wafatnya salah seorang putra terbaik Papua  dari Kabupaten Nduga, sahabat dan saudara kita Bapak Yairus Gwijangge Bupati Kabupaten Nduga, “ucap Bupati Sarmi.

Diberitakan almarhum meninggal dirumah sakit Mayapada Jakarta , dan rencana Jenazah akan diterbangkan ke Jayapura kemudian dimakamkan di kampung halamannya di Nduga.

“Kita betul-betul merasa kehilangan sosok yang baik ini dan kita doakan semoga Tuhan Allah memberikan tempat yang terbaik disisi-Nya sesuai dengan amal ibadahnya. Kata Bupati Fonataba.

Sekedar informasi, Yairus Gwijangge telah malang melintang di dunia birokrasi di Nduga. Dia Dua periode menjadi Bupati Nduga.

Yairus pertama kali menjadi Bupati Nduga periode 2011 – 2016. Kemudian dia terpilih kembali untuk periode 2017 – 2022. SDR/PIUS

Warga Sarmi Terima Bantuan Presiden Untuk UMKM

0

Sebanyak 400 orang masyarakat di Kabupaten Sarmi, telah menerima bantuan berupa uang tunai senilai Rp 2. 400.000. Bantuan presiden (Bampres) berdasarkan program Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) melalui Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM). Dilanjutkan kepada penerima manfaat oleh lembaga teknis daerah, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi.

Sejumlah uang tersebut disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit distrik Sarmi dalam bentuk nomor rekening sesuai data masyarakat. Syarat pencairan dana bantuan, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), serta dua lembar meterai 6000.

Kepala BRI Unit Sarmi, Risman Sorren mengatakan, bahwa data penerima manfaat sebelumnya diusulkan oleh Dinas Perindagkop ke Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah untuk peruntukan anggaran. BRI selaku lembaga pengelolaan keuangan kemudian dipercayakan mendistribusikannya bagi masyarakat.

“Kami hanya dipercayakan membagi bantuan sesuai data yang ada. Oleh sebab itu, upaya menghindari kesalahan, penerima menunjukkan bukti identitas seperti KTP dan kartu keluarga. Sedangkan dua lembar meterai 6000 dimaksudkan agar si penerima langsung didaftar sebagai nasabah bank BRI dengan dibuatkan buku tabungan” sahut Risman di kantornya, Selasa, (27/10)

Sementara itu, Staf Dinas Perindagkop sekaligus Operator Komputer, Syors Wanggai, yang menangani proses pendataan hingga pencairan anggaran bantuan bagi para usaha mikro, ketika memberikan keterangan kepada sejumlah masyarakat menyebutkan, bahwa bantuan presiden itu diperuntukkan sebagai modal usaha. Sehingga pendataan pun terbatas pada para pelaku usaha yang terbukti sedang aktif namun terbentur dana.

“Kami dari dinas hanya diminta mengusulkan data penerima, lantas fisik bantuan berproses melalui bank BRI. Bantuan kali ini tidak untuk masyarakat umum, tetapi bagi para pelaku usaha yang memang sudah terdata”

Pencairan bantuan ditentukan berdasarkan Nomor Induk Penduduk ( NIK), sehingga dapat dipastikan secara sistem jika penerima tidak dobel dalam mendapat bantuan” ucap Syors.

Proses pendistribusian bantuan BPUM, sempat mengundang kerumunan sejumlah besar khalayak. Baik penerima bantuan BLT dan bantuan pemerintah pusat lainnya. Namun menurut Syors, masing – masing pribadi diperbolehkan memperoleh satu kali bantuan, baik berupa uang tunai atau barang.

“Yang jelas masyarakat yang sudah pernah dapat bantuan tidak bisa dilayani lagi, karena pasti ketahuan saat masukkan nomor NIK ke sistem komputer. Sedangkan bagi mereka yang telah terdaftar tetapi belum kebagian, bisa sabar dan menunggu tahap berikut” ujar Syors (PIUS)

Masyarakat Kampung Sawar Rayakan HUT ke 64 GKI di Tanah Papua

0

Tepat pada hari Senin 26 Oktober 2020, umat nasrani di seluruh tanah papua merayakan hari lahirnya Gereja Kristen Injili (GKI), memasuki usia ke- 64 Tahun. Diwilayah Kabupaten Sarmi, lebih khusus Kampung Sawar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) tersebut dalam bentuk ibadah padang. Tepatnya lokasi bangunan tugu peringatan masuknya injil di kampung tua sawar.

