642 KK di Sarmi Mendapatkan BNPT Melalui Bank BRI

0
238

Dalam kurung waktu bulan juni ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sarmi dipastikan akan menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial, melalui Dinas Sosial Kabupaten Sarmi, yang dimulai pada tanggal 13 hingga 30 juni mendatang.

Kepala BRI KCP Sarmi, Marulak Pangabean, disela – sela pembagian Bantuan Pangan Non Tuanai, di pelataran kantornya, Sabtu (13/6), menyebutkan, bahwa pihaknya dipercayakan sebagai penyalur bantuan berdasarkan nota kesepahaman antara pemerintah dengan manajemen BRI. Sebab itu lembaga perbankan ini diberi wewenang untuk mendistribusikan Bantuan Pangan Non Tunai baik pusat sampai ke daerah.

“Kita di sarmi diberikan batas waktu pelayanan BPNT sampai tanggal 30 juni dengan sasaran penerima manfaat sebanyak 642 kepala keluarga. Teknis penyalurannya dilakukan berdasarkan data serta rekomendasi dinas teknis. Bantuan diberikan dalam bentuk rekening dan ATM, sehingga masyarakat mudah menarik uang melalui link – link BRI yang telah ditunjuk di setiap kampung atau langsung datang ke kantor”

Dalam kurung waktu ini kami terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik yang datang sendiri ke kantor, bahkan turun lapangan di setiap distrik sesuai data yang ada” jelas Marulak Pangabean.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaminan Sosial dan Kemiskinan, Yohana Maya, mengutarakan syarat – syarat yang harus tunjukan oleh para penerima manfaat, berupa, kartu tanda penduduk, kartu keluarga serta surat keterangan dari pemerintah kampung atau distrik.

“Kalau tidak punya KTP, bisa bawa Kartu keluarga, namun jika tidak punya dua- duanya perlu minta surat keterangan dari pemerintah setempat.

Bahkan bila mana penerima terdaftar, lantas sudah meninggal dunia maka, perwakilannya harus meminta surat ahli waris ke pemerintah distrik baru dapat dilayani” ungkap Yohana.

Menjawab pertanyaan masyarakat yang ternyata telah menerima Batuan Langsung Tunai ( BLT), Yohana menegaskan, bahwa, dinas sosial sudah memverifikasi selanjutnya membagi seluruh data berdasarkan tiga paket bantuan yaitu, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dengan demikian setiap orang yang sudah mengambil bagian dari salah satu paket bantuan tersebut, tidak diperkenankan untuk yang lain.

Ketiga paket bantuan kementerian sosial tersebut lanjutnya, ditujukan kepada seluruh masyarakat sarmi, kecuali Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/ POLRI dan Para pengusaha, karena dianggap mampu dalam bidang ekonomi. Dirinya mengharapkan dukungan serta kerjasama berbagai pihak dalam proses pendistribusian bantuan, agar dapat berjalan dengan baik. SDR/PIUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here