Akibat Pindah Parpol, 4 Anggota DPRD Kab. Sarmi di Ganti

0
450

4 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sarmi dinonaktifkan sebagai bagian satuan legislatif karena memilih partai lain untuk maju kembali pada pesta demokrasi pemilihan umum tahun ini.

Ke empat anggota dewan terhormat itu antara lain Korinus Weresman dan Fredik Sabarofek,S,Sos yang sebelumnya bernaung pada Partai Demokrat, sedangkan Nurdin dan Muhamad zabir bernaung dibawah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun pada perhelatan kontestasi politik tahun ini mereka mencalonkan diri mengunakan bendera parpol lain, hal ini membuat manajemen parpol  Demokrat dan PPP mengajukan surat permohonan peresmian pemberhentian serta pengangkatan pengganti antar waktu kepada gubernur papua.

Prosesi peresmian pemberhentian dan pelantikan penganti antar waktu berlangsung pada ruang sidang utama DPRD Sami, Jumat (3/5).

Gaspar Nauwenik diangkat mengantikan Korinus Weresman, Daniel Wanewar menduduki kursi Fredik Sabarofek,S.Sos, Idham mengantikan Muhammad Sabir serta Nurlinah’ S menempati kursi Nurddin.

“Inilah dinamika  politik yang sementara terjadi, setiap partai menggunakan kewenangannya untuk menggantikan seseorang yang pernah diusung jika tidak lagi menuruti komitmen partai” ujar Rubyanto S Pampang,ST. Wakil Ketua I DPRD Sarmi.

Dikesempatan yang sama, Bupati Sarmi Drs E. Fonataba,MM pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa pengganti antar waktu merupakan proses politik guna mengisi kekosongan anggota dewan yang ada. Sehingga dapat meneruskan program kerja dipenghujung tahun ini.

“Lembaga legislatif memiliki fungsi Legislasi, Penganggaran dan Pengawasan secara bersama – sama dengan pemerintah daerah membangun sarmi menuju kemandirian serta bermartabat” ucap Fonataba.

Sementara itu, Fedrik Sabarofek mengaku menerima dengan iklas dan siap kembali kemasyarakat. Sebaliknya Gaspar Nauwenik saat ditanya menyatakan siap mengemban tugas dan amanat selaku anggota dewan secara bertanggung jawab.

Turut hadir dalam acara peresmian pemberhentian dan pelantikan pengganti antar waktu tersebut, Dandim 1712 Sarmi, Letkol.Inf Lambert Jerry Mailoa,SE, Wakapolres Sarmi, Kompol Rahman,S,Sos.MSi serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah sarmi. (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here