Pembukaan ibadah diiringi tari – tarian penuh sukacita dari masyarakat yang , beriringan memasuki tempat ibadah. Dengan komando pemegang liturgi (tata ibadah) “hari ini di bumi cenderawasi, GKI di Tanah Papua, merayakan sebuah momentum iman yang sangat dalam dan penuh makna. Mari kita sambut pesta iman ini dengan penuh sukacita”

Ibadah syukur bertemakan “Datanglah Kerajaan-Mu” dipimpin langsung Ketua Jemaat Pniel Kampung Sawar, Pendeta Ona. A. Bano,STh. Berdasarkan Refleksi khotbahnya, Bano mengatakan, bahwa orang – orang bukan yahudi, karena berita Injil turut menjadi ahli – ahli waris dan anggota – anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam nama Kristus Yesus. Mengutip, surat Paulus kepada jemaat Efesus 3:6.

“Kita patut bersyukur, karena anugerah dan kasih sayang Tuhan,  melalui pemberitaan injil keselamatan oleh para hambaNya, kita yang sebenarnya bukan orang yahudi dapat menerima janji – janji Tuhan. Bahkan diangkat sebagai ahli – ahli waris. Sebagai hamba Yesus Kristus, saya memberitakan kabar baik kepada setiap orang yang dengan tulus, ikhlas mengaku dosanya. Yesus Kristus tetap sama kemarin hari ini dan untuk selamanya”

Itu sebabnya selaku umat kristen, momen seperti ini tentu merupakan kesempatan untuk berbenah. Kita perlu terus dan terus intropeksi diri berdasarkan tuntutan kitab suci Alkitab, sehingga tetap menjadi ahli waris kerajaan yang disediakan oleh Yang Maha Kuasa bagi setiap Pribadi yang percaya” ungkap Ona.

Menurut pendeta wanita itu, perayaan hari jadi GKI, bukannya bersifat seremonial belaka dengan eforia berlebihan, namun memasuki usia tua, orang kristen perlu mengevaluasi keberhasilan pekabaran injil melalui wadah ini. Agar menjadi tolak ukur pelayanan kedepan.

“Kitab suci menuliskan, bahwa kewargaan kita bukan di dunia, tetapi di sorga. Dan untuk masuk kesana urusan pribadi – lepas pribadi. Oleh sebab itu, selagi ada kesempatan hidup, pergunakanlah itu sebaik – baiknya, supaya mendapat pertimbangan masuk sorga dihadapan tahta pengadilan Tuhan kelak” imbuh Ona Bano.

Perayaan yang sama digelar pada masing – masing gereja di seluruh klasis, terutama Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua sekabupaten sarmi. PIUS/SDR

Bupati Minta OPD Lengkapi Data Penggunaan Dana Covid-19 Sebelum Pemeriksaan Terperinci Oleh BPK

0

Menjelang dilakukannya pemeriksaan lanjutan terhadap penggunaan anggaran Covid-19 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua dalam waktu dekat ini, Bupati Sarmi, Drs E. Fonataba.MM, menganjurkan setiap lembaga teknis yang terlibat, untuk segera melengkapi data realisasi dilapangan.

Pernyataan tersebut disampaikan usai acara workshop bertajuk Pemeriksaan Terperinci  BPK, melalui saluran teleconferens, di ruang rapat bupati, Rabu, (21/10)

“Mengingat proses  memeriksakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, maka kita perlu menyiapkan berbagai dokumen terkait penggunaan dana Covid. Baik alokasi anggaran yang sudah terealisasi maupun yang sementara berjalan. Sehingga tidak mengalami kendala saat pemeriksaan nanti” tegas Fonataba

Berdasarkan pemaparan Novitra Darma selaku Pengendali Teknis BPK Wilayah papua sebut Bupati, pemeriksaan kali ini terfokus pada pengadaan barang dan jasa serta penanganan kesehatan masyarakat terhadap wabah covid-19.

