50 Perusahaan di Sarmi Mengikuti Pelatihan Bernuansa Kerja

0
229

Sebanyank 50 perusahaan di Kabupaten Sarmi, kamis, (21/11) mengikuti pelatihan bernuansa peningkatan produktifitas kerja dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Pelatihan dan Kerja Disnaker Provinsi Papua, Jack Karubaba, mengatakan, bahwa penyelenggaraan pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap pimpinan perusahan menyangkut beberapa tahapan sebelum melakukan pekerjaan.

“Ada sejumlah hal yang mesti dipahami diantaranya, bagaimana memperoleh dokumen – dokumen perusahaan, pengarsipan serta menempatkan pekerjaan pada porsinya” ujar Jack.

Menurutnya, tidak sedikit perusahaan di Papua, hingga saat ini belum melengkapi berkas – berkas sesuai aturan, namun terus melakukan kontrak kerja dengan pemerintah daerah setempat demi mendapatkan proyek.

“Dalam manajemen arsip modern, teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dimana teknologi informasi membuat penyimpanan dan pengambilan arsip lebih cepat dan lebih murah”.

Beberapa keuntungan dalam manajemen arsip modern, tidak menghamburkan jumlah kertas yang ada. Sistem komputasi menjadikan arsip bisa disimpan dalam satu tempat dan bisa dilihat kapan saja. Jika masih menggunakan cara lama, penyusunan arsip tersebut harus menggunakan cara manual, jelasnya.

Dengan demikian lanjutnya, pihaknya sementara ini tengah mengadakan pelatihan, diharapakan kedepan seluruh perusahaan di kabupaten/kota Provinsi Papua beraktivitas berdasarkan prosedur, dimana pihak kontraktor ini dapat mengarsipkan dokumen menjadi lebih modern lagi sesuai dengan perkembangan jaman sekarang ini.

Jhon Bisim salah seorang kontraktor saat dikonfirmasi menyebut, dirinya telah melengkapi sebagian berkas perusahaannya namun, masih bersifat manual bahkan belum masuk ranah online di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

“Rata – rata pengusaha lokal menghadapi masalah yang sama. Tetapi demi masa depan usaha kami, saya yakin dapat dipenuhi dalam waktu dekat” tandas jhon. PIUS/SDR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here