4 UNIT RUMAH MASYARAKAT DI PULAU LIKI DIJADIKAN HOME STAY

0
232

Liki dan Armo adalah dua pulau di Kabupaten sarmi yang memiliki pesona alam luar biasa. Dari daratan sarmi memandang kelaut lepas, nampak bayangan gunungnya bergerak seirama gelombang laut.

Semakin mendekat, tampak pula keindahan laut dan pantainya. Nyiur melambai beralaskan pasir putih seakan menyapa setiap pengunjung yang datang.

Kedua pulau itu tertata berbentuk leter V dengan mengapit pulau kosong ditengah. Laut biru begitu pula langitnya. Diwaktu tertentu muncul sekumpulan lumba – lumba memainkan beberapa antraksi pada permukaan laut.

Dari atas sampan ketika musim timur, laut jernih sebening kaca, dapat melihat deretan terumbu karang tertata rapih mengelilingi bawah laut, yang pastinya memanjakan bila menyelam. Seisi laut dipenuhi berbagai spesies ikan baik besar maupun kecil.

Rombongan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman beserta  Tim Media Center (MC) Dinas Komunikasi dan Informatika (INFOKOM) sarmi, saat mengunjungi pulau liki selama dua hari, (jumat – sabtu 14,15/6), disambut dan sapa masyarakat begitu baik.

Saat ditanya menyangkut bagaimana upaya pengelolaan potensi alam tersebut, diakui hingga sekarang belum tersentuh.

“Disini terdapat beberapa destinasi wisata, baik permukaan sampai bawah laut. Seperti lumba – lumba, batu tulis, lekukan serta tanjung pantai dan air terjun” ungkap Pelipus teno.

Hal sama dikemukakan Anderson Esris. Ia berkata, bahwa selain berbagai jenis ikan yang berlimpah, ada pula teluk cukup luas yang dapat dikembangkan sebagai lokasi membudidayakan ikan dalam keramba.

Kenyataan itu mendorong Kepala Dinas Perumahan Rakyat Sarmi, Drs Flavius Yaas, melakukan terobosan dengan menyisihkan 4 unit rumah masyarakat yang baru diresmikan bulan ini untuk dijadikan home stay.

“Empat rumah akan dilengkapi sebagai tempat penginapan. Saya juga akan menyiapkan sarana transportasi laut, kemudian kita promosikan potensi alam kedua pulau ini kepada publik” sebut Flavius. (PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here