Hal senada di sampaikan  Kepala Inspektorat, Ibu Engel Wayoi. Pemimpin lembaga pengawasan pengelolaan anggaran negara ini, mengaku dana bencana kemanusiaan tersebut sudah dikucurkan,  namun hingga kini sebagian laporan pertanggungjawaban  belum lengkap. Sedangkan rencana kedatangan tim pemeriksa semakin dekat.

“Sebagian besar dana covid-19 telah terealisasi, terutama pengadaan barang dan jasa, penanganan kesehatan, bidang sosial dan penanganan dampak ekonomi. Itu sebabnya mesti di pertanggungjawaban, dengan melengkapi dokumen seperti yang  hendak diperiksa oleh lembaga berwenang”.

Kami disini hanya berfungsi sebagai penyambung lidah bupati, mengingatkan supaya setelah menggunakan dana dapat membuat laporan. Jangan terkesan terbengkalai” ucap Engel.

Hadir pada acara teleconferens tersebut Kepala Dinas Sosial, Benoni Wafumilena,S,Sos.MSi dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kornelis Yan. Lunwunaung,S,Ip.M.Si, sementara dinas lain yang terlibat dalam penggunaan dana covid berhalangan hadir.

Menyikapi pernyataan Bupati serta Inspektur, kedua pemimpin itu sepakat membenahi dan melengkapi dokumen laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran covid-19, yang belum rampung sesegera mungkin, mengingat kedatangan tim pemeriksa semakin dekat. (SDR/PIUS)

Wakil Gubernur Melantik Wakil Bupati Sarmi Sisa Masa Jabatan

0

Penantian panjang masyarakat sarmi terhadap pelantikan wakil bupati sisa waktu jabatan 2017 – 2022, kini terjawab sudah. Pasalnya, pada Rabu, 21 Oktober,  tepat pukul 16.30 wit, di gedung negara provinsi papua, Wakil Gubernur, Klemen Tinal,SE.M.Si resmi melantik, Sawardani Yulianus Leonard menduduki kursi sarmi dua, mengantikan Yosina Insyaf,SE.

Dampak dari pendemi corona virus membuat masyarakat tidak sempat menyaksikan secara langsung penobatan tersebut, sehingga acara tersebut hanya dihadiri oleh Plt Sekretaris Daerah, Elias Bakai,SE, beberapa anggota DPRD kabupaten sarmi serta beberapa pejabat pemerintah kabupaten sarmi.

Meski begitu, Bupati, Drs E. Fonataba.MM, bersama Dandim 1712 Sarmi Letkol Inf. Risky Marlon Silalahi,S.Ip dan para pejabat dilingkup Pemda Sarmi dapat mengikuti prosesi pelantikan secara virtual di ruang rapat kantor bupati dengan hikmat, dari awal hingga akhir.

Dalam arahan singkat Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal, berpesan agar seiring menjalankan tugas, Sawardani perlu bekerjasama, seia sekata dengan bupati pada dua tahun sisa masa jabatan. Diatas semuanya kata Tinal, takut akan Tuhan didahulukan.

” menduduki jabatan merupakan anugerah Tuhan. Karenanya patut menjadi saluran berkat bagi seluruh masyarakat. Terapkan prinsip takut akan Tuhan, sembari menjalankan tugas niscaya terhindar dari bujukan setan yang bisa membelokkan jalan kebenaran” sahut Klemen.

Membantu bupati menjalankan roda pemerintahan kata Tinal, sejalan dengan visi dan misi yang sudah ditetapkan. Baik pembangunan fisik atau non fisik pada berbagai aspek, demi mencapai kehidupan sejahtera dikalangan masyarakat sarmi.

Sementara itu, Bupti Fonataba beserta para bawahannya sontak bertepuk tangan ketika menyaksikan pelantikan dengan wajah gembira dan berseri, menandakan suasana bahagia setelah sekian lama mendambakan sosok wakil bupati, kini terjawab.

Terlantiknya Sawardani Yulianus Leunard sebagai Wakil Bupati, otomatis membantu serta mendukung bupati melanjutkan program pembangunan di daerah ini jangka waktu dua tahun kedepan. (SDR/PIUS).

