20 Anggota DPRD Kabupaten Sarmi  2019 – 2024 di Lantik

0
304

Polemik yang berkembang dikalangan masyarakat beberapa bulan terakhir menyangkut kapan diresmikannya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sarmi, kini terjawab sudah.

20 calon anggota dewan  terpilih pada pemilu legislatif tahun 2019 lalu, akhirnya dilantik langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kelas I Jayapura, Kamin Tohari,SH.MH, dengan memandu pengucapan sumpah dan janji anggota dewan terhormat diruang persidangan kantor DPRD, Jumat, (14/2)

Prosesi pengukuhan wakil rakyat tersebut dihadiri, Bupati Sarmi Drs E. Fonataba.,MM, Dandim 1712, Letkol.Inf. Lambert Jerry Mailoa,SE, Kapolres Lanudjun,S,Sos.MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta Masyarakat.

Bupati Fonataba dalam sambutannya menjelaskan, berkas pengusulan peresmian anggota DPRD periode tahun 2019 – 2024 telah diajukan melalui pemerintah provinsi pada bulan desember akhir tahun lalu. Berdasarkan mekanisme yang berlaku kemudian Gubernur papua mengeluarkan surat persetujuan peresmian.

“Menindaklanjuti rekomendasi persetujuan Gubenur, hari ini dilaksanakan peresmian yang tentunya dinantikan masyarakat selama ini”, kata Fonataba.

Lebih lanjut, Pengucapan sumpah dan janji merupakan awal dari komitmen melayani masyarakat, sehingga diharapkan kedepan terjalin sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam fungsi legislasi, pengawasan serta penganggaran. Kedua lembaga ini merupakan mitra, sama – sama bekerja melayani masyarakat menuju sarmi mandiri dan bermartabat, harapnya.

Sementara itu, mantan Wakil Ketua  I DPRD, Robiyanto .S. Pampang, ST dalam kesan akhirnya menyebutkan, bahwa kinerja anggota dewan selama mengabdi telah menghasilkan beberapa terobosan bersama pemerintah, namun masih banyak pula kekurangan yang mesti lanjutkan periode kedepan.

“Prinsipnya kami bersama pemerintah daerah telah menghasilkan beberapa produk hukum, baik menyetujui serta menetapkan Perda usulan eksekutif maupun produk hukum buatan DPRD itu sendiri” ucap Roby.

Selain itu juga menentukan kebijakan – kebijakan bagi perkembangan pembangunan daerah. Meski demikian ada sejumlah pekerjaan rumah yang tidak sempat diselesaikan, salah satunya prioritas pembangunan pada wilayah barat sarmi” lanjutnya.

Pekerjaan rumah tersebut dititipkan untuk dilanjutkan oleh para anggota dewan terhormat yang baru diresmikan, harapnya.  (SDR/PIUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here