ALPIUS SYAMOR, DORONG PELATIHAN KADER KAMPUNG DI SARMI

0
67

Kepala Distrik Sarmi Selatan, Alpius Syamor, S.IP, dalam keterangannya pada Proses Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Senin (8/4), mengatakan bahwa program Pemerintah Daerah baik dalam bidang Sosial Ekonomi dan Budaya telah diturunkan ke setiap kampung namun pengelolaannya tidak maksimal hal itu terjadi karena, tingkat pengetahuan masyarakat masih rendah.

Oleh karena itu, kami meminta kepada  Balai Latihan Masyarakat (BLM) Jayapura agar  memfasilitasi sekaligus membuat pelatihan kader Kampung Distrik Sarmi Selatan.

“pada prinsipnya mereka mempunyai kemampuan, namun tidak terarah, oleh karena itu melalui kegiatan ini, nantinya mereka dapat lebih diarahkan dalam segala aspek” , harap Syamor.

Lebih lanjut dikatakan, semua kegiatan ini menjadi tanggung jawab dari BLM tentunya tetap berkoordinasi dengan dinas teknis” ujar Syamor.

Sriningsih selaku panitia pelaksana. menjelaskan bahwa, pihak BLM Jayapura hanya bertindak sebagai fasilitator, sedangkan Narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Sarmi.

“Sedangkan pelatih dan pemandu kita undang dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sarmi berjumlah dua orang yaitu, Bapak, Yosep Mosa,SH, Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan  Astrid Mesed,SE, Tim Ahli Pembangunan Ekonomi Desa, serta 40 peserta dari 6 kampung di Distrik Sarmi Selatan” jelas Sriningsih.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Sarmi, Eduard Dimonmau,ST, dalam arahannya saat pembukaan pelatihan yang berlangsung pada aula BKPSDM Sarmi, Senin 8/4, menghimbau agar peserta dapat mengikuti proses pelatihan selama tiga hari dengan baik.

“Pelatihan ini sangat penting, sehingga diharapkan para peserta dapat mengikuti dengan sabar, sehingga memahami setiap materi. Semua bahan yang diajarkan kemudian harus diterapkan ketika kembali kekampung demi perkembangan dan kemajuan masyarakat” sebut Eduard.

Dominggus Syamor, salah satu peserta dari kampung  Kasukwe saat ditanya tim Mc disela – sela pelatihan, merasa sangat bersyukur seraya berjanji setelah mendapat pembekalan akan merealisasikanya dikampung.

Hal senada dikemukakan ibu Klasina Taiwor perwakilan Kampung Wapomania. Dirinya mengapresiasi upaya pelatihan demi menjawab kebutuhan mendasar pemberdayaan masyarakat kampung.

“Saya atas nama masyarakat kampung mengucapkan terimakasih kepada pimpinan BLM Jayapura, Kepala BPMK, serta Bapak Kepala Distrik Sarmi Selatan, atas kebijakannya sehingga kami dapat mengikuti pelatihan ini. Semoga budi baiknya dibalas oleh Tuhan” ucap Klasina. (Pius/yefi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here