Peringati HUT TNI, Kodim 1712 Sarmi Gelar Turnamen Motorcross

0

Peringati HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 75  Kodim 1712/Sarmi gelar Turnamen motorcross. event bergengsi yang pertama kali dilakukan dikabupaten sarmi dilaksanakan berkat kerjasama Tim King Peace dengan Kodim 1712/Sarmi.

Dalam sambutannya, Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf. Risky Marlon Silalahi,S.Ip, mengemukakan, bahwa perlombaan ini digagas menyongsong hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ( TNI), yang ke 75 tahun. Selain itu untuk merangsang semangat serta minat para crosser muda didaerah sarmi dan sekitarnya.

“Turnamen ini dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 75, dengan  harapan negeri kita aman dan kondusif berkat adanya penjagaan dari para aparat. Sebab jika rakyat kuat otomatis TNI pun akan lebih kuat dan mampu menjaga kedaulatan negara”.

Melalui turnamen motorcross, dapat mendekatkan hubungan serta interaksi aparat keamanan  bersama masyarakat tanpa ada jarak. Bahkan demi membangun semangat para kawula muda pecinta olah raga balapan motor, yang katanya tidak pernah dilaksanakan di sarmi”, ujarnya dilapangan pacu mararena, senin (5/10)

Ketua Korwil King peace Sarmi, Agus menyampaikan pesan senada. Dirinya mengaku  telah membentuk tim, namun sejauh ini belum sempat mengelar lomba balapan, lantaran terkendala berbagai hal, baik secara teknik maupun finansial.

“Kami berterimakasih kepada bapak Dandim, serta semua staf dalam mendukung suksesnya kegiatan yang akan berjalan selama tiga hari. Harapan kami semoga king peace mendapat dukungan sama dari berbagai pihak yang peduli terhadap perkembangan balapan motor cros kedepan” kata Agus.

Para crosser yang diturunkan imbuhnya, sebanyak empat tim dapat menunjukan keberanian melewati tantangan landasan pacu. Babak pengisian tanggal 5 hingga babak final tanggal 8 oktober mendatang, memperebutkan sejumlah trofi.

Ajang adu keberanian serta ketangkasan mengendarai motor dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Gerad Abuere,SE, tak ketinggalan sebagian masyarakat ikut membanjiri lokasi perlombaan, menyaksikan dengan penuh antusias (PIUS)

APBD KABUPATEN SARMI 2020, RP.1,47 T LEBIH RENDAH 70 M, DITERIMA SAH MENJADI APBD-P 2020

0

SARMI SIGAP, Rantus Dewan tentang Persetujuan Raperda tentang Perubahan APBD tahun 2020, disahkan menjadi Keputusan, DPRD menerima dan menyetujui Raperda perubahan APBD menjadi Perda APBD-P tahun 2020  berlangsung  dalam Paripurna DPRD tahap V, Rabu 30 September 2020, menyebutkan total APBD 2020 :semula,

Rp.1.117.872.549.339,99

Berkurang,

Rp. 70.654.989.000,00

Menjadi,

Rp.1.047.217.560.339,99.

Paripurna Dewan Rakyat Sarmi yang dimulai pembukaannya pada Senin, 28 September 2020 lalu itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan antara Eksekutif dan Legislatif  sebagai sesama penyelenggara Pemerintahan daerah namun tidak membatasi sikap kritis dewan yang tergambar sebagai harapan rakyat yang dikemukakan dalam forum perwakilan selama berlangsung paripurna dewan menjadi catatan dan rekomendasi implementatif APBD-P dalam 3 bulan terakhir ditengah situasi pandemi covid 19.

Patut diakui ada kemajuan  kinerja lembaga Legislatif Kabupaten Sarmi dalam menggelar paripurna membahas agenda pemerintahan daerah sesuai tupoksi Dewan.

Sidang APBD-P 2020 yang berakhir pada Rabu, 30 September 2020 itu dihadiri Bupati Sarmi Drs. Eduard Fonataba, MM, Ketua DPRD, Jumriati dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Elias N. Bakai, SE dan Kepala Perangkat Daerah, Dandim 1712 Sarmi Letkol. Infanteri Risky Marlon Silalahi, Kapolres Sarmi diwakili Kabag Ops, Kompol. Muhammad Mukabsi M., S.Sos, dan undangan lainnya. Jalanya rapat paripurna selama 3 hari itu dipimpin Wakil Ketua I, Mustafa A. Muzakkar, SE. mengetok palu Dewan mengesahkan APBD-P 2020 sebagai berikut, :

A.PENDAPATAN DAERAH

  1. PAD.

Semula

Rp.12.351.733.000,00

Bertambah

Rp.  2.081.160.000,00

Menjadi

Rp.14.432.893.000,00

 

  1. Dana Perimbangan

Semula

Rp.946.021.414.000,00

Berkurang

Rp.106.657.174.000,00

Menjadi

Rp.839.304.240.000,00

 

3.Lain Lain PD yg sah

Semula

Rp.159.499.402.339,99

Bertambah

Rp.  33.921.025.000,00

Menjadi

Rp.193.420.427.339,99

Jumlah Pendapatan Daerah :

Rp.1.047.217.560.339,99

 

  1. BELANJA DAERAH

1.Belanja Tidak Langsung

Semula

Rp. 224.917.440.765,70

Berkurang

Rp.  14.083.507.657,90

Menjadi

Rp. 210.833.933.107,80

 

  1. Belanja Hibah

Semula

Rp.  37.577.450.000,00

Berkurang

Rp.       635.000.000,00

Menjadi

Rp. 36.942.450.000,00

 

  1. Belanja Bansos

Semula :

Rp.  9.147.900.000,00

Bertambah

Rp.  2.996.400.000,00

Menjadi

Rp.12.144.300.000,00

 

  1. Belanja Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten kota, dana Desa

Semula :

Rp. 154.176.710.934,00

Bertambah

Rp.  22.067.816.301,00

Menjadi

Rp.176.244.572.235, 00

  1. Belanja Tidak Terduga

Semula

Rp.   2.000.000.000,00

Bertambah

Rp. 61.438.210.722,00

Menjadi

Rp. 63.438.210.722,00

 

Jumlah Belanja Tidak Langsung

Rp.499.603.466.064,80

 

  1. Belanja Langsung
  2. Belanja Pegawai

Semula

Rp.  88.171.064.980,00

Bertambah .

Rp.  11.543.024.897,00

Menjadi

Rp.  99.714.089.877,00

 

  1. Belanja Barang & Jasa

Semula :

Rp. 293.645.500.154,29

Bertambah

Rp.   23.987.601.229,00

Menjadi

Rp. 317.633.101.383,29

  1. Belanja Modal

Semula

Rp. 298.236.482.506,00

Berkurang

Rp.   29.191.051.381,62

Menjadi

Rp.269.045.431.124,38

Jumlah Belanja Langsung

Rp. 686.392.622.384,67

Jumlah Belanja Daerah

Rp.1.185.999.088.449,47

Surplus / devisit

Rp. 138.778.582.109,48

  1. PEMBIAYAAN DAERAH
  2. Penerimaan Pembiayaan Daerah

Semula

Rp. 0,00

Bertambah

Rp.  143.778.528.109,48

Menjadi

Rp. 143.778.528 109, 48

  1. Pengeluaran Pembiayaan Daerah

Semula

Rp.   10.000.000.000,00

Berkurang

Rp.     5.000.000.000,00

Menjadi

Rp.     5.000.000.000,00

Jumlah Pembiayaan Netto

Rp. 138.000.778.528.109,48

Sisa Lebih Anggaran tahun berkenan

Rp. 0,00

Ketua DPRD Sarmi Jumriati, dalam sambutannya mengingatkan bahwa agenda ini patut disyukuri, berjalan karena rahmat Tuhan Yang Maha Esa,  juga menegaskan telah sesuai dengan arahan PP  12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Berharap jajaran eksekutif dapat menerapkannya dengan penuh rasa tanggung jawab dalam koridor ketentuan per undang – undangan yang berlaku untuk kemajuan daerah  dan kesejahteraan masyarakat Sarmi, ujar Jumriati mengakhiri pidato politiknya.

Bupati Sarmi, mengapresiasi pimpinan legislatif dan jajaran DPRD Sarmi yang penuh dedikasi kepada rakyat telah memberikan masukan saran, pendapat dan harapan, serta sikap kritis Dewan yang memicu pihak eksekutif dalam mendaratkan semua kebijakan daerah sejalan dengan tahapan pembangunan dan berkelanjutan untuk mewujudkan visi dan misi daerah, Bupati juga mengajak semua pemangku kepentingan dan masyarakat selalu menaikkan doa dan ucapan syukur, semua capaian eksekutif dan legislatif adalah karena Tuhan, ungkap Fonataba mengakhiri sambutannya ini

lagu Padamu Negri mengiringi penutupan sidang dinyanyikan seluruh hadirin,  selanjutnya bersama sama menaikkan doa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(Benny.w)

DPRD Dorong OPD Maksimalkan Kegiatan di pengunjung Tahun ini

0

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sarmi berharap setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sedapat mungkin menyelesaikan berbagai kegiatan yang telah diprogramkan, namun belum rampung dalam jangka waktu tiga bulan kedepan. Bukan hanya itu, lembaga penyambung lidah masyarakat itu merekomendasikan sejumlah aspirasi masyarakat yang sudah dikantongi dari hasil reses beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui tanggapan komisi – komisi, terhadap Nota Pengantar Perubahan APBD Pemerintah Kabupaten Sarmi, pada Rapat Paripurna dalam Rangka Pembahasan dan Penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)Tahun 2020, diruang sidang utama DPRD, Selasa (29/9)

Menurut Ketua Komisi A, Haji Fachrudin, bahwa ada sebagian masyarakat berprofesi petani saat ini membutuhkan bantuan benih sayur mayur, serta obat-obatan pengolahan lokasi pertanian. Mereka menyiapkan lahan bercocok tanam, sementara bibit tidak tersedia.

“Masyarakat petani dibeberapa kampung, sangat membutuhkan benih sayuran untuk dibudidayakan. Namun diakui tak miliki modal, lantaran berharap bantuan pemerintah. Oleh sebab itu dapat menjadi perhatian lembaga terkait”

Ada pula indikasi beberapa pemerintahan distrik tidak berjalan atau vakum pelayanan kepada masyarakat” kata Fachrudin

Pandangan soal upaya pengembangan destinasi pariwisata, diutarakan Ketua Komisi A, Edi Tananar. Kata dia, pihak eksekutif melalui instansi teknis mesti mempromosikan keindahan serta pesona alam sarmi ke dunia luar, sembari membenahi infrastruktur dan fasilitas pendukung lain.

“Spot-spot wisata sarmi, tidak kalah dari daerah lain, cuman kurang sentuhan. Coba destinasi ini dijual ke dunia luar, pasti peminat akan datang ingin menikmati keindahan daerah ini” sebut tananar.

Disisi lain, Ketua Komisi C, Cholislatin, mengusulkan proses rehabilitasi beberapa rumah ibadah serta rumah guru dan ruang belajar. Dirinya mengaku prihatin melihat dan mendengar aspirasi masyarakat, seraya berharap tindakan pemerintah daerah dalam menjawab permohonan rakyat.

Menjawab semua tanggapan tersebut, Bupati Drs E. Fonataba.MM, mengaku jika beberapa kegiatan harus ditalak berhubung pandemi covid-19. Meski demikian, selaku pengambil kebijakan tertinggi, dirinya berjanji akan memenuhi kebutuhan bersifat mendesak di kalangan masyarakat.

“Kita tahu bersama, bahwa perubahan APBD yang dibagi ke tiap OPD sangat kecil. Dengan demikian pasti diarahkan pada kegiatan prioritas, sambil disesuaikan dengan masukan dewan terhormat”

Tentunya dilakukan observasi lapangan untuk menentukan sektor mana saja yang bisa dibiayai dalam jangka waktu tiga bulan kedepan, disesuaikan pagu anggaran. Sisanya dapat diajukan pada tahun anggaran berikutnya” sahut Fonataba

Khusus pemerintahan tingkat distrik yang nota bene vakum tanpa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sambung bupati, akan diberikan sanksi berat jika benar mangkir dari tempat tugas. (PIUS)